Brilio.net - Minggu(4/8) lalu menjadi hari yang tidak menyenangkan bagi warga wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Aliran listrik di sebagian besar wilayah tersebut mati tanpa ada pemberitahuan dari PLN. Mati listrik dimulai pada pukul 11.40 WIB dan berlangsung hingga berjam-jam, bahkan ada yang sampai 24 jam.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan ada unsur kesengajaan pada pemadaman listrik yang merugikan banyak orang. Kepolisian berkaca pada kasus yang sama pada 2012 silam.

Namun, dugaan tersebut tampaknya terpatahkan setelah kepolisian turun ke lapangan. Hasil investigasi mengungkapkan bahwa padamnya listrik diduga dipicu oleh pohon sengon yang ada di sekitar jaringan. Pohon sengon tersebut memiliki ketinggian melebihi batas ruang bebas atau right of way (ROW) dengan jaringan listrik, yakni 8,5 meter.

"Kerusakan diduga sementara adanya pohon yang ketinggiannya melebihi batas ROW sehingga mengakibatkan flash atau lompatan listrik," ucap Dedi.

Pernyataan tersebut kemudian ramai menjadi perbincangan warganet, di mana mereka memberikan kometar beragam mengenai hal ini. Nah tahu kah kamu, pohon yang sedang ramai diperbincangan ini ternyata memiliki manfaat untuk keseharian manusia.

Loading...

Apa sih manfaatnya? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (6/8).

1. Daun pohon sengon.

Daun sengon ternyata memiliki manfaat yang cukup baik untuk pakan ternak. Seperti keluarga Mimosaceae lainnya, daun sengon memiliki kandugan protein tinggi untuk jenis ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing.

2. Akar pohon sengon.

Sistem akar-akar pohon sengon mengandung banyak simbiosis dengan bakteri Rhizobium. Hal inilah yang menguntungkan bagi akar dan sekitarnya. Keberadaan nodul akar dapat membantu porositas dan penyediaan nitrogen dalam tanah. Jadi dengan adanya pohon sengon mungkin membuat tanah jadi lebih subur.

3. Kayu Sengon.

Seperti yang diketahui, pohon sengon menjadi salah satu aset berharga. Pasalnya batang kayu sengon memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tak heran jika saat ini banyak orang yang menanam sengon untuk berbagai keperluan industri pabrik pengolahan kayu dalam bentuk kayu olahan papan.