Brilio.net - Taksi sebagai moda transportasi di perkotaan sudah menjadi pilihan. Banyak cara dilakukan perusahaan taksi untuk menarik minat penumpang. Salah satunya dengan layanan yang ramah. Tapi lain lagi dengan taksi di Kota Mumbai, India. Seluruh taksi di kota ini bagian interiornya didesain sangat menarik. Penuh corak dan berwarna-warni. Mirip mural deh.

Tapi, jangan dikira ini hanya sekadar pekerjaan iseng ya. Penampilan desain taksi ini sejatinya adalah sebuah proyek besar untuk menjadikan taksi di sana sebagai ikonik kota. Maklum, taksi di India, terutama di Mumbai, tidak hanya sebagai moda transportasi yang paling nyaman tetapi juga telah menjadi bagian ikon budaya.

Tak heran jika proyek yang dinamakan Taxi Fabric ini sudah digarap sejak lama. Proyek ini sebenarnya sebuah upaya untuk menciptakan ruang bagi para desainer lokal memamerkan ide-ide dan bakat mereka. Taxi Fabric, adalah proyek untuk membuat kursi dan interior taksi sebagai kanvas bagi para seniman dan desainer lokal. Proyek ini dimulai sejak April 2015 lalu.

Penampilan taksi ini sekaligus untuk menghilangkan potret taksi di Mumbai yang menjemukan dengan corak hitam-kuning, menjadi taksi yang bernuansa seni. Penampilan taksi ini pun menjadi pembicaraan, bukan hanya di tingkat lokal tapi juga internasional. Maklum, aneka penampakan taksi seni ini sudah diunggah ke sejumlah media sosial.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

“Meskipun banyak perhatian diberikan kepada setiap taksi bersama pengemudinya, tapi sangat sedikit pemikiran yang bisa diberikan pada kain penutup jok. Desain jok taksi sering dilupakan. Padahal itu bisa menjadi media bagi desainer di Mumbai untuk menuangkan ide-ide mereka,” ungkap salah satu pendiri proyek Taxi Fabric Sanket Avlani dalam situs situs resmi Taxi Fabric.

Awalnya Avlani mengambil foto kursi taksi yang didesain untuk blog-nya. Ternyata hasil jepretan yang diunggah itu justru berkembang menjadi proyek platform untuk desainer pemula.  Pada Juli 2015, tim Taxi Fabric mampu meningkatkan pendapatan USD 16.000 dari kampanye Kickstarter dan mulai menghubungkan desainer dengan sopir taksi. Sekitar 26 taksi kemudian dirancang desainnya yang menceritakan kisah tentang Mumbai mulai dari kenangan pribadi pengemudi, ikon kota, hingga potret kehidupan malam yang semarak. Tema-tema dalam desain itu merupakan hasil dialog antara desainer dan sopir.

Proyek Taxi Fabric rencananya juga akan coba diterapkan pada moda transportasi lain seperti bajaj, bus, kereta api dan kereta bawah tanah di masa depan. Para pendiri proyek ini juga berpikir untuk memperluas hingga ke kota-kota lain di India. Malah Delhi atau Bengaluru disebut-sebut bakal menjadi kota yang akan dilanda desain unik ini. Kereen.

NAH, SUPAYA KAMU SEMAKIN JELAS, BERIKUT 16 DESAIN TAKSI YANG BIKIN KAMU MAKIN SEMANGAT MEMESAN JASANYA:

(brl/swh)