Brilio.net - Tepat pada hari ini, Selasa (17/8), masyarakat Indonesia merayakan HUT RI ke-76. Beda dengan yang lain, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo justru memilih untuk ikut upacara di halaman Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Pelaksanaan upacaranya juga dihadiri tenaga kesehatan serta masyarakat yang tengah isolasi mandiri serta melakukan perawatan di RS Covid-19. Sementara Ganjar sendiri bertugas sebagai inspektur upacara.

Para penyintas Covid-19 yang sedang isolasi di Donohudan mengaku senang bisa tetap merayakan kemerdekaan meski sedang isolasi. Apalagi, mereka bisa upacara dengan inspektur upacara yang dipimpin langsung oleh Ganjar Pranowo.

"Hari ini saya sengaja ke sini, ingin upacara bersama mereka para penyintas. Saya kira dalam perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini, nuansa kesedihan itu masih menggayut di kita semuanya. Makanya saya ingin semua bersemangat, dan tadi kelihatan kawan-kawan para penyintas bersemangat," ucap Ganjar Pranowo seperti dikutip brilio.net dari akun Instagram @provjateng pada Selasa (17/8).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Provjateng #JatengGayeng (@provjateng)

Tampak dalam foto-foto yang dibagikan di media sosial, seluruh petugas upacara menerapkan protokol kesehatan ketat. Mereka mengunakan APD/hazmat lengkap, baik petugas pengibar bendera merah putih, pembaca teks UUD 1945, pembaca doa dan lainnya.

Ganjar sendiri tampil dengan APD warna putih, memakai masker dobel warna merah putih, serta memakai kacamata. Ia juga tampak memakai sepatu boot warna kuning.

Karena baru merasakan mengenakan APD untuk pertama kalinya, Ganjar mengaku kepanasan dan mengaku salut dengan para nakes yang harus mengenakan APD selama berjam-jam.

Sementara itu, para pasien tetap menjaga jarak dan tampil dengan busana sehari-hari.

foto: Instagram/@provjateng

Postingan ini juga dibanjiri oleh komentar positif dari para warganet. Mereka memuji aksi sang gubernur serta antusias kepada para nakes dan pasien.

"Mantab & benar2 luar biasa,bentuk kepedulian & responsif thdp situasi yg sdg kita hadapi," komentar akun @suhud_gazhali.

"Salut pak, Merdeka!" kata akun winbjo7.

"panas pak, agemane," imbuh akun @srimulasih.

(brl/gib)

(brl/gib)