Brilio.net - Virus corona Covid-19 masih belum enyah. Berbagai upaya terus dilakukan agar penyebaran virus ini bisa dicegah. Masing-masing pihak melakukan upayanya. Pemerintah mengeluarkan imbauan hingga aturan, para peneliti mencari vaksinnya, masyarakat berupaya menerapkan isolasi mandiri hingga menerapkan pola hidup bersih. Sementara para mahasiswa, ada yang memutar otak ikut berkontribusi mencegah penyebaran virus ini semakin meluas.

Kontribusi mahasiswa ini terlihat dari penemuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. Mereka menciptakan alat inovasi yang disebut BOX Covid-19 untuk menghalau penyebaran virus corona.

Box Covid-19 ini merupakan alat sterilisasi uang otomatis dengan sinar Ultra Violet. Fungsinya membersihkan uang dari kuman, virus, dan bakteri saat transaksi jual-beli, sebagaimana dilansir Brilio.net dari akun Instagram @umsurabaya, Sabtu (2/5).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Produk Inovasi BOX COVID-19; Alat Sterilisasi Uang Otomatis dengan Sinar Ultra Violet Mahasiswa UMSurabaya menciptakan alat inovasi yang disebut BOX COVID-19 untuk menghalau penyebaran virus Corona. Box COVID-19 ini merupakan alat sterilisasi uang otomatis dengan sinar Ultra Violet. Alat ini berfungi untuk membersihkan uang dari kuman; virus dan bakteri saat transaksi jual beli Hadirnya Box Covid-19 ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam mengurangi kasus COVID-19, dan mencegah penyebaran virus di masyarakat Iman Ramdhan, mahasiswa Jurusan S1 Elektro yang juga pencipta produk inovasi Box COVID-19 ini menyebutkan bahwa alat ini dilengkapi 2 pintu serta sensor Ultrasonik yang bisa membantu membuka pintu secara otomatis. Sehingga masyarakat tidak perlu menyentuh pintu atau alat ini saat melakukan transaksi Produk ini akan dibagikan kepada pemilik warung nasi dan toko klontong agar digunakan dalam transaksi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian UMSurabaya kepada mereka yang masih harus berjualan, sekaligus mengurangi penyebaran virus Corona di masyarakat. #umsurabaya #kampussejutainovasi #kampussurabaya #kampusjatim #kampusindonesia #kampusmuhammadiyah

A post shared by umsurabaya (@umsurabaya) on

Hadirnya Box Covid-19 diharapkan dapat memberi kontribusi dalam mengurangi kasus Covid-19, dan mencegah penyebaran virus di masyarakat

Loading...

Iman Ramdhan, mahasiswa Jurusan S1 Elektro yang juga pencipta produk inovasi Box Covid-19 menerangkan bahwa alat ini dilengkapi 2 pintu serta sensor Ultrasonik yang bisa membantu membuka pintu secara otomatis. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu menyentuh pintu atau alat ini saat melakukan transaksi.

Rencananya, produk ini akan dibagikan kepada pemilik warung nasi dan toko klontong agar digunakan dalam transaksi.

Kontribusi ini menjadi bentuk kepedulian UMSurabaya kepada mereka yang masih harus berjualan, sekaligus mengurangi penyebaran virus Corona di masyarakat.