Brilio.net - Baru-baru ini, media sosial dibuat haru dengan seorang kakek di Makassar yang rela mengayuh sepeda sejauh 15 km demi mendapatkan vaksinasi Covid-19. Kakek Safaruddin namanya.

Aksinya bahkan sempat viral di media sosial Tiktok hingga Instagram. Dalam unggahan video yang viral itu, terlihat ia datang untuk mengikuti vaksinasi namun berada dalam antrean terpisah. Tak lama datang petugas vaksinasi untuk membantunya agar dapat mengikuti vaksinasi.

Sembari memeriksa kesehatan sesuai dengan tata cara vaksinasi, kakek Safaruddin bercerita jika dirinya sudah datang sejak pagi. Bahkan dirinya harus mengayuh sepeda sejauh 15 km untuk sampai di lokasi.

kakek naik sepeda vaksin dapat motor © TikTok

foto: TikTok/@dr.helmiyadi_spot

 

"Beliau bercerita sudah datang sedari pagi dengan mengayuh sepeda sejauh 15 kilometer. Sehingga kedua kakinya terasa pegal dan kelelahan," tulis keterangan video.

Tak sampai di situ saja, sang kakek sebelumnya memang memiliki niat untuk ikut dalam vaksin sejak lama. Namun, hal tersebut tidak dapat dilaksanakan karena selalu ditakuti oleh orang-orang sekitar.

Meski begitu, sang kakek juga meyakini jika pandemi Covid-19 bisa segera berakhir jika mau ikut melakukan vaksinasi Covid-19.

Perjuangan kakek Safaruddin pun akhirnya menyita perhatian banyak kalangan. Termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan artis Deddy Corbuzier.

kakek naik sepeda vaksin dapat motor © Instagram

foto: Instagram/@andisudirman.sulaiman

 

Rupanya, ada alasan tersendiri kenapa kakek Safaruddin mengayuh sepeda sampai 15 km demi vaksin. Ternyata, ia sudah lama tidak memiliki motor karena sejak pandemi Covid-19 ia tak lagi memiliki pekerjaan, sehingga sepeda motor satu-satunya sudah ia jual dengan harga Rp 2 juta.

Sebagai bentuk apresiasi atas semangat dan keinginan kakek Safaruddin untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, PLT Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Andi Sudirman Sulaiman memberikan 1 unit sepeda motor kepada Safaruddin.

kakek naik sepeda vaksin dapat motor © Instagram

foto: Instagram/@andisudirman.sulaiman

 

"Memberi hadiah Sepeda Motor kepada Bapak Safaruddin sebagai permintaan Beliau saat Vicon bersama Deddy Corbuzier dan Bapak Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Sepeda motor diberikan untuk memudahkan dalam keseharian bekerja yang sebelumnya menempuh cukup jauh untuk bekerja dan mendapatkan Vaksin. Sepeda motor juga akan memudahkan untuk ke tempat acara pada jadwal Vaksin kedua.

Apresiasi ini sebagai bagian dari dukungan Bapak Menkes kepada Bapak Safaruddin membantu sebagai motivator masyarakat untuk melakukan Vaksin," tulis @andisudirman.sulaiman seperti dikutip brilio.net pada Sabtu (31/7).

Warganet pun dibuat haru hingga membubuhkan sejumlah komentar.

"Alhamdulillah....terharuh liat si kakeknya...semoga sehat teruss yahh..Aamiin...," tulis @fiitriiukhtii89.

"Orang baik pasti dapat orang baik,,alhamdulillah," imbuh @syahrir_kasim88.

"Maasyaa Allah, rejeki yang tak disangka2," papar @sahabatlokermks.