Brilio.net - Es krim merupakan salah satu camilan yang digemari oleh masyarakat. Camilan dingin dan beraneka rasa ini disukai oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bila anak sudah dikenalkan oleh es krim, pasti sulit berhenti. Karena sensasi dingin dan beragam rasa yang disukai anak-anak membuat mereka merasa ketagihan. Namun orang tua sering merasa khawatir bila sang anak diberi es krim karena bisa menimbulkan pilek dan juga batuk.

Sebenarnya boleh kah memberi es krim kepada anak? Menurut dokter spesialis anak dr Attila Dewanti Sp.A(K) memberi es krim pada anak dibolehkan asal si anak tidak memiliki alergi susu atau dingin.

"Sebenarnya gula pada es krim tidak memicu batuk dan pilek, justru yang memicu itu alergi dari dingin dan juga susu itu," ujar dr Attila dalam acara 'Paddle Pop Pelopori Standar Cemilan Baik Lewat Logo Cemilan Baik Untukmu', Senin (25/1).

Ia juga menambahkan bahwa jika anak dalam keadaan sehat dan mereka ingin mengonsumsi es krim maka tidak akan menimbulkan efek batuk dan pilek.

Lantas sebenernya di usia berapa sih anak sudah bisa diberi es krim? dr Attila mengatakan anak sudah bisa diberi es krim ketika menginjak usia satu tahun. Namun ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan.

"Ada beberapa kriteria es krim baik yang bisa diberikan kepada anak sebagai cemilan. Misalnya, pilihlah es krim dengan kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak," jelasnya.

Menurutnya, es krim yang memiliki kandungan susu ataupun buah sangat baik untuk anak. Berdasarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam satu hari anak dan orang dewasa konsumsi gula tidak lebih dari 50 gram, lemak jenih tidak lebih dari 10 persen. Es krim untuk anak tidak lebih dari 20 persen kebutuhan energi harian.

“Susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan protein & kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang anak dan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, balita & anak usia sekolah setidaknya mengkonsumsi cemilan 2-3 porsi setiap hari,” terang Attila.

Kini, memilih es krim sehat pun dipermudah dengan logo Cemilan Baik Untukmu yang diperkenalkan oleh Unilever Indonesia pada produk es krim Paddle Pop. Es krim ini memiliki kalori tidak lebih dari 110kkal, 12 gram gula, dan 3 gram lemak jenuh.