Brilio.net - Ekologi Desk & Coffee menghadirkan ruang kerja dan ngopi santai dengan tema lingkungan. Coffee shop dan ruang kerja yang berlokasi di Jalan Pandean Sari Blok IV No. 10A Condongcatur, Yogyakrta ini akan menyamankan pengunjung dengan ruangan bernuansa tanaman.

Ekologi Desk & Coffee merupakan coffee shop pertama di Yogyakarta yang mengusung tema lingkungan. "Tren coffee shop di jogja belum ada yang pakai tanaman. Kebanyakan indoor minimalis," jelas Marketing Communication Ekologi Desk & Coffee, Skolastika Kirana ditemui brilio.net di Ekologi Desk & Coffee, Jumat (2/3).

Sosok yang akrab dipanggil Tika ini menjelaskan, konsep lingkungan ini membuat costumer merasa nyaman ketika mengerjakan sesuatu di coffee shop ini. "Ambience yang dibangun orang kerja tapi nggak spaneng," jelas Tika.

Perwujudan konsep lingkungan tersebut tercermin dari desain coffee shop ini. Beberapa furniture di tempat ini juga menggunakan bahan dari alam yang didominasi kayu. Dengan mengusung tema lingkungan, Ekologi Desk & Coffee menjadi ruang yang cukup nyaman untuk bekerja atau sekedar ngobrol.

Tempat ini dibagi menjadi dua lantai. Lantai pertama terdiri dari ruang indoor dan outdoor yag cocok untuk berbincang. Sedangkan lantai kedua berisi meeting room dan ruang kerja yang cocok untuk mengerjakan sesuatu.

Loading...

ekologi desk & coffee © dokumen pribadi Skolastika Kirana

Mengusung konsep tanaman dan lingkungan bukanlah hal mudah. Perlu usaha lebih untuk menjaga tempat ini tetap indah dan nyaman. "Untuk tanamannya, kita mendatangkan gardener untuk maintaining tiap bulan," jelas Tika.

Coffee shop yang berdiri sejak Mei 2017 ini juga rutin mengadakan kegitan workshop berbasis lingkungan lho. Semenjak berdiri, coffee shop ini sudah tiga kali mengadakan kegiatan workshop. Salah satu tema kegiatan workshop yakni pemanfaatan media plastik sebagai media tanam.

ekologi desk & coffee © dokumen pribadi Skolastika Kirana

Tika menjelaskan kegiatan workshop tersebut merupakan perwujudan CSR Ekologi Desk & Coffee. "Walaupun mengusung tema lingkungan, kami masih menggunakan cup plastik karena belum bisa memfasilitasi wadah mug dan gelas kaca," jelas Tika saat ditanya latar belakang program CSR.

Selain mengadakan kegiatan workshop, coffee shop ini juga ramah kepada komunitas di Yogyakarta."Ekologi mendukung komunitas di Jogja. Gratis charge tempat untuk mengadakan event," jelas Tika. Sudah banyak komunitas yang berkegiatan di tempat ini. Komunitas tersebut antara lain komunitas hijab, perkumpulan founder start up dan beberapa komunitas lainnya.

ekologi desk & coffee © dokumen pribadi Skolastika Kirana

Rindangnya Ekologi Desk & Coffe membuat coffee shop ini menjadi tempat menarik untuk berburu foto. Beberapa sesi pre-wedding dilakukan di tempat ini. "Bahkan ada anak-anak yang photoshoot buku tahunan di sini," jelas Tika.