Alat yang perlu dipersiapkan di antaranya botol bekas ukuran 1,5 liter, paku, paranet, dan lilin. Pastikan botol bekas yang dipakai masih terdapat tutupnya.

tips siram tanaman pakai infus © Instagram

foto: Instagram/@rumah4n

Langkah pertama yaitu buat lubang pada botol menggunakan paku yang sudah disiapkan. Jika dirasa susah, kamu bisa membakar paku menggunakan api kecil agar lebih mudah saat membuat lubang. Lubangi botol sebanyak 1 atau 2 lubang saja.

Selanjutnya, tanam botol di dalam tanah, beri jarak antar botol sekitar 1 meter. Uruk tanaman dan botol menggunakan tanah galian dan sisakan sampai ke leher botol. Intinya, jangan sampai bagian tutup botol tidak bisa terbuka karena tertutup tanah, ya.

tips siram tanaman pakai infus © Instagram

foto: Instagram/@rumah4n

Step berikutnya yakni menutup tanah menggunakan paranet. Kamu juga bisa menutup tanah dengan batu koral agar penampilannya terlihat cantik. Kalau sudah dirapikan, saatnya mengisi botol dengan air sampai penuh, dan jangan lupa tutup kembali.

Jika air di dalam botol cepat habis, kamu bisa menutup salah satu lubangnya menggunakan lilin yang sudah disiapkan. Tanaman yang diinfus menggunakan botol bekas bisa bertahan selama 3 sampai 4 hari. Tetap cek secara berkala untuk memastikan air dalam botol masih cukup.

tips siram tanaman pakai infus © Instagram

foto: Instagram/@rumah4n

Nah, itu dia sedikit tips membuat sistem penyiram tanaman otomatis menggunakan metode infus. Selain mudah dan hemat, tanaman juga tetap segar meski tidak disiram selama 3 sampai 4 hari.

Diakui oleh si pengunggah, menggunakan metode infus ini bisa membuat tanaman awet subur. Selama 1 bulan sekali tanaman dirapikan agar tidak terlalu rimbun. Bagaimana menurut kamu, tertarik mencoba?

tips siram tanaman pakai infus © Instagram

foto: Instagram/@rumah4n

"Wah nice tips nih mbak utk tanamanku di balko makasi tipsnyaa," komentar akun @maha.house.

"Waahh mbaa berguna bgtttt. Auto save! Makasiiii infonyaa," kata akun @rumahsmd.

"Wowwww good tips banget nih mbaa, thanks for sharing," timpal akun @the_ameera_home.

"Wah bagus bgt ide & tampilannya... ditutup paranet & tutup batu lagi rapiii cantiiik," ujar akun @nikenuniverse.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rumah4N•Masita (@rumah4n)