Brilio.net - Anggrek hitam yang merupakan jenis anggrek yang tumbuh di wilayah kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah sangat diminati warga di sejumlah negara. Tercatat dari berbagai jenis anggrek yang tumbuh endemik di wilayah Barito Selatan ini, hanya anggrek hitam yang paling banyak dipesan oleh warga Malaysia dan Singapura.

"Anggrek hitam ini selain diminati warga lokal juga diminati oleh orang-orang Malaysia dan Singapura," kata salah seorang penjual anggrek di desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Rosalina, di Buntok, Kamis (19/1).

Menurutnya kalau harga anggrek hitam ini dijual secara online dan dikirim seperti ke Malaysia dan Singapura harga per tangkainya dibanderol Rp 4 juta hingga Rp 8 juta.

"Akan tetapi, kalau pembeli langsung datang ke penangkaran anggrek hitam, maka harganya antara Rp 25 ribu hingga Rp 120 ribu per tangkainya," terang dia.

Lebih lanjut Rosalina menyatakan ada enam jenis anggrek yang tumbuh di wilayah Barsel ini yakni anggrek hitam, anggrek bulan, anggrek kalajengking, anggrek macan, anggrek tebu dan anggrek coklat.

Loading...

"Jenis anggrek yang tumbuh di Barsel ini banyak, akan tetapi yang saya ketahui ada enam jenis saja," tambah Rosalina dikutip Antara.

Ia menceritakan, dulu memelihara anggrek tersebut hanya sekedar hobi dan seiring dengan berjalannya waktu berubah menjadi profesi sebagai penjual anggrek.

"Adapun sistem penjualannya bisa secara langsung kerumahnya di desa Sanggu maupun secara online," pungkas.