Nah, baru-baru ini sebuah video viral memperlihatkan momen tersebut terjadi. Melalui akun @bagoesvlog, pemilik akun membagikan video momen seorang pembeli yang paket pesanannya baru saja diantarkan oleh seorang kurir.

aksi kurir selamatkan pembeli dari penipuan Berbagai sumber

foto: TikTok/@bagoesvlog

Diketahui pesanan sang pembeli adalah speaker seharga Rp 857.763. Namun, hal terpuji justru ditunjukkan oleh sang kurir. Sebelum diserahkan oleh sang kurir, dirinya bertanya terlebih dahulu terkait pesanan yang ada dalam aplikasi di HP si pembeli.

Setelah diperiksa, ternyata pesanan tidak sesuai dengan status pengiriman yang tertera. Dalam aplikasi, tertera status pemesanan masih belum terkirim, sementara pesanan si ibu pembeli ini sudah datang.

aksi kurir selamatkan pembeli dari penipuan Berbagai sumber

foto: TikTok/@bagoesvlog

Ternyata si kurir ini memahami bahwa penjual telah melakukan kecurangan dengan menukar nomor resi pengiriman. Jadi, jika si pembeli tetap menerima barang tersebut, maka pembeli akan mendapat barang yang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Hal itu pun yang diingatkan kurir kepada sang pembeli. Dalam momen di video, sang kurir turut memperingatkan bahwa modus penipuan semacam itu memang kerap terjadi.

"Kalau ibu terima ini, mau komplain nanti nggak bisa. Karena statusnya di HP belum dikirim. Jadi buat pelajaran ibu, pastikan kalau ada barang yang datang cek dulu status pengiriman di aplikasinya," ujar sang kurir memperingatkan.

aksi kurir selamatkan pembeli dari penipuan Berbagai sumber

foto: TikTok/@bagoesvlog

Sang kurir pun langsung berinisiatif untuk melakukan retur paket tersebut agar tidak jadi terkirim ke ibu pembeli. Sang kurir juga menduga paket yang dibawanya ini berisi barang yang tidak sesuai dengan pesanan perempuan tersebut.

Hal tersebut pun membuat lega si pembeli karena telah diselamatkan oleh sang kurir. Uangnya yang dipakai sebesar Rp 800 ribuan tidak jadi melayang sia-sia.

Video ini seketika viral di TikTok dan sudah ditonton sebanyak 4,8 juta kali. Warganet pun ikutan lega dan mengapresiasi aksi sang kurir yang sudah berbaik hati mengecek, dan mengingatkan sang pembeli yang terlihat polos ini.

aksi kurir selamatkan pembeli dari penipuan Berbagai sumber

foto: TikTok/@bagoesvlog

"Wah, mas kurirnya baik banget. Mau peduli sama customer. Sehat terus masnya. Diparingi (diberikan) rezeki yang banyak yaa," tulis pemilik akun @sribhanondaliastuti mengapresiasi si kurir.

"Keren pol masnya. Izin menyebarkan ulang video ini ya mas," kata pemilik akun @onicar41.

"Kurir pintar dan baik," kata akun @ayupp.moment.

"Mantap mas kurir. Amanah sekali. Semoga sehat selalu," kata akun @iwonk_29.

@bagoesvlog Penipuan Paket Harga 800rb,beli speaker tp seller merubah nomer resi dan mengirimkan barang yg berbeda, semoga video ini bermanfaat ya #bagoesvlog #kurirpaket #kurir #jnt #penipuanpaket Not You - Manacika Pro & DJ DENA