Brilio.net - Aksi mengharukan terjadi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada Senin (25/11) tim Animal Rescue dibantu Damkar Sleman melakukan evakuasi anak kucing yang terjepit di fly over Janti. Proses evakuasi tersebut berlangsung selama 3 jam.

Aksi heroik ini berawal dari keresahan seorang ibu bernama Retno Tri Iswanti. Retno sudah mengawasi kucing tersebut selama seminggu. Anak kucing tersebut tak bisa turun lantaran terjebak di lorong sempit jembatan fly over.

Melihat hal itu Retno berinisiatif untuk memberikan laporan ke tim Animal Rescue yang dibantu Damkar Sleman untuk melakukan upaya penyelamatan. Evakuasi pun dilakukan selama 3 jam. Aksi tersebut kemudian dibagikan Retno di akun Facebook ke Info Cegatan Jogja, Senin (25/11).

Aksi heroik 3 jam evakuasi kucing facebook

foto: Facebook.com/Retno Tri Iswandari dan Jarwo Kuat

Loading...

Diketahui dari unggahan Facebook Retno Tri Iswanti, anak kucing malang tersebut terjebak di lorong sempit fly over selama 5 hari.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Retno juga menyebutkan hal serupa. Ia mengatakan bahwa dirinya berusaha memberikan makan pada kucing tersebut dengan cara melemparkan makanan.

"Iya mas saya yang selama ini pantau kucingnya sudah semingguan di atas. Selama itu saya beri makan dari bawah, saya uncali (lempar)," konfirmasi Retno Tri saat dihubungi via pesan teks, yang dilansir dari liputan6.com.

Aksi menyelamatkan seekor anak kucing yang terjebak itu dibutuhkan persiapan khusus. Seperti menyiapkan tangga darurat, senter dan tongkat. Tak hanya tim Animal Rescue dan Damkar Sleman saja yang melakukan evakuasi, namun pihak kepolisian Sat Sabhara Polda DIY pun juga terlihat turun tangan untuk membantu.

Aksi heroik 3 jam evakuasi kucing facebook

foto: Facebook.com/Retno Tri Iswandari

Segala upaya dikerahkan untuk menyelamatkan kucing malang tersebut. Dilansir dari liputan6.com, salah seorang dari Animal Rescue, Jarwo Kuat menuturkan membutuhkan waktu yang tak sebentar untuk melakukan evakuasi. Yakni sekitar 3,5 jam.

Meski membutuhkan tenaga ekstra dan memakan waktu yang cukup lama, anak kucing berhasil diselamatkan. Kucing tak mengalami luka, anak kucing tersebut masih bisa bergerak dengan baik.

Aksi heroik 3 jam evakuasi kucing facebook

foto: Facebook.com/Jarwo Kuat

Banyak orang menyukai kucing, namun sayangnya masih sangat sedikit yang peduli terhadap kucing jalanan. Namun berbeda dengan Retno Tri Iswanti, ia merupakan sosok yang sangat peduli terhadap kucing, termasuk kucing jalanan.

Berkat kepeduliannya, seekor anak kucing berhasil diselamatkan. Kepedulian Retno terhadap kucing diakui temannya, Sari Legmy Tri. Retno kerap memberikan donasi ke kucing-kucing liar agar lebih terurus. Ia pun di rumah memiliki banyak kucing peliharaan.

"Ibu Retno pecinta kucing, punya banyak kucing di rumah. Beliau juga sering donasi untuk kucing-kucing terlantar," ujar Sari Legmy, yang dilansir dari liputan6.com.

Aksi heroik 3 jam evakuasi kucing facebook

foto: Facebook.com/Jarwo Kuat

Retno mengaku ia sangat peduli terhadap kucing jalanan. "Yang sakit di jalan pun kita obati, kita bawa ke RSH kalau pun kita nggak bisa cover dana kita open donasi. Jadi kucing apapun kita peduli mas, setiap pagi saya ke pasar beli ikan keranjang sehari 50 ribu itu saya muter tak kasihkan kucing di sepanjang perjalanan. Untuk yang di atas jembatan fly over sudah beberapa hari, kita kasih makan dari bawah, kita uncali," cerita Retno.