Brilio.net - Ribuan pulau membentang dari Sabang hingga Merauke membuat Indonesia terkenal dengan kekayaan kulinernya. Beberapa masakan khas Nusantara juga diakui dunia sebagai menu terlezat. Misalnya rendang dan nasi goreng yang berulang kali masuk deretan masakan terenak di dunia versi ajang bergengsi CNN's World's Best Food.

Pembeda masakan Indonesia dengan yang lain adalah racikan rempah dan bumbu beraneka ragam. Berkeliling Indonesia nggak akan pernah membosankan dengan kekayaan masakan yang menggugah selera. Fakta ini dibuktikan oleh deretan chef terkenal yang mengambil inspirasi dari alam Indonesia untuk meracik masakan lezat.

Bagi mereka, dapur tak hanya satu ruangan saja di bagian belakang restoran, melainkan juga alam bebas indah di Indonesia. Berlatar air terjun hingga gunung, mereka meracik masakan lezat dengan bahan segar langsung dari alam. Kisah mereka membuka mata kita akan indahnya Nusantara dari kacamata kuliner.

Seperti apa aksi mereka dan bocoran resepnya? Yuk, kita simak bersama-sama ulasan Brilio.net, Senin (18/1).

1. Chef Martin.

Loading...

Chef Martin terkenal dengan masakan lezatnya yang terinspirasi dari kuliner berbagai belahan dunia. Maklum, pria ini juga terkenal sebagai traveler. Ketika di Indonesia, dirinya jatuh hati dengan keindahan alamnya. Chef Martin memanfaatkan waktu berharganya untuk istirahat sejenak menikmati pesona air terjun dan memasak tanpa beban.

Pertama, ia menyiapkan bumbu segar seperti tomat, jeruk nipis, dan serai. Bumbu dasar ini kemudian dilengkapi dengan SASA bumbu terasi dan saus tomat. Ikan kemudian dibakar dan dibubuhi perasan lemon untuk menambah kesegaran.

"Tak perlu terburu-buru, mari kita nikmati segala yang ada. Ini memang hidangan alam terbuka terlezat yang kita nikmati dalam kebersamaan," ujarnya.

2. Shai Borges.

Miss Brazil Turisimo 2019, Shai Borges membagikan pengalamannya menjelajah alam Indonesia. Di matanya, Indonesia bak harta karun berharga. Shai yakin alam sekitar harus dijaga dengan cinta karena sudah menyediakan segalanya untuk kita.

Kali ini, Shai memasak menu lobster segar langsung dari sumbernya. Bumbu yang ia pakai juga sederhana seperti cabai, bawang putih, dan jeruk nipis. Tak lupa, Shai memakai SASA Sambal terasi dan SASA All Purpose Seasoning.

"Ini merupakan salah satu pengalaman tak terlupakan karena kecantikan alam yang sangat beragam," kesannya saat memasak lobster lezat dengan pemandangan pantai yang menawan.

3. Hedi Rusdian.

Hedi Rusdian, seorang BBQ Pitmaster terkenal ini ingin membebaskan diri dari kejenuhan pekerjaan dan lepas mengekspresikan diri. Hedi menemukan bahwa dengan berada di alam, ia bisa bahagia, tenang, dan bebas melakukan apapun yang ia suka.

Ia memasak steak juicy dengan sides yang terinspirasi dari alam. Sides yang Hedi pilih adalah sebuah salad lezat berisikan tomat, shallot, dan selada segar. Sebagai sausnya, ia mencampur SASA Saus Sambal dan Tomat beserta racikan mayones.

"Seninya tuh di sini, ada keseimbangan rasa dari bahan alami ketemu bumbu dasar yang berani ditambah seasoning yang tepat. Hasilnya pasti perfectly enak banget," tegasnya.

4. Chef Liana Snytsar.

Chef Liana Snytsar menjelajah kaki Gunung Merapi untuk pengalaman memasak yang tak terlupakan. Ia sangat menikmati setiap proses memasak di alam terbuka. Sembari bercengkrama dengan penduduk lokal, ia mengambil inspirasi langsung dari alam dan budaya di kaki Gunung Merapi.

"Menjelajah Merapi membuatku lapar. Tak sabar lagi untuk segera memasak," ucapnya.

Liana memulai kreasi masakannya dengan memotong bumbu seperti kunyit, jahe, dan daun jeruk. Tak lupa ia sertakan SASA Bumbu Ayam Kalasan dan SASA Santan Bubuk. Ketika bumbu sudah siap, ia menyiapkan satu ekor ayam utuh. Bumbu dan ayam ia masak di atas api terbuka dengan pemandangan Merapi yang menawan.

"Ini adalah sajian yang luar biasa. Dan juga satu pengalaman yang tak akan pernah kulupakan," tutupnya.

5. Chef Sergio.

Chef Sergio terpesona dengan Gunung Bromo. Ia seakan tersihir dengan keelokan alam dan keramahan penduduk lokal. Di sini, Chef Sergio belajar bagaimana cara memasak hidangan otentik asli Bromo.

"Menyaksikan semua proses ini membuat saya seolah-olah masuk dalam satu cerita sejarah. Resepku sendiri sangat sederhana tapi sangat lezat," ujarnya.

Chef Sergio memulai memasak sate sapi terinspirasi dari perjalanannya di Gunung Bromo. Pertama, ia menggiling cabai segar dan seasoning lain seperti bumbu SASA Ayam Kuning. Ia memasak dengan batu panas dari bara arang. Chef Sergio mengatakan bahwa cara ini merupakan salah satu teknik memasak tertua di dunia.

“Masih banyak yang bisa aku jelajahi di daerah asing yang luar biasa ini. Aku belajar banyak dalam perjalanan ini," kesan Chef Sergio kala menikmati masakannya sembari memandang panorama Bromo yang menggetarkan hati.

Konsep memasak di alam terbuka dari deretan chef terkenal ini merupakan salah satu gebrakan SASA memberikan inspirasi khalayak di luar sana bahwa memasak tak harus terkurung di dapur. Indahnya alam Indonesia dengan keanekaragaman masakan lezat sayang sekali untuk dilewatkan. Semuanya terbukti lewat seri video SASA Flavour of Nature di atas.

Video persembahan SASA ini mendapatkan respons positif dari khalayak awam. Konten menarik ini mengajarkan kita bahwa masakan nikmat bisa mengambil manfaat dari alam laiknya bumbu sedap SASA. Terinspirasi dari bahan segar dan alami, bumbu SASA bisa menjadi andalan praktis saat memasak untuk menghasilkan cita rasa lezat yang menggugah selera.