Brilio.net - Ramadan memang selalu memberi banyak kesan bagi umat muslim. Mulai dari gaya hidup, nuansa yang penuh ketenangan hati hingga kegembiraan yang hanya bisa didapatkan di Bulan Suci ini. Termasuk pada saat kita berbuka puasa bersama saudara dan kerabat.

Pada waktu puasa, waktu yang ditunggu-tunggu adalah berbuka. Ada yang mengisi waktu sebelum maghrib dengan belanja menu berbuka puasa atau ngabuburit, menghadiri pengajian rutin di masjid-masjid atau mencari menu takjil dan buka puasa gratis. Wah, pastinya sangat menyenangkan bisa bercengkrama sekaligus mendapatkan pahala.

Ada banyak masjid yang rutin setiap hari selama bulan Ramadan menyediakan menu buka puasa gratis. Gak tanggung-tanggung, ada masjid yang menyediakan makanan yang menggoda selera seperti ayam goreng, pecel lele, gulai, soto dan lain-lain.

Penasaran masjid mana saja yang menyediakan menu takjil dan berbuka puasa secara unik? Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (24/4), berikut ini brilio.net hadirkan masjid yang telah terkenal menyediakan hidangan berbuka puasa di Indonesia.

1. Masjid Jogokariyan.

masjid penyedia takjil di indonesia © 2019 brilio.net

foto: instagram/@kevinaps_

Masjid ini paling terkenal menyajikan menu Ramadan sejak beberapa tahun yang lalu. Manajemen yang sangat baik menjadikan masjid Jogokariyan dipercaya para donatur untuk menyalurkan sedekah menu buka puasa dan takjil. Selain itu, kalau kamu datang kesana gak hanya mendapatkan menu gratis, tapi juga bisa berbelanja di pasar Ramadan di sekitar kampung Jogokariyan, Mantrijeron, Yogyakarta.

2. Masjid Gedhe Kauman.

masjid penyedia takjil di indonesia © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Polresta Yogyakarta

Masjid yang terletak di sebelah barat Keraton Yogyakarta ini menyediakan menu yang tak kalah menarik. Setiap sekali dalam seminggu, masjid ini menyiapkan menu istimewa seperti gulai kambing dengan 1.000 nasi dan minum kepada jamaah.

3. Masjid Raya Bandung.

masjid penyedia takjil di indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@syammr

Masjid Raya Bandung menyediakan 1.000 takjil bagi warga Kota bandung dan sekitarnya. Menunya juga pastinya bervariasi dan nikmat. Takjil disediakan untuk warga, pejabat hingga turis yang datang. Selain takjil, kamu juga bisa mengikuti sejumlah kegiatan seperti tadarus Alquran, tafsir dan pesantren kilat selama Ramadan.

4. Masjid Jami Medan.

masjid penyedia takjil di indonesia © 2019 brilio.net

foto: limakaki.com

Ada yang unik dengan masjid ini, karena menyajikan menu berbuka puasa khas India. Setiap harinya, pihak masjid membagikan ratusan porsi bubur sop dan minuman Chan. Bubur ini dimasak oleh orang India yang telah menetap lama di Kota Medan. Resepnya cukup istimewa, karena bubur berbahan racikan pengurus masjid sejak 100 tahun lalu.

5. Masjid Istiqlal.

masjid penyedia takjil di indonesia © 2019 brilio.net

foto: instagram/@gavin_craig

Masjid Istiqlal, Jakarta menyediakan lebih dari 5.000 nasi kotak setiap harinya untuk berbuka puasa. Lauk yang disediakan pun bervariasi seperti ikan, ayam dan daging. Tak lupa pihak masjid juga menyediakan air mineral dan kurma sebagai takjil.

6. Masjid Al-Markaz Al Islami. 

masjid penyedia takjil di indonesia © 2019 brilio.net

foto: www.gomuslim.co.id

Masjid ini terletak di Jalan Masjid Raya, Makassar. Setiap sore hari pihak masjid menyediakan takjil gratis bagi warga. Menu berbuka puasanya juga bervariasi. Supaya nggak kehabisan, kalau bisa datang sebelum pukul 17.00.

7. Masjid Raya Darussalam Samarinda.

masjid penyedia takjil di indonesia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@muhammad_bin_husein

Masjid ini selalu mempunyai kegiatan saat Ramadan mulai dari 1967, di antaranya tarawih satu juz, tabligh akbar hingga takjil gratis. Pihak masjid menyediakan hingga 1.000 porsi berbuka.

8. Masjid ChengHoo Surabaya.

masjid penyedia takjil di indonesia © 2019 brilio.net

foto: Chenghoo.co

Masjid yang mempunyai arsitektur Tionghoa ini menyediakan takjil gratis bagi jamaah. Sekitar 400-an jamaah mendapatkan menu pembuka seperti kurma, lemper dan air mineral. Setelah selesai, dilanjutkan makan besar dengan aneka menu nasi bungkus.

9. Masjid Muhammad Bali.

masjid penyedia takjil di indonesia © 2019 brilio.net

foto: YouTube/Harry row

Masjid ini terletak di Jalan Imam Bonjol, Denpasar. Setiap sore, para pengurus masjid menyediakan 600-an porsi menu berbuka puasa. Menu ini datang dari donatur dan masjid secara bergantian.