Brilio.net - Ketika mendengar nama aglonema lady valentine, apa sih yang pertama muncul dalam pikiranmu? Tampilannya yang cantik, kesejukannya, atau cara merawatnya?

Tentu akan ada banyak hal yang terlintas mengenai tanaman ini. Pasalnya aglonema lady valentine jadi salah satu varietas aglonema yang sedang ramai dicari.

Perpaduan warna merah muda dan hijau pada daunnya akan membuatmu mudah terpikat. Seperti diketahui, kebanyakan tanaman aglonema didominasi oleh warna hijau muda hingga hijau pekat.

Namun berbeda dengan aglonema lady valentine. Sesuai dengan namanya, tanaman ini berkaitan dengan suasana valentine yang memiliki warna dominasi merah muda.

Dengan tampilan yang menonjol ini, kamu perlu memperhatikan bagaimana cara perawatannya. Tapi nggak usah khawatir, cara perawatan tanaman ini nggak akan bikin kamu repot kok. Bahkan juga bisa dilakukan para pemula untuk mulai merawat tanaman.

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (5/2), berikut 9 cara merawat aglonema lady valentine.

1. Asupan cahaya.

Cara merawat aglonema lady valentine   © Istimewa

foto: Instagram/@winter_morgen

Tanaman aglonema terkenal sebagai tanaman yang tahan terhadap pencahayaan rendah. Maka nggak heran banyak yang memanfaatkannya sebagai penghias di dalam rumah atau ruangan. Hal itu juga berlaku untuk aglonema lady valentine.

Namun disarankan untuk memberikan cahaya secara tidak langsung dengan kekuatan sedang hingga terang pada tanaman ini. Dan perlu diingat, hindari pemberian cahaya matahari langsung agar tanaman tidak gosong.

Perawatan ini akan membantu untuk menjaga kualitas warna tanaman. Kultivar membutuhkan cahaya yang lebih terang untuk mempertahankan warna merah muda. Umumnya, semakin terang cahaya yang diterima tanaman, maka akan semakin merah muda warnanya.

2. Teknik penyiraman.

Cara merawat aglonema lady valentine   © Istimewa

foto: Instagram/@one.node

Dari segi teknik penyiraman juga tidak jauh berbeda. Secara umum, aglonema termasuk tanaman yang bisa bertahan meski ditinggal beberapa hari tanpa disiram. Bahkan banyak disarankan untuk menyiram aglonema ketika tanah sudah dalam kondisi mengering.

Nah, sedangkan pada aglonema lady valentine, biarkan sekitar setengah dari kondisi tanah mengering sebelum disiram lagi. Dan saat menyiram, biarkan mengalir dari lubang drainase untuk memastikan tanaman terhidrasi dengan baik.

3. Penempatan tanaman.

Cara merawat aglonema lady valentine   © Istimewa

foto: freepik.com

Berkaitan dengan teknik pencahayaan, penempatan tanaman juga memberikan pengaruh pada pertumbuhan tanamanmu. Tampilan warna merah muda pada aglonema lady valentine jadi salah satu daya tariknya. Maka kamu bisa merawatnya dengan menempatkannya pada area yang terang.

Namun hindari pemberian cahaya yang terlalu kuat atau hangat. Cara itu nggak hanya menjaga kecantikan tampilan tanamanmu namun juga membuatnya tumbuh subur dan lebat.

Pasalnya jika aglonema lady valentine ditanam pada area dengan cahaya redup, ia tidak hanya akan kehilangan warna merah jambu khasnya, namun juga  dapat merontokkan daun mempengaruhi pertumbuhannya.

4. Pembersihan daun.

Cara merawat aglonema lady valentine   © Istimewa

foto: freepik.com

Dalam proses pertumbuhannya, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan tanaman. Selain pada area pot, amati juga kondisi daun aglonema lady valentine. Kamu bisa menjaganya dengan membersihkan daun sesekali dengan menyeka menggunakan kain lembut dan lembap. Hal ini bisa membantu untuk menjaga tampilan aglonemamu menjadi lebih cantik terawat.

5. Pemerhatian suhu.

Cara merawat aglonema lady valentine   © Istimewa

foto: freepik.com

Salah satu yang nggak boleh kamu lupakan dalam merawat aglonema lady pink adalah suhu di sekitarnya. Disarankan, tanaman diletakkan pada area dengan suhu kamar, antara 60°F - 77°F. Selain itu, disarankan untuk menjauhkan tanaman dari angin dan juga suhu dingin.

6. Tingkat kelembapan.

Cara merawat aglonema lady valentine   © Istimewa

foto: freepik.com

-Selanjutnya ada kondisi kelembapan yang memengaruhi perkembangan aglonema lady valentine. Aglonema lady valentine diketahui menyukai kelembapan yang lebih tinggi, sekitar 75% atau lebih. -Dan jika udara di sekitar tanaman terlalu kering, kamu bisa menggunakan humidifier. Atau sesekali bisa juga dengan menyemprotkan tanaman untuk meningkatkan kelembapannya.-

7. Lakukan repotting.

Cara merawat aglonema lady valentine   © Istimewa

foto: freepik.com

-Repotting atau teknik pemindahan tanaman ke pot baru jadi salah satu cara perawatan aglonema lady valentine. Biasanya, tanaman akan bertahan pada pot kurang lebih selama satu tahun. Namun kamu bisa memeriksa terlebih dahulu, apakah tanamanmu sudah siap repotting atau belum. -Cobalah menyentuh tanah dan amati, apakah sudah gembur, atau akarnya sudah tumbuh terlalu banyak. Kamu bisa melakukan repotting menggunakan tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik. Selain itu bisa juga dengan mencampurkan tanah pot, perlite, dan pasir yang setara.-

8. Perhatikan kesehatan tanaman.

Cara merawat aglonema lady valentine   © Istimewa

foto: freepik.com

-Setelah menanam dan merawat aglonema lady valentine, selanjutnya kamu perlu memperhatikan juga kesehatan tanaman. Biasanya, saat tanaman tidak sehat, ia akan menunjukkan tanda-tanda layu atau daun yang berubah kecokelatan. Hal itu jadi beberapa tanda yang kerap ditemukan.-

9. Hindarkan dari hewan peliharaan.

Cara merawat aglonema lady valentine   © Istimewa

foto: freepik.com

-Tanaman kerap mengundang perhatian hewan peliharaan. Maka sebaiknya jauhkan tanaman dari jangkauan hewan peliharaan di rumah. Bukan sekadar dapat merusak tanaman, namun juga menghindari kemungkinan hewan menggigit tanaman. Pasalnya hal itu dapat menimbulkan efek buruk pada kondisi kesehatan hewan.-