Brilio.net - Bercukur menjadi lebih aman jika memakai krim cukur. Alasannya karena krim cukur dapat melicinkan pisau pencukur. Selain itu krim cukur lembut di kulit. Tapi bagaimana kalau krim cukur habis dan males beli?

Nah ternyata beberapa bahan di rumah dapat menjadi alternatif krim cukur lho. Kamu nggak perlu repot keluar beli krim cukur. Manfaatnya sama dengan krim cukur kok. Malahan ada yang lebih murah harganya ketimbang krim cukur.

Nah yuk kita simak 10 bahan yang menjadi alternatif krim cukur dilansir dari macgyverisms.wonderhowto.com.

1. Minyak bayi.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Minyak © pixabay

foto: pixabay

Minyak bayi dapat melicinkan pisau cukur bulu. Selain itu dengan minyak bayi, kulit juga lebih lembut dan dapat meminimalisir iritasi. Namun ingat, cukup gunakan beberapa tetes minyak bayi. Jika memakai terlalu banyak, pisau dapat berkarat.

2. Kondisioner rambut.

krim cukur © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: vemale.com

Seperti fungsinya, kondisioner rambut berguna untuk melembutkan rambut, termasuk bulu. Bulu yang lembut memudahkan untuk dicukur. Kondisioner rambut juga akan melicinkan pisau cukur. Wah cocok nih dipakai kalau kelupaan bawa krim pencukur di kamar andi, tinggal ambil kondisioner.

3. Shea butter.

SEA BUTTER © http://sheabutter.com

foto: seabutter.com

Shea butter tidak hanya bisa dimakan, namun juga bermanfaat untuk pengganti krim cukur. Cukup oleskan shea butter pada kulit, maka mencukur akan lebih mudah karena licin. Nah selain itu, kulit jadi lebih lembap lho.

4. Sabun biasa. 

krim cukur © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: chapmanworld.com

Bahkan sabun biasa dapat digunakan sebagai krim cukur lho. Caranya cukup oleskan sabun biasa pada bagian yang ingin dicukur. Pastikan sabun memiliki cukup banyak busa. Kalau sabun tidak cukup berbusa, kulit akan terluka oleh pisau cukur.

5. Madu.

krim cukur © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Madu bersifat lembut, dan licin. Bisa mempermudah kerja pisau cukur . Selain itu kandungan madu dapat menjaga kelembapan kulit. Sayangnya madu memang agak lengket. Namun tenang saja bisa dibersihkan dengan air kok.

6. Selai kacang.

krim cukur © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Selai kacang lembut dan bertekstur tebal. Nah cocok untuk krim pencukur, jadi nggak akan terasa kalau sedang dicukur. Selai kacang juga mengandung zat pelembap kulit lho. Kalau tidak mau digigit semut, pastikan segera bersihkan selai selepas bercukur ya.

7. Lidah buaya.

krim cukur © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Lidah buaya bersifat licin. Selain itu lidah buaya punya kandungan zat yang akan melindungi kulit dari rasa panas. Dengan kemampuannya untuk mendinginkan kulit, selepas bercukur kamu nggak akan merasa perih. Nah jangan khawatir, lidah buaya tidak akan membuat pisau cukur berkarat.

8. Lotion tubuh.

krim cukur Headline © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Lotion bersifat licin dan lembut. Bisa menjadi salah satu alternatif krim cukur. Namun pastikan untuk memakai lotion agak banyak. Hal ini menghindari lotion cepat terserap kulit lalu permukaan kulit kering. Kan sakit bila dicukur ketika kering.

9. Sabun cuci piring.

krim cukur © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Bisa juga lho pakai sabun cuci piring untuk pengganti krim cukur. Caranya tinggal campurkan sabun cuci piring dengan sedikit air. Pastikan busa terkumpul banyak dan lembut. Nah tinggal pakai sebagai krim cukur.

(brl/swh)