Brilio.net - Menjadi sukses adalah cita-cita setiap manusia. Selama ini, sukses diartikan sebagai bukti pencapaian seseorang dalam mengejar karier, pendidikan dan lain sebagainya sehingga hidupnya menjadi makmur atau berkecukupan. Idealnya sukses itu bisa mencapai apa saja yang kamu inginkan.

Dalam islam, sukses juga memiliki arti tersendiri. Bedanya ialah sukses dalam islam bukan hanya berhubungan dengan hal duniawi saja seperti yang sebagian besar orang pikirkan selama ini.

Sukses dalam islam mencakup hal yang luas, nggak hanya sukses dalam hal duniawi namun juga sukses dalam hal akhirat, atau kehidupan setelah manusia meninggal. Jika kamu ingin sukses dunia dan akhirat, maka kamu tak hanya memikirkan soal kesenangan saja, namun juga mencari bekal untuk akhirat, seperti menjalankan perintah agama, rajin beribadah dan lain sebagainya yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad sebagai teladan umat Islam.

Adapun kata-kata islami yang dapat dijadikan motto hidup, supaya kamu semangat meraih kesuksesan sekaligus mendapatkan berkah dalam setiap usaha yang kamu lakukan untuk mewujudkan harapan. Berikut 85 motto hidup sukses Islami, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (9/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Motto hidup sukses Islami dalam bekerja.

Motto hidup sukses Islami © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Pekerjaan yang paling memuaskan adalah membantu orang lain."

2. "Jangan sia-siakan kerja keras dan waktu yang kamu habiskan untuk beribadah kepada Allah dengan tidak memiliki keikhlasan."

3. "Bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati esok hari, dan bekerjalah untuk kehidupan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya." –Ali bin Abi Thalib

4. "Yakinlah kepada Allah, bermimpilah yang besar, kerja keraslah, maka kesuksesan akan datang kepadamu."

5. "Selalu mencoba yang terbaik, meski gagal, teruslah berusaha. Allah melihat kerja keras, semangat, dan kegigihanmu."

6. "Tak peduli seberapa keras kamu bekerja, tidak akan ada yang berhasil tanpa pertolongan Allah. Maka bantulah dirimu dengan meminta pertolongan kepada Allah." –Abdul Bary Yahya

7. "Allah yang pertama, keluarga yang kedua, dan pekerjaan yang ketiga. Jangan sampai terbalik."

8. "Apapun yang kita nikmati di dunia ini, kita harus selalu mengingat dua hal: 1) Apa yang Allah miliki itu lebih baik; 2) Apa yang Allah miliki itu bertahan lebih lama. Untuk itu, bekerja keraslah dalam hidup ini dan bekerja lebih keras untuk kehidupan selanjutnya." –Nouman Ali Khan

9. "Ada begitu banyak masalah yang kita alami setiap hari, masalah pekerjaan, rumah, hubungan, kehidupan. Tapi kita lupa bahwa masalah terbesar kita adalah permasalahan iman."

10. "Jika suatu pekerjaan menjadi alasan sehingga kamu meninggalkan salat, maka tidak ada keberkahan pada penghasilan yang kamu peroleh, dan pekerjaan tersebut tidak layak untuk dilakukan."

11. "Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringatnya kering." -HR. Ibnu Majah, shahih

12. "Salat itu ibarat kerja full time, karena jika kamu sampai melewatkan meeting dengan atasan, kamu bisa dipecat."

13. "Jangan terlalu fokus untuk meniti karier, karena mata uang yang berlaku pada hari penghakiman (hari kiamat) nanti adalah amal kebaikanmu, bukan kekayaanmu."

14. "Jangan terlalu sibuk mengurusi kehidupan dunia, sehingga membuatmu lupa dengan kehidupan akhirat."

15. "Bukanlah kekayaan itu dengan banyaknya harta dunia, akan tetapi kekayaan yang hakiki itu adalah kaya akan jiwa." -HR. Al-Bukhäri-Muslim

16. "Mengikuti hawa nafsu akan melahirkan cinta kepada dunia, cinta kepada dunia akan melahirkan cinta kepada harta dan kedudukan, cinta kepada harta dan kedudukan akan melahirkan sikap menghalalkan segala yang diharamkan oleh Allah." -Wahab bin Munabbih

17. "Kekayaan adalah apa yang kamu infakkan di jalan Allah, bukan apa yang tersimpan di akun rekening bankmu."

18. "Ketika Allah memberimu nikmat finansial (harta kekayaan), jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standar sedekahmu."

19. "Lebih baik mendapatkan upah sedikit, tapi taat kepada Allah daripada mendapatkan upah besar tapi mempertaruhkan keislaman dan akhiratmu." -Muhammad Abdul jabbar

20. "Bekerja keraslah. Dunia ini untuk bekerja keras, akhirat adalah tempat istirahat kekal kita kelak."

21. "Bekerja adalah ibadah."

22. "Kerja keras, salat tepat waktu."

23. "Kamu bekerja begitu keras demi meraih kualifikasi untuk kemajuan hidupmu di dunia, lalu bagaimana dengan meraih kualifikasi untuk kemajuan hidupmu di akhirat?"

24. "Jangan korbankan lautan akhirat hanya demi semangkuk dunia."

25. "Keislamanmu tidak berhenti saat kamu berangkat ke tempat kerja, sekolah, saat menghabiskan waktu bersama teman. Jadilah muslim di mana saja kamu berada."

26. "Semua butuh proses, karena di setiap proses ada pembelajaran. Jika dipercepat, Allah ingin kita bersyukur. Jika diperlambat, Allah ingin kita bersabar."

27. "Hubungkan semua urusan hanya pada Allah agar semua yang susah menjadi mudah; semua urusan berkah, berkah, berkah."

28. "Kewajiban kita hanyalah bekerja. Kewajiban rezeki ialah mengejar kita, bukan kita yang mengejar rezeki."

29. "Barangsiapa melibatkan diri dalam pekerjaan Allah SWT, maka Allah SWT akan terlibat dalam pekerjaannya." –Abu Bakar As-Shiddiq

30. "Jangan pernah mengeluh karena lelah. Lelahnya seorang muslim merupakan kafarat penebus untuk dosa-dosa."

31. "Tahapan untuk meraih kesuksesan itu panjang. Dari persiapan, percobaan, ujian dan kemenangan."

32. "Sesulit apapun masalah yang kita hadapi saat ini, ia bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diselesaikan."

33. "Janganlah kau tuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu. Tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena engkau telah menunda adabmu kepada Allah." -Ibnu Atha’illah

34. "Kerja ikhlas ialah membersihkan niat semata-mata untuk mencari rida Allah."

35. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

Motto hidup sukses Islami penuh makna.

Motto hidup sukses Islami © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

36. "Dari mana datangnya inspirasi, dari visi turun ke kerja keras tanpa henti. Tak sedikit orang bervisi, tapi segelintir yang mampu menggerakkan banyak pribadi." -Najwa Shihab.

37. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini." –Hasan al Bashri.

38. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

39. "Mengapa lelah? Sementara Allah selalu menyemangati dengan hayya ‘alash shalah & hayya ‘alal falaah; bahwa jarak kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah."

40. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." –Ali bin Abi Thalib.

41. "Yang terbaik di antara kamu adalah mereka yang memiliki perilaku terbaik dan karakter terbaik." -Sahih Bukhari

42. "Allah tahu persis apa yang harus diberikan kepadamu untuk membantumu kembali kepada-Nya. Peristiwa dalam hidupmu memiliki tujuan."

43. "Ketika hal-hal baik terjadi, ucapkan Alhamdulillah. Ketika hal-hal buruk terjadi, ucapkan Alhamdulillah. Karena sesungguhnya Allah selalu mengujimu."

44. "Tidak peduli apa penampilan fisikmu, ketika kamu memiliki kebaikan di hatimu, kamu adalah orang yang paling cantik di dunia." -Mufti Ismael Menk

45. "Sukses dan gagal keduanya adalah ujian bagi umat Islam dan mereka mencoba yang terbaik untuk melakukan yang terbaik dalam ujian mereka yang Allah berikan."

46. "Nasibmu telah dituliskan dengan tinta cinta-Nya dan dimateraikan dengan belas kasihan-Nya. Jadi, jangan takut, percayakan pada-Nya dan memiliki harapan pada keputusan-Nya."

47. "Aku harus bisa bersyukur atas masa-masa sulit yang menimpaku karena Allah memilihku, berarti Allah memandang aku cukup baik untuk melalui masa-masa itu." -Nouman Ali Khan

48. "Jika kamu tidak pernah bisa bersyukur kepada Allah atas setiap kebahagiaan yang kamu terima, maka kamu juga tidak berhak menyalahkan Allah atas setiap kesedihan yang kamu alami."

49. "Berusaha keras untuk menghilangkan rasa sakit orang lain adalah inti sejati dari kemurahan hati." -Abu Bakar

50. "Bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal." - (Q.S Ali-Imran: 159)

51. "Jika Allah menghendaki kebaikan pada seseorang, maka Dia akan menimpakan ujian pada seseorang itu."

52. "Islam melarang segala tindakan untuk membuat dirimu bangga. Bangga atas kekayaanmu juga merupakan salah satu tindakan yang tidak disukai oleh Allah dan Nabi-Nya."

53. "Tanpa ragu, Allah mengetahui segalanya dan memiliki pengetahuan tertinggi tentang segala sesuatu yang ada di alam semesta ini."

54. "Seorang Muslim selalu cenderung melihat hal-hal positif dalam setiap situasi sulit karena seorang mukmin menganggap masa-masa sulit sebagai ujian."

55. "Sungguh, pemberi terbaik adalah hanya Allah dan kita harus mencari rizq dari-Nya saja."

56. "Selalu mencari bantuan dari Allah Yang Maha Kuasa saja. Yakinlah dengan teguh bahwa hanya Allah yang menyediakan segalanya di alam semesta ini."

57. "Allah maha tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan saat yang tepat bagimu untuk memilikinya."

58. "Jangan berputus asa dan jangan berhenti berharap karena Allah selalu berada di sisimu."

59. "Terkadang kamu mungkin berpikir bahwa segala sesuatu tidak berjalan sesuai harapan. Tapi, kamu lupa bahwa Allah telah mengatur segalanya dengan benar."

60. "Kehidupan yang sibuk membuat doa makin sulit, tetapi doa membuat hidup yang sibuk menjadi lebih mudah."

Motto hidup sukses Islami dalam hal akhirat.

Motto hidup sukses Islami © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

61. "Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jerih payah diri sendiri, tanpa campur tangan Tuhan mengingat Tuhan adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai ibadah horizontal." -Bob Sadino

62. "Aku bisa menganalogikan semua ibadah yang kulakukan sebagai premi yang harus kubayarkan kepada Tuhan agar aku merasa tenang dan damai." -Hanun Salsabiela Rais

63. "Hidup adalah ibadah." -Amien Rais

64. "Untuk mengetahui karya kebesaran Tuhan, untuk memahami kebijaksanaan, keagungan dan kekuasaan-Nya. Untuk menghargai derajat dan hukum-Nya yang luar biasa, pasti semua ini harus menjadi sesuatu yang menyenangkan dan dapat diterima sebagai ibadah kepada-Nya." -Nicolaus Copernicus

65. "Kehidupan sehari-hari adalah tempat ibadah dan agamamu. Ketika kamu memasukinya, masuklah dengan seluruh hati dan jiwamu." -Kahlil Gibran

66. "Bagaimana mungkin orang yang memiliki agama tidak menjalankan ibadah agamanya? Apa bedanya mereka yang tidak beribadah itu dengan dirinya yang tidak mengenal agama sama sekali?" -Garina Adelia

67. "Menuntut ilmu adalah takwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad. " -Abu Hamid Al Ghazali

68. "Kenyang itu akan membuat badan jadi berat, mengeraskan hati, menghilangkan kecerdasan, mengajak tidur, dan melemahkan ibadah." -Imam Syafi’i

69. "Jika mencari nafkah merupakan ibadah, makin kerja keras kita, Insyaallah makin besar pahala yang akan diberikan oleh Allah." -Syeikh Imam Nawawi al-Bantani

70. "Ada yang sibuk memperdebatkan ibadah, hingga tak sempat ibadah." -Achmad Mustafa Bisri

71. "Menyibukan diri dalam aktivitas ibadah merupakan obat mujarab bagi seseorang yang ingin bangkit dari kesedihan berkepanjangan." -Abdullah Gymnastiar

72. "Bangunan tanpa fondasi akan roboh, demikian juga hidup. Kita tidak akan hidup sukses tanpa melakukan ibadah dengan niat benar dan sesuai contoh Rasulullah." -Abdullah Gymnastiar

73. "Ingatlah, hidup hanya satu kali, ibadah adalah tiangnya. Tanpa tiang yang kukuh, hidup ini akan ambruk dan tidak akan pernah mencapai kebahagiaan yang hakiki." -Abdullah Gymnastiar

74. "Hidup tanpa beribadah, seperti berlayar tanpa arah, seperti berlabuh tanpa pijakan. Sungguh sangat menyedihkan." -Stephen Covey

75. "Lihat kebesaran Tuhan melalui ibadah yang kau lakukan setiap detik embusan napasmu."

76. "Ibadah adalah segala hal yang membawa pada kebaikan. Jadikan setiap aktivitasmu sebagai ibadah. Jadikan aktivitasmu sebagai persembahan kepada sang Maha Esa."

77. "Orang yang bekerja atas dasar ibadah dengan yang bekerja karena mengejar harta memiliki perilaku yang berbeda. Mereka mungkin sama-sama pekerja keras, tapi tingkat kebahagiaannya sangat jauh berbeda."

78. "Perbanyak bersyukur dan beribadah adalah dua kunci ketenangan diri."

79. "Dengan beribadah, seseorang akan tahu cara terbaik untuk bersyukur."

80. "Nikmat yang paling berharga adalah beribadah tepat waktu."

81. "Ibadah tak hanya membawa ketenangan di dunia, namun juga di akhirat."

82. "Ibadah adalah obat bagi jiwa yang hampa, pikiran yang bimbang, dan hati yang terluka."

83. "Mengharapkan surga namun mengabaikan ibadah, itu ibarat menunggu kereta api tiba di bandara."

84. "Jadilah manusia yang mengejar suksesnya akhirat. Maka, sukses dunia juga akan mengikutinya."

85. "Calon manusia sukses tidak akan pernah mengeluh, tapi akan sibuk memperbaiki diri dan terus beribadah."

(brl/lin)