Brilio.net - Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal BJ Habibie merupakan salah satu tokoh kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan disebut-sebut BJ Habibie menjadi salah seorang yang paling cerdas di Indonesia. Tak heran jika sosoknya sangat dikagumi oleh masyarakat Indonesia hingga tokoh dunia.

B.J. Habibie menjabat sebagai presiden Republik Indonesia ketiga setelah menggantikan Presiden Soeharto. Ia pun tercatat sebagai Presiden Indonesia dengan masa jabatan terpendek, setelah tempatnya digantikan oleh Abdurrahman Wahid pada 21 Mei 1999. Meski tak lagi menjabat sebagai presiden, BJ Habibie masih terus membantu pemerintah dalam membangun negara.

Namun pada 11 September 2019, BJ Habibie menghembuskan napas terakhir di Jakarta. Selama hidupnya, ia juga dikenal sebagai "Bapak Teknologi" yang sangat cerdas. Berbagai macam karya dan gagasannya telah memberi sumbangsih yang besar untuk Indonesia.

Ia pun seringkali memberikan atau mengeluarkan kata-kata bijak, yang memotivasi dan memberi dorongan positif bagi kaum muda. Kalimat tersebut bisa kamu jadikan sebagai motto hidup agar lebih bersemangat. Berikut brilio.net rangkum 81 motto hidup BJ Habibie yang menyentuh hati dan penuh makna. Dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (12/11).

Motto hidup BJ Habibie, bikin pantang menyerah.

Motto hidup BJ Habibie © berbagai sumber

foto: Instagram/@di.bukukoe

1. "Di mana pun engkau berada selalulah menjadi yg terbaik dan berikan yang terbaik dari yang bisa kita berikan."

2. "Bagi para calon sarjana, silakan merenungkan sendiri langkah yang akan ditempuh agar bisa bersinergi positif dalam kehidupan."

3. "Ketika seseorang menghina kamu itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka."

4. "Kegagalan hanya terjadi bila kita menyerah."

5. "Saya yakin bahwa saya tidak mempunyai hak sebagai manusia untuk mengakhiri kehidupan. Itu adalah hak prerogative dari Tuhan Yang Maha Esa.”

6. "Kepada apa pun yang terhidang di hadapan, itu adalah sebuah kenyataan."

7. "Kebahagiaan dan kesedihan tergantung bagaimana kita menyikapinya."

8. "Kesempurnaan tidak datang dengan sendirinya. Kesempurnaan harus diupayakan. Kesempurnaan harus dinilai. Proses dan hasil pekerjaan harus diawasi."

9. "Belajarlah mengucap syukur dari hal-hal baik di hidupmu. Belajarlah menjadi kuat dari hal-hal buruk di hidupmu."

10. "Saya harapkan sukses dari seorang pria dan wanita sangat ditentukan sinergi positif dari pria dan wanita."

11. "Masa depan Indonesia ditentukan oleh keunggulan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki nilai budaya, memahami dan menguasai mekanisme pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi."

12. "Indonesia tidak mengenal perbedaan, Indonesia harus buktikan apa saja yang bisa dibuat."

13. "Jadilah anak muda yang produktif, sehingga menjadi pribadi yang profesional dengan tidak melupakan dua hal yaitu iman dan takwa."

14. "Tidak ada gunanya IQ Anda tinggi namun malas, tidak miliki disiplin. yang penting adalah Anda sehat dan mau berkorban untuk masa depan yang cerah."

15. "Hiduplah seperti Anda akan mati besok dan berbahagialah seperti Anda akan hidup selamanya."

16. "Kalau bukan anak bangsa ini yang membangun bangsanya, siapa lagi? Jangan saudara mengharapkan orang lain yang datang membangun bangsa kita."

17. "Kekurangan terhadap pasangan, menjadi sesuatu yang membuat hubungan seharusnya saling melengkapi."

18. "Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita."

19. "Salah satu kunci kebahagiaan adalah menggunakan uang Anda untuk pengalaman bukan untuk keinginan."

20. "Kamu jangan pernah takut kehilangan saya, karena kita adalah satu."

21. "Kualitas sumber daya manusia merupakan kunci keberhasilan masa depan bangsa. SDM yang unggul dan berdaya saing akan mengantar Indonesia sejajar dan disegani bangsa lain."

22. "Harus selalu konsisten dalam menekuni suatu disiplin ilmu yang Anda pelajari. Karena dengan konsisten, Anda bisa seperti saya."

23. "Dalam hidup ini saya memiliki mental seperti orang yang bermain sepeda, bila saya tidak mengayuh sepeda maka saya akan jatuh, jika saya berhenti bekerja maka saya mati."

24. "Kita tidak boleh lelah dan kita tidak boleh kalah. Masa depan Indonesia berada di anak muda. Anak muda harus dituntun ke arah positif."

25. "Ketika muda kita habisi dengan bermalas-malasan maka tua juga akan malas-malasan lalu tak terasa besok mati, namun kalau kita banyak belajar dan banyak analisis maka saat dia tua dia menang."

26. "Kenapa kita ada di sini (hidup di dunia)? Karena kita diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk menikmati hidup yang singkat ini."

27. "Seorang pria tidak akan pernah menjadi seorang pria yang besar tanpa adanya perempuan hebat di sisinya yang selalu memberi dukungan dan dan harapan dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil."

28. "Pengalaman tidak bisa dipelajari, tapi harus dilalui."

29. "Demokrasi pada dasarnya berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia. Semakin baik kualitas sumber daya manusia, semakin terbuka untuk menyebarluaskan dan mempraktikkan gagasan demokrasi."

30. "Jangan lelah mencoba. Tidak ada jaminan kesuksesan, tetapi memilih untuk tidak mencoba adalah jaminan kegagalan."

31. "Semua ada waktunya, jangan membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. Tidak ada perbandingan antara matahari dan bulan, mereka bersinar saat waktunya tiba."

32. "Jika kamu tidak menyerah, kamu masih memiliki kesempatan. Menyerah adalah kegagalan terbesar."

33. "Menunggu tidak selalu tepat, harus berani wujudkan mimpi.

34. "Kalau kita saling percaya maka perjanjian dua hal saja cukup. Sebaliknya, kalau kita berdua tidak saling percaya perjanjian tertulis setebal buku pun tidak akan menolong."

35. "Di balik senyum seseorang, ada sesuatu yang kamu tidak akan pernah mengerti."

36. "Kalau ditanya Habibie umur berapa? Saya jawab 90-100, namun jiwanya saya tetap 17 tahun dik, karena hidup ini hanya 24 jam sehari maka kita perlu melakukan hal yang bermanfaat."

37. "Setiap perjalanan akan ada ujian yang memiliki dua pilihan, terus berjalan dan berhasil atau berhenti dan gagal."

38. "Jika tidak ada bahu untuk bersandar, selalu ada lantai untuk bersujud."

39. "Tiap manusia harus meletakkan jejak-jejak. Jejak itu mencerminkan 'personality' masing-masing dan akan dibaca oleh rakyatnya sendiri dan itu yang penting. Dunia ini tidak buta dan tuli."

40. “Saya diberi kenikmatan oleh Allah SWT ilmu teknologi sehingga saya bisa membuat pesawat terbang, tapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama lebih manfaat untuk umat Islam.”

41. "Jika ada yang menghina Anda, anggap saja sebagai pujian bahwa sebenarnya dia berjam-jam telah memikirkan Anda, sedang Anda tidak sedetikpun memikirkan dia."

42. "Kepada apa pun yang terhidang di hadapan, itu adalah sebuah kenyataan."

43. "Kunci keberhasilan yang sebenarnya adalah konsistensi."

44. "Pemimpin itu harus mengutamakan hubungan relasi penuh kasih sayang dan penuh penghargaan (Bukan untuk penghargaan tapi untuk melayani sesama manusia) dibandingkan status kekuasaan semata."

45. "Jadilah mata air jernih yang memberikan kehidupan kepada sekitar Anda, filsafat dari Ayah saya."

46. "Kenyataan hidup memang harus ditelan bulat-bulat, tapi tidak boleh dikeluarkan bulat-bulat."

Motto hidup BJ Habibie tentang cinta, menyentuh hati.

Motto hidup BJ Habibie © berbagai sumber

foto: Instagram/@nimaz_id

47. "Cinta tidak berupa tatapan satu sama lain, tetapi memandang ke luar bersama ke arah yang sama."

48. "Nafsu membawa kebahagiaan sesaat, tetapi cinta memberikan selamanya."

49. "Kesetiaan berarti ketulusan untuk menyimpan satu hati di dalam hati, dan berjanji untuk tidak mengkhianati."

50. "Ainun. Saya sangat mencintaimu. Tetapi Allah lebih mencintaimu. Sehingga saya merelakan kamu pergi."

51. "Walaupun raga telah terpisahkan oleh kematian, namun cinta sejati tetap akan tersimpan secara abadi di relung hati."

52. "Cinta sejati itu memandang kelemahan lalu diubah menjadi sebuah kelebihan untuk selalu mencintai."

53. "Cinta adalah energi positif yang bisa menggerakkan kehidupan menjadi lebih indah."

54. "Persahabatan sering berakhir dengan cinta. Tetapi cinta kadang berakhir bukan karena persahabatan."

55. "Cinta sejati bisa dikelompokkan menjadi tiga. Pertama cinta kepada sesama umat manusia, kedua cinta pada karya sesama manusia seperti budaya, iptek."

56. "Mencintai bukan dengan menemukan seseorang yang sempurna, tapi dengan melihat seseorang yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna."

57. "Percaya itu baik, tapi mengecek lebih baik lagi."

58. "Seorang perempuan akan menjadi perempuan yang sempurna, baik ketika menjadi ibu untuk anak-anaknya, sebagai istri untuk suaminya dan sebagai perempuan dewasa yang menjalani kehidupan semua itu terjadi jika pria di dalam hidupnya selalu memberi petunjuk, perlindungan dan kepercayaan bagi perempuan tersebut.

59. "Mau ganteng atau tidak, kalau hatinya tidak satu frekuensi, bagaimana?"

60. "Kamu itu orang paling keras kepala dan paling sulit yang pernah aku kenal. Tapi jika aku harus mengulang hidupku, aku akan tetap memilih kamu."

61. "Cinta itu keikhlasan, tak ada paksaan ataupun rasa pelampiasan."

62. "Selamat jalan sayang, cahaya mataku, penyejuk jiwaku, selamat jalan calon bidadari surgaku."

63. "Dulu saya takut sekali mati, tapi sekarang tidak karena yang pertama menemui saya adalah Ainun."

64. "Cinta sejati itu memandang kelemahan lalu diubah menjadi sebuah kelebihan untuk selalu mencintai."

65. "Tiap mantan bukan jodoh (jodoh itu) akan ditunjuk oleh Tuhan Yang Maha Esa (untukmu)."

66. "Cinta dapat kita artikan sebagai rasa yang ditimbulkan kepada pasangan, orang tua, sesama, lingkungan hingga kepada bangsa dan negara."

67. "Cinta dapat terlihat melalui teleskop, sedangkan cemburu hanya terlihat melalui mikroskop."

68. "Terkadang yang kamu butuhkan bukanlah seseorang yang pintar menasihati, tapi seseorang yang tulus mendengarkan dan memahami."

69. "Aku tak pernah berjanji untuk sebuah perasaan, tapi aku berusaha berjanji untuk sebuah kesetiaan."

70. "Jika kita mencintai seseorang, kita akan senantiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada di sisi kita."

71. "Jika kamu tidak menyerah, kamu masih memiliki kesempatan. Menyerah adalah kegagalan terbesar."

72. "Menunggu tidak selalu tepat, harus berani wujudkan mimpi.

73. "Kalau kita saling percaya maka perjanjian dua hal saja cukup. Sebaliknya, kalau kita berdua tidak saling percaya perjanjian tertulis setebal buku pun tidak akan menolong."

74. "Di balik senyum seseorang, ada sesuatu yang kamu tidak akan pernah mengerti."

75. "Puncak rasa rindu seseorang adalah ketika tak lagi bertemu, tak lagi bertegur sapa, tetapi di dalam hati saling mendoakan."

76. "Antara saya dan Ainun, adalah dua raga namun dalam satu jiwa."

77. "Saya tidak bisa menjanjikan banyak hal. Tapi yang jelas, saya akan menjadi suami yang terbaik untuk Ainun."

78. "Saya selalu akan mendampingimu di mana pun kamu berada. Jiwa, roh, dan batin kita sudah menyatu dan manunggal sepanjang masa."

79. "Dirinya sudah tak lagi di sisi, namun di sana dia kan selalu menanti."

80. "Tak selamanya hidup dihadapi dengan serius, jangan lupa bahagia!"

81. "Terkadang hal yang kecil saja bisa menjadi sangat istimewa.”