Brilio.net - Televisi adalah media favorit orang Indonesia. Namun itu dulu. Tren saat ini menunjukkan bahwa sudah banyak orang yang berpindah ke perangkat seluler untuk menikmati berbagai hiburan dan mendapatkan informasi.

Akamai Technologies, Inc, sebuah perusahaan multinasional dari Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat yang bergerak di bidang produk teknologi informasi dan Kadence International, perusahaan agensi riset yang memiliki cabang di beberapa negara Asia termasuk Indonesia, mengungkapkan bahwa sepertiga para pengguna di Indonesia lebih memilih smartphone untuk menonton video online daripada perangkat-perangkat lainnya.

Menurut studi yang dilakukan kedua perusahaan tersebut, lebih dari 4,9 miliar gadget terhubung dengan internet. Dari jumlah tersebut, sebanyak 371 juta di antaranya merupakan gadget yang digunakan di Indonesia.

Dengan semakin mudahnya akses internet dan kecanggihan smartphone yang semakin pesat, kini orang lebih menikmati banyak hal lewat satu genggaman tangan saja. Salah satunya adalah dalam bentuk video.

Kamu tentu akrab dengan aplikasi YouTube, kan? Melalui YouTube, kamu bisa lebih leluasa memilih tontonan yang kamu sukai dibandingkan menonton televisi yang hanya menampilkan jenis tayangan tertentu. Apalagi YouTube bisa ‘menyimpan’ video-video yang telah berlangsung bertahun-tahun lalu sehingga bisa kamu nikmati kapan pun dan di mana pun. Beda cerita dengan tayangan televisi yang berlangsung pada waktu itu juga dan ‘lenyap’ seusai ditayangkan, terkecuali tayangan tersebut diunggah ke aplikasi lain, lagi-lagi seperti YouTube.

Di YouTube banyak sekali video-video lawas yang merupakan dokumentasi suatu acara, tayangan, atau peristiwa. Tayangan-tayangan dengan tema yang baru dan segar tentu juga selalu update di YouTube. Karena itu, nggak heran YouTube memiliki beragam kategori video yang menarik. Mulai dari video klip musik hingga video-video kejadian aneh yang jarang dijumpai sehari-hari.

Lalu kira-kira tema video seperti apa ya yang mendapat viewer atau penonton paling banyak dan apa alasannya? Berikut brilio.net, Senin (8/1), ulas delapan model video yang berhasil menarik minat banyak orang dan bikin siapa saja betah menontonnya.

1. Humor.

8 Model video ini bikin kita nggak bisa berhenti nonton berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kata orang, tertawa adalah obat yang terbaik. Kebanyakan penonton bakal mencari video lucu semacam komedi atau parodi karena mereka butuh hiburan di tengah rutinitas harian yang tak jarang menjemukan dan bikin stres. Nggak heran, konten-konten yang bertema humor diminati banyak orang. Tak terkecuali video di YouTube.

Bahkan saat ini banyak orang yang kemudian memilih terjun di dunia komedi dan membuat video humor. Contohnya seperti parodi, prank juga stand up comedy. Tengok saja di media sosial, video bertema komedi dengan mudahnya bisa langsung viral.

2. Fail.

8 Model video ini bikin kita nggak bisa berhenti nonton berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nggak cuma aksi hebat yang memukau, tahukah kamu video yang memperlihatkan sebuah aksi yang gagal rupanya juga banyak dicari dan digemari?

Video semacam ini diminati karena penonton punya keinginan untuk melihat sisi lain dari suatu hal. Nggak heran, video bertema fail mempunyai penonton yang tak sedikit. Nggak percaya?

Kamu bisa langsung mencari dan melihatnya di YouTube. Salah satu contohnya adalah sebuah trik gagal dari salah satu pesulap ternama Tanah Air beberapa waktu lalu saat mengisi acara di salah satu stasiun televisi swasta, menjadi viral di media sosial.

3. Kehebatan orang.

8 Model video ini bikin kita nggak bisa berhenti nonton berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Video semacam ini juga mendapat banyak perhatian dari banyak penonton. Pasalnya, setiap orang memiliki bakat unik. Nggak sedikit juga yang kemudian merekam bakat uniknya tersebut dan mengunggah videonya ke Youtube karena dianggap memberikan pengetahuan baru kepada penontonnya. Misalnya video aksi sulap dengan trik-trik yang memukau.

Video yang memperlihatkan aksi memukau ini juga bisa menjadi motivasi, inspirasi serta membantu orang yang ingin lebih memahami mengenai bakatnya.

4. Aktivitas ekstrem.

8 Model video ini bikin kita nggak bisa berhenti nonton berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tingkat adrenalin setiap orang memang berbeda-beda. Beberapa orang bahkan berani melakukan aksi aneh, ekstrem, dan cenderung berbahaya yang tak banyak dipikirkan oleh orang lain dan belum tentu semua orang bisa melakukannya.

Tentu saja video yang merekam adegan tak lazim itu berhasil menarik rasa penasaran seseorang sehingga membuatnya menonton video tersebut. Video yang menunjukkan aksi ekstrem ini juga bisa menjadi pembelajaran, bahwa tak ada yang mustahil dilakukan jika memang ada niat dan usaha keras. Setuju?

5. Video klip lagu idola.

8 Model video ini bikin kita nggak bisa berhenti nonton berbagai sumber

foto: Facebook.com/BIGBANG

Di hari-hari yang terasa berat, mengistirahatkan mental dan fisik dengan mendengarkan lagu favorit dianggap bisa menjadi penyelamat suasana hati. Perpaduan suara merdu dari sang penyanyi idola dan lantunan melodi hasil tangan dingin si penggubah lagu akan memikat penggemarnya. Tak heran kategori musik masih terus digandrungi di YouTube.

YouTube juga digadang-gadang jadi saluran musik pengganti radio. Apalagi kian banyak musisi yang mengunggah videonya di YouTube. Seperti video musik lirik Armada yang berjudul Asal Kau Bahagia menjadi fenomenal dan telah menembus angka penonton hingga 200 juta lebih.

6. Serial.

8 Model video ini bikin kita nggak bisa berhenti nonton berbagai sumber

foto: koreastardaily.com

Menonton merupakan kegiatan yang digemari oleh banyak orang. Entah itu menonton film ataupun serial TV. Tak sedikit orang yang memanfaatkan waktu luangnya menonton serial TV favorit baik sendiri maupun bersama orang-orang tersayang. Nggak heran, video serial TV berhasil menyedot banyak penonton.

Apalagi kini banyak aplikasi seperti IFLIX yang menawarkan fitur streaming drama Korea, anime, dan serial Hollywood yang bisa ditonton di mana saja dan kapan saja. Dengan kemudahan ini, nggak heran jika video serial TV berhasil menyedot perhatian penikmat serial TV.

7. DIY dan tutorial.

8 Model video ini bikin kita nggak bisa berhenti nonton berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Mengeksplorasi suatu hal yang sebelumnya nggak diketahui adalah hal yang menarik untuk dipelajari. Selain untuk menambah wawasan, dapat melihat sesuatu yang tak terduga, juga ikut menjadi faktor kenapa video bertema DIY dan tutorial mendapatkan ribuan penonton.

Video tutorial umumnya banyak diminati di kalangan orang-orang awam yang ingin belajar sesuatu. Dengan media video, tutorial tersebut akan lebih mudah dipahami daripada tutorial berbentuk tulisan bukan?

Contohnya, video yang membahas tentang cara mengedit foto dengan aplikasi tertentu, tutorial membuat kerajinan, makeup, memasak serta masih banyak lagi yang lainnya. Jika kamu jeli dan kreatif, bukan nggak mungkin video tutorial ini akan menjadi ide cemerlang untukmu yang ingin berbagi karya.

8. Acara TV favorit.

8 Model video ini bikin kita nggak bisa berhenti nonton berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Semua orang pasti setuju menonton video dari acara televisi favorit lewat gadget lebih praktis dibanding lewat televisi atau laptop. Soalnya kamu bisa menontonnya di mana saja dan kapan saja sesukamu. Apalagi kini banyak website dan aplikasi yang menawarkan fitur streaming acara televisi favorit seperti pertandingan bola sampai ajang Asia's Got Talent yang bisa diakses melalui smartphone.

Nah, itu tadi jenis video yang laris dan banyak ditonton. Sayangnya, saat menonton video biasanya orang dihinggapi perasaan takut boros kuota internet. Kamu juga ngalamin hal yang sama, Sobat Brilio?

Eits, itu dulu. Kini kamu bisa bebas menonton video favoritmu sepuasnya tanpa perlu khawatir kehabisan kuota lho. Soalnya kini ada paket UNLIMITED dari IM3 Ooredoo, yang bonusnya nggak habis – habis bikin kamu bebas menikmati video-video favorit di berbagai aplikasi seperti YouTube, IFLIX, Facebook, Twitter dan Path. Dan juga bonus unlimited untuk penggunaan aplikasi sehari – hari seperti Whatsapp, LINE, Spotify, BBM, Gojek, Grab, dan Uber. Semua benefit besar ini sudah termasuk dalam harga paket, sehingga kamu tak perlu membayar lebih. Bonusnya benar – benar unlimited. Ciamik abis, kan?

Dengan kuota utama yang besar dan kuota unlimited untuk aplikasi sehari – hari yang nggak habis - habis, kamu bisa melakukan apa pun dengan gadget kesayanganmu, guys! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk buruan dapetin paket UNLIMITED dari IM3 Ooredoo dengan cara tekan *123# atau info lebih lanjut cek di sini ya.