1. Menggunakan moisturizer atau pelembap wajah.

Trik menggunakan foundation matte finish © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Sebelum mengaplikasikan makeup pada wajah, oleskan moisturizer atau pelembap pada kulit. Moisturizer memiliki fungsi utama untuk menghidrasi kulit, sehingga kelembapan pada kulit tetap terjaga. Apabila kulit tidak mendapatkan kelembapan yang cukup, maka kulit akan memproduksi minyak wajah lebih banyak. Sehingga berisiko menjadikan wajah lebih berminyak dari sebelumnya. Oleh karena itu, gunakan moisturizer terlebih dahulu.

2. Gunakan primer matte finish.

Trik menggunakan foundation matte finish © 2023 brilio.net

foto: maybelline.co.id

Untuk memasuki tahap awal penggunaan makeup, diperlukan primer yang sesuai dengan tipe kulit wajah kalian. Untuk kulit berminyak, gunakan primer dengan hasil akhir yang matte. Sehingga membuat wajah tampak kesat dan lebih segar. Primer dengan hasil yang matte memiliki fungsi untuk menahan minyak pada wajah, primer juga dapat menyamarkan pori pada wajah, sehingga kulit tampak lebih mulus dan halus. Selain itu primer membuat makeup menjadi lebih menempel ke kulit dan tahan lama.

3. Gunakan base makeup matte finish.

Trik menggunakan foundation matte finish © 2023 brilio.net

foto: maybelline.co.id

Kulit berminyak memiliki tampilan yang licin dan mengkilap. Oleh karena itu, pilihlah base makeup yang memiliki hasil matte. Foundation dengan hasil akhir matte, membuat kulit menjadi tidak terlalu mengkilap. Selain itu pilih base makeup non comedogenic dan oil free, apabila terkandung minyak pada produk foundation atau cushion kalian maka kulit akan mudah berminyak dan makeup akan lebih cepat luntur.

4. Gunakan produk makeup secukupnya.

Trik menggunakan foundation matte finish © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk kulit berminyak, aplikasikan produk makeup secukupnya. Hindari penggunaan yang berlebihan karena akan memberatkan kulit, dan membuat tampilan akhir makeup menjadi tidak bagus. Produk makeup yang berlebihan pada kulit, dapat membuat produk lainnya tidak menempel dengan sempurna. Oleh karena itu, agar hasil akhirnya sempurna, gunakan produk makeup secukupnya saja.