Brilio.net - Ujian sekolah bisa membuat siswa merasa stres, bukan saja karena soal yang sulit tetapi bisa juga karena merasa tuntutan standar nilai tinggi. Melihat fenomena ini beberapa sekolah mempunyai cara unik untuk mendukung dan membantu para siswa agar lebih rileks menghadapi ujian.

Tak melulu acara formal, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, sekolah-sekolah yang mempunyai tradisi unik menjelang ujian agar siswa tenang, Selasa (31/5):

1. Hari Apel

Beberapa kantin di Universitas Hongkong menyajikan buah apel dan berbagai variasi hidangan apel ketika musim ujian tiba. Dalam bahasa Mandarin, apel memiliki pengucapan 'ping guo', yang juga berarti keselamatan. Jadi hal ini dianggap bisa membawa murid-murid selamat dalam melewati ujian.

2. Lomba lari dengan banyak baju

Sejak taun 1970, mahasiswa Tufts University punya kebiasaan yang nyeleneh. Sebelum minggu tenang ujian akhir pada musim dingin, mereka akan melempar pakaian dalam ke luar jendela dan berlomba lari. Kebiasaan yang biasa disebut 'Naked Quad Run' ini melibatkan cowok dari Tufts University dan cewek dari Jackson College.

Namun oleh pihak administrasi kebiasaan ini sudah dilarang sejak taun 2010 karena alasan keamanan. Lalu digantikan dengan 'Excessively Overdressed Quad Stroll', yaitu lomba lari dengan memakai lebih banyak baju dari biasanya.   

3. Adu panco

Jika normalnya para siswa akan berdoa bersama hingga menangis menjelang ujian, lain halnya dengan sekolah di Handan, Provinsi Hebei, China utara ini. Mereka malah melakukan hal unik untuk menghilangkan stres.

Salah satunya melakukan adu panco dengan para guru. Suasana menjadi riuh dan seakan-akan mereka lupa akan menyambut ujian yang menjadi momok para siswa.

Unik banget ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


4. Memotong babi panggang

Ritual unik yang satu ini berlangsung di sekolah-sekolah di China. Setiap orang akan berkesempatan memotong seekor babi panggang raksasa. Nantinya, setiap peserta akan diberikan kesempatan untuk memotong babi panggang dalam dua bagian. Bagi yang berhasil, mereka dianggap berhasil dan lulus dalam ujian nantinya.

5. Berteriak dengan suara mengaum

Mahasiswa Universitas Nortwestern setiap hari Minggu, pukul 21.00 malam, sebelum minggu ujian akhir, bakal ikut dalam kebiasaan 'Primal Scream'. Kebiasaan ini menharuskan setiap mahasiswa berteriak dengan suara mengaum untuk melepas ketegangan ujian.

6. Makan bersama

Sebelum ujian akhir, di Barnard College ada tradisi makan di kampus bagi seluruh mahasiswa yang disajikan oleh anggota dan staf fakultas. Bahkan, ketika itu dibuat juga sandwich raksasa dengan panjang satu mil untuk di santap oleh seluruh mahasiwa.

7. Bagi-bagi balon dan bunga

SMA Islam Dian Didaktika di Cinere Depok, siswa kelas 2 dan 1 akan memberikan dukungan pada kakak kelasnya dengan memberikan balon dan mawar biru. Menurut guru-guru di sana hal tersebut sebagai bentuk dukungan para siswa yang akan menghadapi ujian nasional. Mawar biru melambangkan kasih sayang dan dukungan, sedangkan balon melambangkan semangat agar siswa kelas 3 bisa meraih cita-cita yang tinggi.