Brilio.net - Dalam hidup ini, ada banyak cara praktis yang dapat memudahkan kita dalam melakukan sesuatu. Terkadang dalam melakukan beragam hal tersebut, kita menggunakan cara lama yang biasa dipakai orang-orang, di mana cara tersebut seringkali tidak praktis dan membuang lebih banyak tenaga.

Padahal ada banyak cara yang lebih mudah sekaligus praktis, yang bisa kita gunakan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah ketika menyiapkan makanan atau mengolah bahan makanan. Kira-kira seperti apa saja sih lifehack sebelum mengolah bahan makanan yang praktis?

Berikut brilio.net rangkum lifehack-nya seperti dihimpun dari akun Twitter @engineeringvids, Jumat (24/4).

1. Cara mengupas kulit udang yang tebal dan terkadang dapat melukai kulit.

Lifehack sebelum membuat kuliner Twitter/@engineeringvids

Loading...

foto: Twitter/@engineeringvids

Ketika hendak membuat menu kuliner yang makanan utamanya terdiri dari udang, maka harus mengerti cara mengupas kulit udang. Seringkali, orang-orang mengupas kulit udang dengan cara lama, yakni hanya menggunakan kedua tangan tanpa bantuan alat. Hal ini dapat menyebabkan luka pada jemari, mengingat keras dan tajamnya beberapa bagian pada tubuh udang.

Padahal ada cara yang lebih mudah dan praktis, yakni dengan menggunakan bantuan garpu. Pertama, masukkan garpu pada kulit udang. Kemudian tarik udang hingga kulit yang menempel pada tubuhnya ikut terkelupas. Mudah, kan?

2. Cara memetik daun yang mudah dan praktis pada tanaman untuk dijadikan sayur.

Lifehack sebelum membuat kuliner Twitter/@engineeringvids

foto: Twitter/@engineeringvids

Biasanya, orang-orang memetik satu per satu daun yang akan dijadikan bahan makanan. Hal ini tentunya memakan waktu lama dan menguras tenaga lebih banyak. Padahal, ada cara yang lebih mudah dan praktis.

Caranya adalah masukkan tanaman tersebut ke dalam lubang baskom plastik. Kemudian tarik tanaman tersebut sehingga daun-daun yang ada pada tanaman pun akan terlepas dengan sendirinya. Lakukan hal ini berulang kali pada tanaman yang lain. Ini akan menghemat waktu dan tenaga.

3. Cara membuka cangkang lobster yang keras pada bagian tubuhnya.

Lifehack sebelum membuat kuliner Twitter/@engineeringvids

foto: Twitter/@engineeringvids

Lobster adalah salah satu makanan yang lezat. Namun, perlu usaha untuk mengolah jenis hewan laut satu ini. Pasalnya, hewan ini mempunyai kulit atau cangkang yang cukup keras di bagian tubuhnya. Terkadang kita membutuhkan tenaga untuk membukanya, itu pun sangat merepotkan dengan risiko tangan yang bisa terluka.

Cara paling mudah dan praktis adalah dengan merebusnya. Kemudian tubuh si lobster dilipat dan tekanlah dengan menggunakan sebuah handuk. Lakukan hal ini pada bagian atas dan samping tubuh lobster. Dengan begitu, kulit keras lobster akan hancur dengan rapi dan kamu bisa dengan mudah mengambil isi dagingnya.

4. Cara membuka kulit jeruk dengan mudah dan praktis, juga rapi.

Lifehack sebelum membuat kuliner Twitter/@engineeringvids

foto: Twitter/@engineeringvids

Membuka kulit jeruk memanglah mudah. Namun tidak jarang kita cukup sulit membukanya. Kalaupun bisa, terkadang air yang ada pada jeruk akan keluar. Hal ini tentunya sedikit merepotkan, apalagi jika sampai mengenai benda-benda penting yang tidak boleh terkena air.

Cara mudah dan praktis dalam mengupas kulit jeruk adalah dengan menggunakan bantuan sendok makan. Caranya adalah dengan memasukkan sendok makan pada tubuh jeruk, namun hanya sebatas pada kulit jeruk saja. Kemudian putarkan sendok pada jeruk hingga kembali ke tempat semula. Hal tersebut akan membuat kulit jeruk akan mengelupas dengan mudahnya.

5. Cara mengupas kulit bawang putih dengan mudah, cepat dan praktis.

Lifehack sebelum membuat kuliner Twitter/@engineeringvids

foto: Twitter/@engineeringvids

Bawang putih menjadi bahan yang membuat masakan menjadi lebih lezat dan sehat. Orang-orang sering memakan waktu lama hanya untuk mengupas kulit bawang putih. Padahal ada cara yang mudah dan praktis dalam mengupas kulit bawang putih.

Caranya adalah dengan menumbuk bawang putih menggunakan wadah kaca. Setelah ditumbuk, lalu masukkan bawang tersebut ke dalam wadah. Kemudian kocok beberapa kali agar kulit bawang terkelupas dengan sendirinya. Kalau sudah terkelupas semua, kamu tinggal membersihkannya.

6. Cara mengupas kulit jagung dengan mudah agar tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Lifehack sebelum membuat kuliner Twitter/@engineeringvids

foto: Twitter/@engineeringvids

Mengupas kulit jagung tidaklah mudah, walaupun dalam kondisi yang sudah masak. Ini dikarenakan kulit jagung memang keras dan menempel erat dengan daging jagung. Mengupas jagung seringkali membutuhkan tenaga yang lumayan ekstra. Belum 'rambut' jagung yang mengurai, membuat jagung terlihat lebih kotor.

Cara yang mudah untuk mengupas kulit jagung adalah dengan memotong sebagian tubuh jagung di dekat ujungnya. Kemudian taruh jagung tersebut di dalam microwave selama kurang lebih dua menit. Setelah sudah selesai, ambillah jagung tersebut. Kamu hanya tinggal menarik kulit jagung dengan mudah dan bersih.

7. Membuat sajian buah-buahan dengan mengambil daging buah mangga yang simple dan praktis.

Lifehack sebelum membuat kuliner Twitter/@engineeringvids

foto: Twitter/@engineeringvids

Yang terakhir adalah mengambil daging buah mangga. Sebagian dari kita bingung cara mengambil isi buah mangga dengan rapi dan praktis tanpa kulitnya. Padahal caranya sangat mudah.

Caranya adalah dengan potong sisi buah mangga. Lalu potongan tersebut 'diiris' menggunakan bantuan gelas kaca. Secara otomatis, daging buah mangga tersebut akan terkelupas dan siap disajikan.