Brilio.net - Di zaman dulu perpustakaan menjadi tempat idola siswa dan mahasiswa. Pasalnya, di sana sumber-sumber tugas mereka. Ada puluhan ribu buku dari berbagai genre siap dibaca. Namun di era sekarang, dimana smartphone dan internet berkuasa, keberadaan perpustakaan mulai ditinggalkan.

Bagaimana tidak, mau mencari tugas semua bisa mengakses Google. Mau baca buku tinggal mengunduh e-book dan membacanya di laptop atau smartphone. Lalu bagaimana nasib perpustakaan sekarang? Demi menjaga pengunjung, sekarang banyak perpustakaan yang mengubah desain bangunan menjadi lebih unik dan menarik. Seperti apa sih desain perpustakaan unik itu? Simak foto-fotonya berikut, dijamin bikin kamu ingin berkunjung:

1. Perpustakaan Universitas Malahayati, Bandar Lampung

perpustakaan lucu © 2016 brilio.net

Sensasi membaca ditemani gemericik air yang mengalir di kolam buatan dalam perpustakaan.

2. Perahu Pustaka di Sulawesi Barat

perpustakaan lucu © 2016 brilio.net

Buatan Muhammad Ridwan Alimuddin, dimana kamu bisa membaca di atas perahu yang berjalan, keren kan?

3. Perpustakaan Universitas Indonesia

perpustakaan lucu © 2016 brilio.net

Desain perpustakaan UI sangatlah unik karena dibangun dengan taman hijau di atapnya. Selain itu pengunjung dapat melihat pemandangan danau UI yang indah dari dalam gedung perpustakaan.

4. Mikro Pustaka

perpustakaan lucu © 2016 brilio.net

Perpustakaan yang terletak di Bandung ini dibangun dari 2000 ember bekas es krim. Sirkulasi udara di dalam gedung ini bisa bekerja secara baik tanpa memerlukan AC. Keren kan?

5. Perpustakaan Soeman HS

perpustakaan lucu © 2016 brilio.net

Perpustakaan yang terletak di Provinsi Riau ini memiliki desain yang unik layaknya gedung DPR dengan pilar-pilar yang banyak. Di dalamnya sendiri terdapat puluhan ribu buku yang tersedia dalam berbagai tema.

6. Perpustakaan kontainer

perpustakaan lucu © 2016 brilio.net

Perpustakaan ini dibangun dari kontainer bekas warna-warni sehingga menarik siapa saja yang lewat di sana. Terletak di kota Batu Malang, perpustakaan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang harus kamu kunjungi kalau ke kota apel ini.

7. Kereta pustaka

perpustakaan lucu © 2016 brilio.net

Perpustakaan yang satu ini sifatnya berpindah-pindah karena berada dalam kereta. Ya, kereta pustaka tersebut diluncurkan pada tahun 2011 dan menjadi tempat membaca yang asyik. Di dalam kereta kamu juga bisa mempelajari segala hal tentang sejarah kereta api Indonesia.