Brilio.net - Danau terdapat di berbagai belahan dunia. Danau tidak berombak layaknya pantai dan biasanya memiliki pemandangan yang indah. Selain itu banyak danau yang dikunjungi turis untuk dijadikan tempat wisata sekaligus menyelam, seperti Danau Weekuri yang terletak di Pulau Sumba.

Namun tahukah kamu, kalau ternyata di antara keindahan danau tersebut ada yang menyimpan berbagai zat berbahaya dalam kandungan airnya? Parahnya lagi bisa menyebabkan kematian. Wah, danau mana aja tuh?

Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini, deretan danau yang ternyata mengandung zat mematikan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (13/10). Jangan coba-coba nyemplung deh ya!


1. Danau Natron, Tanzania.

zat danau wikipedia

foto: nasa.gov


Danau ini memiliki tingkat keasinan yang tinggi, mengandung alkali dengan tingkat PH setinggi 10,5. Batas PH normal yang mampu ditolerir manusia dan hewan pada umumnya berkisar 7.

Tingkat PH yang tinggi ini membuat air Danau Natron menjadi sangat beracun. Ditambah suhu air yang mencapai 50°C, sedangkan normal yang sanggup dicapai manusia sekitar 25°C.


2. Danau Blue Hole, Mesir.

zat danau wikipedia

foto: depositphotos.com


Air danau ini mengandung nitrogen yang bisa menyebabkan penyelam meninggal. Biasanya karena mengalami nitrogen narkosis, atau hilangnya kesadaran akibat efek bius dari gas nitrogen tersebut.


3. Danau Horseshoe, Amerika.

zat danau wikipedia

foto: flickr.com


Danau yang terlihat indah ini ternyata mengandung karbon dioksida yang dipancarkan dari celah dasar Horseshoe yang bisa membunuh makhluk hidup di sekitarnya. Airnya mematikan banget.


4. Danau Rio Tinto, Portugal.

zat danau wikipedia

foto: wordPress.com


Danau cantik berwana merah kekuningan ini ternyata berbahaya karena tingkat keasamannya yang tinggi. Warna cantik itu dihasilkan dari kombinasi bakteri. Airnya juga sudah tercemar oleh polusi tembaga, besi dan logam berat. Bisa bayangin kan, kalau kamu nyemplungin kakimu aja ke danau itu? Bahaya.


5. Danau Kivu, Afrika.

zat danau wikipedia

foto: wikipedia.org


Danau yang airnya terlihat tenang ini ternyata mengandung CO2 dan metana sebesar 55 meter kubik. Selain itu danau ini rawan dengan getaran gempa, sehingga bisa menimbulkan ledakan polusi sehingga mengakibatkan kematian.


6. Danau Karachay, Rusia.

zat danau wikipedia

foto: wikipedia.org


Danau ini pernah terkena nuklir besar Uni Soviet pada tahun 1951, yang menyebabkan limbah radioaktif tersebar di sekitar danau. Limbah tersebut dibuang ke dalam air. Diperkirakan kurang dari 1,600 meter per segi luas danau ini sepenuhnya sudah tercemar limbah radioaktif.


7. Danau Rakshastal, Tibet.

zat danau wikipedia

foto: pinterest.com


Danau cantik ini memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga organisme tidak dapat hidup di dalamnya. Masyarakat sekitar menyebutnya danau beracun karena tidak ada hewan yang mampu hidup di sana.