Brilio.net - Ada banyak sekali jenis teks yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Salah satu teks yang kerap ditemui adalah teks prosedur. Teks prosedur merupakan teks yang menjelaskan tentang tahapan atau langkah untuk melakukan maupun menghasilkan sesuatu.

Biasanya teks prosedur ini kerap digunakan untuk menjelaskan langkah membuat makanan, memperbaiki barang yang rusak, hingga membuat mainan. Jenis teks satu ini juga memiliki ciri yang berbeda dari teks lainnya.

Ciri-ciri teks prosedur di antaranya, menggunakan kalimat perintah, memakai kata kerja aktif, memakai kata penghubung untuk menunjukkan urutan, menunjukkan cara melakukan atau menghasilkan sesuatu, dan terdapat panduan yang harus diikuti.

Seperti teks-teks pada umumnya, teks prosedur juga memiliki strukturnya. Struktur dari teks prosedur, antara lain pembuka yang berisi penjelasan singkat mengenai topik yang akan dibahas, material yang akan dibahas, langkah-langkah yang harus dibahas, serta penutup yang berisi kesimpulan.

Teks prosedur pun dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol.

- Teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana merupakan teks yang berisi dua atau tiga langkah saja. Proses dan langkah-langkah yang dijelaskan dalam teks prosedur sederhana juga tidak terlalu rumit dan mudah di pahami.

- Teks prosedur kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan teks yang mempunyai langkah atau arahan secara detail. Kamu pun harus teliti untuk mengikuti arahan dari teks prosedur satu ini supaya sesuai urutan dan berhasil dilakukan. Teks prosedur kompleks biasanya banyak dijumpai pada aktivitas yang memerlukan banyak dokumen atau melibatkan banyak pihak.

- Teks prosedur protokol

Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah atau prosesnya tidak harus dilakukan secara berurutan. Meskipun demikian, tujuan akhir dari langkah-langkah tersebut harus tetap tercapai.

Supaya kamu lebih memahami lagi seperti apa itu teks prosedur, maka kamu bisa membaca contoh teks prosedur. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/12), inilah contoh teks prosedur yang mudah dipahami.

1. Cara membuat tahu gejrot (teks prosedur sederhana)

Contoh teks prosedur © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@windafahira_

Tahu gejrot merupakan salah satu menu makanan yang mudah dibuat dan bahannya mudah ditemukan di banyak tempat. Makanan khas Cirebon ini memadukan tahu goreng yang sudah dipotong kecil-kecil dngan bumbu cabai, bawang putih, bawang merah, dan gula.

Berikut cara membuat tahu gejrot:

Bahan:
- Tahu pong (goreng dan potong-potong)
- Gula Jawa
- Asam Jawa
- Kecap manis
- Garam secukupnya
- Air secukupnya

Bumbu ulek kasar:
- Bawang merah
- Bawang putih (opsional)
- Cabai rawit hijau

Cara membuat:
1. Siapkan panci, rebus air hingga mendidih. Kemudian masukkan kecap manis, gula Jawa, asam Jawa dan garam secukupnya.
2. Setelah itu masak kembali sambil diaduk, lalu saring.
3. Siapkan tahu yg sudah dipotong, lalu masukkan bumbu ulek dan siram dengan air gula Jawa yang sudah dibuat.

2. Cara mengetahui ukuran sepatu (teks prosedur sederhana)

Contoh teks prosedur © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Sepatu merupakan alas kaki yang dapat melindungi kaki dari benda berbahaya. Selain itu, sepatu juga dapat menunjang penampilan dan membuat lebih percaya diri. Untuk memilih sepatu, kamu harus menyesuaikan dengan ukurannya.

Jika kamu membeli sepatu secara langsung, kamu akan mudah mencobanya apakah ukurannya sudah sesuai atau belum. Namun, jika kamu membelinya secara online, kamu harus memastikan jika ukuran sepatumu tepat.

Berikut cara mengetahui ukuran sepatu dengan benar:

Barang yang dibutuhkan:
- Selembar kertas
- Pena
- Penggaris

Cara mengetahui ukuran sepatu dengan tepat:
1. Letakkan telapak kakimu pada selembar kertas.
2. Tandai ujung tumit dan ujung jari kaki yang paling panjang.
3. Ukur jarak tanda tersebut dengan penggaris.

3. Cara mengecek nomor Telkomsel (teks prosedur sederhana)

Contoh teks prosedur © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Nomor HP sangatlah penting dimasa kini, dengan nomor HP kamu bisa melakukan registrasi, serta berkomunikasi dengan orang lain lebih mudah. Namun, bagaimana jadinya jika kamu lupa dengan nomor HP-mu?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor HP-mu. Namun, cara mengecek nomor di tiap provider tentu saja berbeda-beda. Salah satu nomor HP yang paling banyak digunakan di Tanah Air adalah Telkomsel karena memiliki kualitas yang baik.

Nah, kamu bisa mengecek nomor HP dengan provider Telkomsel dengan muda, berikut caranya:

Cara cek nomor Telkomsel

- Kamu bisa mengecek nomor Telkomsel melalui panggilan di ponselmu.
- Tekan *808# pada menu panggilan, kemudian tekan "call" atau "panggil."
- Kamu pun langsung bisa melihat nomor Telkomsel. Untuk mendapatkan layanan cek nomor ini, kamu hanya membayar sebesar Rp 100 (termasuk PPN).

4. Cara mengecek plagiarisme melalui browser (teks prosedur sederhana)

Contoh teks prosedur © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Plagiarisme atau menjiplak karya orang lain untuk diakui sebagai milik pribadi merupakan tindakan yang tidak terpuji. Plagiarisme sering terjadi di ranah akademik karena ada beberapa orang yang malas untuk menghasilkan karya sendiri, sehingga mencomot milik orang lain. Untuk mengecek seberapa orisinalnya sebuah karya, kamu bisa melakukan pengecekan terhadap plagiarisme. Berikut cara mengecek plagiarisme yang dilakukan melalui browser.

Barang yang dibutuhkan:
- Koneksi internet stabil
- Laptop
- Browser yang telah terupdate

Cara mengecek plagiarisme:
- Pertama, buka browser, kemudian ketikkan https://plagiarismdetector.net/
- Kemudian copy dan paste tulisan atau karya milikmu ke situs Plagiarism Detector.
- Setelah itu klik "check plagiarism" dan tunggu hingga proses pengecekan selesai.
- Kamu pun akan mengetahui seberapa besar plagiarisme dan keunikan di tulisanmu.

5. Cara membuat SIM C (teks prosedur kompleks)

Contoh teks prosedur © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan bukti registrasi bagi orang yang sudah memenuhi persyaratan administrasi, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil menggunakan kendaraan bermotor. SIM dikeluarkan secara resmi oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Untuk mendapatkan SIM, ada serangkaian persyaratan dan langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

Berikut cara membuat SIM C dengan rinci:

Persyaratan membuat SIM C:
- Membuat permohonan tertulis.
- Pemohon bisa membaca dan menulis.
- Pemohon memiliki pengetahuan seputar peraturan lalu lintas jalan dan teknik dasar berkendara dengan kendaraan bermotor.
- Batas usia minimal untuk SIM golongan C adalah 16 tahun, SIM golongan A adalah 17 tahun, SIM golongan B1 dan B2 adalah 20 tahun.
- Terampil dalam mengemudi kendaraan bermotor. Sehat jasmani dan rohani. - Dinyatakan lulus ujian teori dan ujian praktik.
- Melampirkan KTP asli dan fotokopi KTP.
- Membawa asuransi kecelakaan diri pengemudi atau AKDP dan surat keterangan sehat rohani dan jasmani dari dokter.

Cara membuat SIM C:
- Isi formulir pendaftaran pembuatan SIM yang disertai dengan fotokopi KTP dan pasfoto formal.
- Kemudian lakukan pembayaran biaya pembuatan SIM C.
- Masukkan semua berkas yang dibutuhkan ke dalam map, kemudian serahkan pada petugas yang berjaga.
- Lalu ikuti seluruh rangkaian ujian yang harus dilalui sebagai persyaratan membuat SIM.
- Jika lulus ujian pembuatan SIM di tahap teori dan praktik, kamu akan diminta untuk mengikuti tahapan pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.
- Setelah itu, tunggu SIM C dicetak dan kamu bisa mengambilnya di loket penggambilan.
- Setelah memiliki SIM C, kamu harus menjaganya dengan baik dan melakukan perpanjangan sebelum masa berlakunya berakhir.

6. Cara membuat channel YouTube (teks prosedur kompleks)

Contoh teks prosedur © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Saat ini YouTube menjadi salah satu media yang digandrungi hampir semua orang. Dengan YouTube, kamu bisa memilih tayangan yang kamu inginkan, bahkan kamu bisa terkenal dan mendapatkan pendapatan dari YouTube.

Untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut, langkah pertama yang kamu lakukan adalah membuat channel YouTube. Namun bagaimana caranya membuat channel YouTube? Nah, berikut cara membuat channel Youtube dengan mudah:

1. Pastikan kamu telah memiliki akun email Google yang masih aktif.
2. Kemudian buka aplikasi YouTube, kamu bisa membukanya melalui browser youtube.com maupun mengunduh aplikasinya di Playstore.
3. Lihat bagian pojok kanan atas dan terdapat kotak "Masuk." Setelah itu, klik kotak tersebut, lalu masukkan nama pengguna dan kata sandi dari akun email Google-mu.
4. Setelah berhasil masuk ke akun, pada pojok kanan atas, ketuk logo akunmu.
5. Kemudian akan muncul menu dengan beberapa opsi, lalu pilih opsi "Buat Channel."
6. Setelah itu akan muncul menu yang menampilkan informasi dan nama channel yang akan kamu buat.
7. Jika semua informasi yang diperlukan sudah dilengkapi, beri ceklist atau centang pada bagian syarat dan ketentuan, lalu klik "buat."
8. Channel YouTube-mu sudah selesai dibuat.

7. Cara membuat mi instan (teks prosedur protokol)

Contoh teks prosedur © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Siapa yang tak suka mi instan? Hampir sebagian besar orang menyukai mi instan karena rasanya yang enak, praktis, dan cepat dibuat. Mi instan biasanya disajikan bersama telur, sayur, sosis, atau sesuai selera.

Berikut cara membuat mi instan dengan mudah:

Bahan:
- Mi instan
- Air
- Telur rebus
- Irisan cabai rawit

Cara membuat:
1. Masak 200 ml air matang hingga mendidih. Kemudian masukkan mi instan ke dalamnya hingga tercelup.
2. Sembari menunggu mi matang, kamu bisa menuangkan bumbu mi instan ke dalam mangkok atau piring. Untuk cara lain, kamu pun bisa langsung memasukkan bumbu bersama rebusan mi instan dan aduk rata.
3. Jika mie sudah matang dan teksturnya terlihat lembut, kamu bisa tuangkan ke dalam mangkok yang telah disiapkan sebelumnya. Apabila kamu menaruh bumbu di mangkok, maka aduk rata bumbu dengan mi instan dan kuahnya.
4. Mi instan siap disajikan, kamu bisa melengkapinya dengan bahan lain seperti telur rebus, sayur, maupun irisan cabai rawit.