Brilio.net - Usai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, umat Islam akan merayakan Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal. Seperti halnya bulan Ramadan, ada sejumlah amalan ibadah yang dapat dilaksanakan pada bulan Syawal.

Salah satu amalan yang disunahkan dilakukan pada bulan Syawal ialah puasa Syawal. Berbeda dengan puasa di bulan Ramadan yang diwajibkan selama satu bulan, puasa Syawal disunahkan untuk dilakukan selama enam hari.

Puasa Syawal dapat dilakukan sehari setelah Idul Fitri, yakni pada hari kedua bulan Syawal. Sama seperti puasa di bulan Ramadan yang memiliki banyak keutamaan, puasa Syawal juga memiliki keutamaan bagi orang yang melakukannya. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (4/6), berikut 6 keutamaan puasa Syawal.

1. Seperti puasa setahun.

Loading...

keutamaan syawal © 2019 brilio.net

foto: religionworld.com

Orang yang melakukan puasa Syawal seperti berpuasa selama setahun lamanya. Keutamaan tersebut dijelaskan dalam sebuah hadist riwayat Muslim nomor 1164 yang menyebutkan bahwa, "barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh."

2. Menyempurnakan ibadah.

keutamaan syawal © 2019 brilio.net

foto: getreligion.com

Puasa syawal seperti halnya ibadah salat sunnah yang dapat menutup kekurangan dan menyempurnakan ibadah wajib. Puasa Syawal akan menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada bulan Ramadan. Sebab, pasti ada kekurangan yang dimiliki seseorang ketika menjalankan puasa Ramadan.

3. Tanda diterimanya amalan puasa Ramadan.

keutamaan syawal © 2019 brilio.net

foto: time.com

Jika Allah SWT menerima amalan seseorang, maka Dia akan menunjuki pada amalan selanjutnya. Jika Allah SWT menerima amalan puasa Ramadan, maka Dia akan menunjuki amalan lainnya, di antaranya ialah puasa enam hari di bulan Syawal.

4. Ganjaran 10 kali lipat.

keutamaan syawal © 2019 brilio.net

foto: islamcity.org

Puasa Syawal dapat membuat orang yang melakukannya diberi ganjaran pahala sepuluh kali lipat. Hal itu dijelaskan dari hadist yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub yang berbunyi, "barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas 'Iedul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat."

5. Mendapat pertolongan dari Rasulullah.

Begini gambaran keindahan malam Lailatul Qadar menurut Rasulullah © 2019 brilio.net

foto: thethingkingmuslim.com

Orang yang melakukan puasa Syawal akan mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Rasulullah di surga. Hal itu terjadi karena orang yang berpuasa Syawal telah menghidupkan sunnah yang diajarkan Rasulullah. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan At Tirmidzi menyebutkan bahwa, "siapa yang menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga."

6. Tanda peningkatan iman.

Salat ied hari ini, begini 6 potret kekhusukan Jamaah Naqsabandiyah © 2018 brilio.net

foto: Liputan6

Orang yang berpuasa di bulan Syawal merupakan tanda bahwa imannya sebagai Muslim telah meningkat. Karena itulah bulan ini disebut bulan Syawal, yang artinya bulan peningkatan.