Brilio.net - Masa kehamilan menjadi momen yang mendebarkan untuk para wanita. Menjalani pengalaman dan menghadapi perasaan yang baru. Tentu akan ada banyak pelajaran yang bisa dirasakan untuk seorang calon ibu. Nggak hanya dalam merawat si kecil lho, namun juga mengatasi permasalahan yang mendadak muncul saat masa kehamilan. Yaps, hal ini sangat wajar terjadi kepada para calon ibu. Termasuk juga permasalahan yang berkaitan dengan kondisi kulit selama hamil.

Saat mengandung, wanita akan mengalami banyak perubahan. Maka jangan kaget kalau kamu juga mendadak harus menghadapi permasalahan jerawat ketika hamil. Padahal bisa jadi kamu jarang merasakannya sebelum hamil. Namun tenang, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana kok. Nah mau tahu apa saja? Yuk simak dalam ulasan brilio.net dari Stylecraze.com pada Senin (18/1).

1. Minyak kelapa.

Cara mengatasi jerawat saat hamil © Istimewa

foto: freepik.com

Beberapa ibu hamil mengalami kondisi kulit berjerawat di masa-masa trimester pertama dan kedua. Nah jangan panik, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang efektif untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungannya juga merupakan emolien yang melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit. Caranya, bersihkan kulit dan tepuk-tepuk hingga kering.

Loading...

Lalu pijat area wajah yang berjerawat secara halus dengan minyak kelapa selama satu menit atau lebih. Kemudian biarkan semalaman. Kamu bisa mengulangi perawatan ini setiap malamnya.

2. Kunyit.

Cara mengatasi jerawat saat hamil © Istimewa

foto: freepik.com

Kunyit nggak hanya nikmat saat diseduh sebagai jamu, namun rempah ini juga membantu untuk mengatasi jerawat pada ibu hamil. Bukan tanpa alasan, kunyit dikenal sebagai antiseptik alami. Kandungannya mampu mengobati infeksi yang menyebabkan jerawat sekaligus meningkatkan kualitas, warna, dan tekstur kulit wajah.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mempersiapkan 1/2 sdt kunyit bubuk dan juga air. Lalu campurkan kedua bahan tersebut menjadi pasta. Selanjutnya oleskan ramuan itu pada area yang berjerawat. Biarkan sekitar satu jam, kemudian bersihkan. Kamu bisa menggunakan cara ini setiap hari. Perlu diperhatikan, karena warna kuning kunyit bisa menodai baju yang kamu kenakan, maka kamu bisa berhati-hati saat menggunakan ramuan kunyit ini.

3. Lemon.

Cara mengatasi jerawat saat hamil © Istimewa

foto: freepik.com

Khasiat buah lemon sudah dipercaya banyak pihak mampu mengatasi berbagai permasalahan. Apalagi untuk urusan jerawat, kandungannya diakui mampu menjadi salah satu solusi alami yang baik. Lemon memiliki sifat antimikroba. Manfaatnya, dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit, sehingga mengurangi jerawat. Manfaat dari lemon sering digunakan untuk mengatasi beragam gangguan pada kulit wajah. Nggak heran kalau sampai dengan sekarang, banyak produk kecantikan yang menggunakan lemon untuk campuran bahannya.

Nah untuk menggunakannya, kamu bisa menyiapkan perasan air lemon dan cutton bud. Aplikasikan air lemon pada area berjerawat dengan cotton bud. Biarkan sekitar satu jam lalu bersihkan dengan air bersih. Kamu bisa melakukan perawatan ini dua kali sehari. Namun hati-hati, jika air perasan lemon dirasa terlalu kuat untuk kulitmu, maka kamu bisa mencampurkannya dengan air. Selain itu juga perlu diingat, jangan gunakan lemon di seluruh wajah karena akan mengiritasi kulitmu.

4. Lidah buaya.

Cara mengatasi jerawat saat hamil © Istimewa

foto: freepik.com

Permasalahan jerawat pada ibu hamil bisa diatasi juga dengan menggunakan lidah buaya. Yaps, selain dapat mempercantik rambut, gel lidah buaya juga baik untuk kulit wajahmu. Kandungan di dalamnya dapat membantu mengurangi jerawat. Nutrisi di dalamnya juga sekaligus berperan untuk meremajakan kulit lho.

Untuk menggunakannya gampang banget. Kamu hanya perlu mengiris daun lidah buaya, ambil kandungan gelnya dan pindahkan ke dalam wadah. Bersihkan wajah, kemudian oleskan pada wajah dengan menambahkan sedikit pijatan lembut. Biarkan selama setengah jam dan kemudian bilas.

Jika tidak terasa terlalu lengket, kamu juga bisa membiarkan gelnya semalaman. Kamu bisa menggunakan perawatan ini setiap malam, sebelum tidur.

5. Minyak esensial.

Cara mengatasi jerawat saat hamil © Istimewa

foto: freepik.com

Perpaduan minyak esensial seperti minyak lavender dan minyak daun teh mampu mengurangi jerawat dan juga bekas lukanya. Minyak tersebut memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan juga penyeimbang minyak. Caranya kamu bisa mencampurkan 1-2 tetes minyak minyak daun teh, 1 tetes minyak lavender, 4-5 tetes minyak kelapa murni atau minyak zaitun. Oleskan pada jerawat dan biarkan semalaman. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa nggak semua orang cocok menggunakan ramuan ini. Maka akan lebih baik jika kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter saat menggunakannya.

6. Tanaman witch hazel.

Cara mengatasi jerawat saat hamil © Istimewa

foto: pixabay.com

Kamu pernah menggunakan tanaman witch hazel dalam perawatan? Tanaman ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat juga lho. Witch hazel adalah zat alami yang menyeimbangkan pH kulit dan mengatur produksi minyak. Dampaknya, pori-pori tidak lagi tersumbat oleh sebum yang berlebih dan tidak berkembang menjadi jerawat. Disamping itu ia juga memiliki sifat antibakteri. Siapkan beberapa tetes ekstrak witch hazel dan juga kapas. Lalu aplikasikan ekstrak witch hazel dengan menggunakan kapas pada area berjerawat. Kamu bisa mengulangi perawatan ini dua kali setiap harinya.