Brilio.net - Untuk menyiapkan kebebasannya agar tak lagi berbuat kriminal, para napi di penjara biasanya dibekali dengan berbagai kemampuan untuk berwirausaha. Bahkan tak jarang mereka diberdayakan untuk membuat suatu produk pesanan dari pihak luar yang bekerja sama dengan lembaga pemasyarakatan tempat mereka menjalani hukuman.

Hasilnya pun nggak main-main. Kamu pasti nggak akan menyangka bahwa enam barang yang brilio.net lansir dari Ranker, Rabu (26/4) ini pernah dibuat oleh napi di dalam penjara.

1. Furnitur di IKEA

 Napi © 2017 ranker.com

Di tahun 70 dan 80-an, IKEA di Jerman mendayagunakan tahanan politik untuk membuat furnitur seperti kursi. Sayangnya, bayaran yang diterima para napi ini hanya 4% dari rata-rata bayaran sebulan para buruh disana.

2. Perlengkapan militer

 Napi © 2017 ranker.com

Di tahun 1930an, Industri Penjara Federal Amerika Serikat yang bernama UNICOR mendayagunakan banyak tahanan untuk membuat perlengkapan militer seperti jaket, seragam militer, helm, dan sepatu.

3. Lingerie

 Napi © 2017 ranker.com

Di era 90-an, produsen pakaian dalam terkenal. Victoria's Secret menggunakan pihak ketiga yang mempekerjakan para tahanan untuk membuat produk lingerie mereka.

4. Seragam McDonald

 Napi © 2017 ranker.com

Raksasa fast food ini pernah mempekerjakan tahanan untuk membuat seragam kerja dan beberapa produk makanan beku mereka.

5. Buku braille

 Napi © 2017 ranker.com

Beberapa percetakan buku untuk tuna netra pernah mempekerjakan narapidana untuk membuat buku berhuruf braille.

6. Celana jeans

 Napi © 2017 ranker.com

The Prison Blues Jeans Factory mempekerjakan napi untuk membuat celana jeans, jaket, t-shirt dan juga topi.