Brilio.net - Mungkin kamu kerap mendengar kesetiaan menjadi hal yang penting dalam sebuah hubungan. Ya, kesetiaan menjadi salah satu fondasi dalam membangun kepercayaan suatu hubungan. Baik dengan Tuhan, orang tua, sahabat, kekasih, maupun orang-orang tersayang. Selain kejujuran dan juga pengorbanan, kesetiaan juga dapat memperkuat suatu hubungan secara alami.

Biasanya kesetiaan menjadi bukti nyata untuk menunjukkan keyakinan pada kekasih. Misalnya saja setia untuk mendampingi pasangan, setia menunggu, atau bahkan setia mempertahankan hubungan di tengah berbagai masalah. Seperti kita tahu, beberapa faktor kegagalan hubungan cinta, salah satunya terjadi karena kurangnya kesetiaan.

Oleh karena itu, perlu pembuktian dengan tindakan dan sikap yang nyata untuk menguji sebuah kesetiaan. Hal tersebut tentunya sebagai penguat ucapan agar tak hanya manis belaka. Namun pada prinsipnya, kesetiaan diartikan sebagai keteguhan hati seseorang.

Banyak kata-kata bijak tentang kesetiaan yang bisa dijadikan ungkapan, nasihat, atau renungan diri sendiri. Berikut 50 kata-kata bijak tentang kesetiaan yang ampuh pererat hubungan cinta, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (9/9).

Kata-kata bijak tentang kesetiaan sebagai keteguhan hati.

foto: Instagram/@surathati77



1. "Kesetiaan berarti ketulusan untuk menyimpan satu nama tetap dihati, kemudian berjanji untuk tidak mengkhianati."
2. "Kesetiaan adalah penjaga hati agar tidak retak, dan yang akan membuat cintamu terus mekar dan berkembang di sela-sela taman kehidupan."
3. "Kedekatan yang lembut dalam kesetiaan adalah kekuatan untuk menangkal upaya perusak hubungan orang."
4. "Memang semua orang bisa bilang cinta, tapi tidak setiap orang mampu setia. Kesetiaan adalah kemampuan jiwa-jiwa berkelas."
5. "Rumah tangga diawali dengan cinta. Dibangun dengan kasih sayang dan dipelihara dengan rasa kesetiaan. Itulah kunci kebahagiaan dalam suatu kesederhanaan." - Sunali Agus Eko Purnomo, Para Pencari Cahaya Kehidupan
6. "Kesetiaan itu indah, maka janganlah kamu dustakan nikmat Tuhan dengan membodohkan diri menghamba kepada penipu."
7. "Wahai Yang Maha Lembut, manjakanlah hatiku ini, bahagiakan aku dalam pernikahan yang penuh cinta, yang mesra, yang setia."
8. "Orang hebat bukan dia yang memiliki banyak cinta, tapi dia yang bisa menolak kehadiran cinta lain demi pertahankan 1 cinta."
9. "Jika engkau sudah memperbaiki diri, melembutkan sikap, dan setia hanya kepadanya, tapi dia tetap tidak setia kepadamu, maka dia bukan milikmu dan engkau milik seseorang yang lebih baik."
10. "Tak ada yang kesetiaan tanpa komitmen. Tak ada komitmen tanpa kenyamanan."
11. "Kesetiaan merupakan dasar pembangun kesetiaan pada belahan jiwamu. Jika dia tidak setia, dia bukan belahan jiwa."
12. "Sederhana dalam mencintai, ikhlas menerima kekurangan, dan setia dalam menjalin hubungan."
13. "Jika engkau mencintaiku, setialah. Jika engkau tak mampu setia, pergilah. Sebab tanpa kesetiaan cintamu hanya membawa luka."
14. "Kesetiaan itu tidak perlu dicari. Dia akan kamu dapatkan ketika kamu mencintai dan menyayangi dengan tulus."
15. "Kesetiaan adalah pengawal kerajaan cinta. Setialah. Maka cintamu akan suci dan murni."
16. "Kesetiaan memang bisa diharapkan dari mereka dan orang kebanyakan, tetapi kebesaran hanya bisa datang dari seorang raja yang bijaksana." – Pramoedya Ananta Toer
17. "Kesetiaan ini bukan sekadar omongan, tapi disertai dengan pembuktian."
18. "Kesetiaan itu datangnya dari hati dan niat, bukan dari sebuah kata-kata."
19. "Orang yang setia kepada kebaikan, tidak akan berkhianat."
20. "Kesetiaan tidak berarti apa-apa kecuali pada prinsip intinya yaitu pengorbanan diri."

Loading...
2 dari 3 halaman

Kata-kata bijak tentang kesetiaan sebagai nasihat.

foto: Instagram/@lufee.co



21. "Jadilah kita sepasang kekasih yang diam-diam saja di sini. Seperti penulis tuli yang jatuh cinta pada pianis buta. Memang tidak perlu ke mana-mana, bukan? Bukankah kau selalu mendengarkanku seperti aku setia menyaksikanmu."
22. "Cinta harus ditumbuhkan sepanjang usia dengan bunga-bunganya yang bertaburan di sepanjang jalan kesetiaan. Jalan yang ditapaki dengan riang di bumi dan semoga kelak mempertemukan kita kembali dengannya di surga." - Helvy Tiana Rosa.
23. "Rumah tangga diawali dengan cinta. Dibangun dengan kasih sayang dan dipelihara dengan rasa kesetiaan. Itulah kunci kebahagiaan dalam suatu kesederhanaan." - Sunali Agus Eko Purnomo
24. "Kekasih adalah orang datang dengan pengorbanan, kasih sayang, dan kesetiaan."
25. "Tidak ada bedanya kesetiaan antara perempuan dan laki-laki, yang ada hanyalah cinta sejati selalu mengenal kesetiaan."
26. "Kesetiaan merupakan dasar pembangun kesetiaan pada belahan jiwamu. Jika dia tidak setia, dia bukan belahan jiwa."
27. "Kau hadir dalam ketiadaan, sederhana dalam ketidakmengertian. Gerakmu tiada pasti, namun aku selalu di sini, menantimu. Entah mengapa."
28. "Cinta dapat diumpamakan seperti pohon, tiap hari harus disiram dan diberi pupuk kesetiaan dan pengertian." - Mary Roberts Rinehart
29. "Kesetiaan itu tidak perlu dicari. Dia akan kamu dapatkan ketika kamu mencintai dan menyayangi dengan tulus."
30. "Setia adalah alasan kecilku untuk tetap mencintaimu." - Robin Wijaya
31. "Kesetiaan adalah ketika cinta lebih kuat dari naluri." - Paul Carvel
32. "Hubungan yang kuat berdasar pada kesetiaan dan kepercayaan, bukan kecurigaan dan keraguan." - Ron Herron
33. "Hanya kesetiaan pada prinsip lah yang akan memanggil kesetiaan-kesetiaan terbaik lainnya." – Tere Liye
34. "Hidup ini bukanlah tentang mereka yang berbuat baik di hadapanmu, namun tentang mereka yang tetap setia di belakangmu."
35. "Kesetiaan berarti ketulusan untuk menyimpan satu hati di dalam hati, dan berjanji untuk tidak akan mengkhianati." – Bacharuddin Jusuf Habibie

3 dari 3 halaman

Kata-kata bijak tentang kesetiaan cinta.

foto: pixabay.com



36. "Hanya waktu yang menguji sebuah kesetiaan dan komitmen. Namun, komitmen adalah langkah awal untuk setia."
37. "Jangan lepaskan mutiara di genggaman jika hanya tergoda kilau berlian yang berada di kejauhan."
38. "Belajarlah dari sebuah kesetiaan, karena kesetiaan itu mengajarkan kita arti pentingnya suatu kejujuran, ketulusan, dan kepercayaan."
39. "Kebaikan dan kesetiaan adalah dua hal yang berbeda. Oleh sebab itu kita harus memiliki keduanya, jangan hanya salah satu."
40. "Kesetiaan terbaik adalah pada prinsip-prinsip hidup, bukan pada yang lain. Hanya kesetiaan pada prinsiplah yang akan memanggil kesetiaan-kesetiaan terbaik lainnya."
41. "Terkadang setia itu memang menyakitkan. Tapi, kita harus percaya, orang yang setia itu pasti pada akhirnya akan selalu bahagia."
42. "Jangan pernah berharap seseorang untuk terus bersamamu, jika yang kau berikan padanya adalah alasan untuk meninggalkanmu."
43. "Pada akhirnya, tidak ada yang bisa memaksa. Tidak juga janji atau kesetiaan. Tidak ada, sekalipun akhirnya dia memilih untuk tetap bersamamu, hatinya tidak dipaksa oleh apapun dan oleh siapapun." – Dewi Lestari
44. "Perhiasan yang indah bagi seorang lelaki adalah kesetiaan pada janjinya. – William E. Gladstone
45. "Kesetiaan adalah kekayaan termulia di dalam kalbu manusia." – Seneca
46. "Kesetiaan dan pengabdian menyebabkan keberanian." – Morihei Ueshiba
47. "Setia itu ketika kamu temukan seseorang yang lebih baik, namun tetap memilih bersama dia yang telah kamu janjikan untuk bersamanya."
48. "Ketika kesetiaan menjadi barang mahal. Ketika kata maaf terlalu sulit untuk diucap. Ego siapa yang sedang kita beri makan?" – Fiersa Besari
49. "Bukankah cinta hanya perihal hati dan perasaan, juga kesetiaan?" - Bernard Batubara
50. "Mencari kesetiaan itu seperti mencari jarum didalam tumpukan jerami."