Brilio.net - Perasaan maupun emosi manusia adalah hal yang rumit, namun beragam. Kadang kala kamu merasa senang, bahagia, sedih, kecewa, kesal, atau bahkan merasa marah.

Kemarahan inilah yang sering membuat orang melampiaskan banyak hal secara gamblang. Baik marah karena perlakuan seseorang, atau marah akan suatu hal yang tidak memuaskan.

Marah terhadap seseorang biasanya disebabkan karena adanya rasa tidak suka terhadap perilaku, maupun tutur kata lawan bicara. Marah dengan seseorang juga bisa memicu permusuhan dan perselisihan yang panjang. Sedangkan marah terhadap suatu hal yang tidak memuaskan, misalnya karena melihat ketidakadilan yang terjadi, pekerjaan yang tak kunjung usai, dan hal-hal lainnya.

Meski merupakan hal yang dianggap wajar, namun rasa marah juga bisa berubah menjadi petaka. Sebab, bukannya melegakan perasaan, kadang rasa marah justru menambah masalah.

Ketika marah, biasanya orang tidak lagi berpikir jernih. Jadi jangan sampai membuat rasa marah menguasai dirimu. Ada baiknya untuk meredam emosi dan berlatih sabar.

Hal ini tak hanya berlaku untuk dirimu sendiri, namun juga untuk orang lain. Ketika menghadapi seseorang yang marah, kamu juga bisa mencoba menenangkannya.

Nah, sebagai bahan renungan, berikut kata-kata bijak tentang kemarahan yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (7/7).

Kata-kata bijak untuk meredakan rasa marah.

kata bijak marah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Amarah tidak menyelesaikan permasalahan, justru akan timbul masalah baru jika kamu menghadapi suatu permasalahan dengan emosi yang meluap-luap."

2. "Banyak kerugian yang terjadi akibat ulah orang yang tidak bisa mengontrol diri. Sebenarnya, orang yang selalu marah-marah akan merugi."

3. "Jangan biarkan orang lain membuatmu marah hingga sampai pada titik di mana kamu menjelma menjadi seseorang yang bahkan kamu sendiri tidak mengenalinya." – Abdulbary Yahya.

4. "Jangan mudah terpancing emosi oleh orang lain. Ketika ada seseorang yang ingin memancing emosimu, sebaiknya berilah senyuman kepadanya."

5. "Jangan pernah membuat suatu keputusan ketika sedang marah, karena air yang mendidih tidak bisa digunakan untuk bercermin."

6. "Kemarahan adalah musuhmu. Taklukkan dia, dan jangan biarkan amarah itu mengalahkanmu." – Ali bin Abi Thalib.

7. "Lebih baik menangis daripada marah, karena marah akan menyakiti orang lain, sementara air mata mengalir tanpa suara melalui jiwa dan membersihkan hati."

8. "Menghadapi masalah dengan rasa amarah akan sia-sia. Ketika marah, akan sulit untuk mengontrol diri sendiri."

9. "Orang baik juga bisa marah, akan tetapi mereka menekan amarah itu seperti menelan sesuatu dengan cepat." – Nouman Ali Khan.

10. "Sabar sesaat ketika sedang marah akan menyelamatkanmu dari ribuan penyesalan." – Ali bin Abi Thalib.

11. "Tak peduli dia akan membalas senyummu atau tidak, yang terpenting ialah hal ini menunjukkan kalau kamu tidak terpancing emosi akibat ulahnya."

12. "Tenangkan diri karena amarah akan membuat kamu tidak bisa berpikir dengan tenang."

13. "Kemarahan tidak menyelesaikan apa-apa karena hanya meningkatkan tekanan darahmu."

14. "Ketakutan adalah jalan menuju sisi gelap. Ketakutan mengarah pada kemarahan. Kemarahan mengarah pada kebencian. Kebencian mengarah pada penderitaan."

15. "Ketika perasaan sedih, marah, dan depresi muncul, biarkan perasaan itu mengalir dan biarkan dirimu mengekspresikan emosi dengan maksud tidak menyakiti orang lain."

16. "Manusia hebat adalah manusia yang bisa mengendalikan diri saat dikuasai amarah, tenang saat dipermalukan, tersenyum saat diremehkan."

17. "Orang sabar bukanlah orang yang tidak memiliki rasa marah, tetapi orang yang dewasa dan kuat untuk mengendalikan amarahnya."

18. "Jangan cepat marah, berbaik hatilah, memaafkan, bersabar." - Patricia Meyers

Kata-kata bijak tentang kemarahan dari tokoh dunia.

kata bijak marah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

19. "Di mana ada kemarahan, selalu ada rasa sakit di bawahnya." - Eckhart Tolle

20. "Marah adalah membalas dendam kesalahan orang lain pada diri kita sendiri." - Alexander Pope

21. "Melepaskan memberi kita kebebasan, dan kebebasan adalah satu-satunya syarat untuk kebahagiaan. Jika, dalam hati kita, kita masih berpegang teguh pada sesuatu; kemarahan, kegelisahan, atau harta benda, kita tidak bisa bebas." - Thich Khat Hang

22. "Pejuang terbaik tidak pernah marah." - Lao Tzu

23. "Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa melepaskan amarah tidak menenangkan kemarahan; itu justru mendorongnya." - Susan Cain

24. "Siapapun yang bisa membuatmu marah, bisa mengendalikanmu." - Lamine Pearl Heart

25. "Dia yang membuatmu marah, menaklukkanmu." - Elizabeth Kenny

26. "Taklukkan musuh yang marah dengan tidak marah, taklukkan yang jahat dengan kebaikan, menaklukkan pelit dengan kemurahan hati, dan pembohong dengan mengatakan yang sebenarnya." - Siddhartha Gautama

27. "Jangan sampai matahari terbenam karena amarahmu. Kemarahan harus dibatasi, baik dalam rasa maupun waktu."

28. "Kemarahan hanya berguna pada titik tertentu. Setelah itu, menjadi amarah, dan amarah akan membuat kamu lalai." - Lauren Oliver

29. "Adalah bijaksana untuk mengarahkan kemarahanmu ke masalah, bukan orang, untuk memfokuskan energimu pada jawaban, bukan alasan." - William Arthur Ward

30. "Berbicaralah saat kamu marah dan kamu akan membuat pidato terbaik yang akan kamu sesali." - Ambrose Bierce

31. "Betapa jauh lebih menyedihkan akibat dari kemarahan daripada penyebabnya." - Marcus Aurelius

Kata-kata bijak kemarahan untuk renungan.

kata bijak marah © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

32. "Boleh saja membicarakan masa lalu, asalkan tidak ada kepahitan dan kemarahan. Itu hanya memberimu serangan jantung. Itu tidak akan mengubah masa lalu juga." - Ann Marie Aguilar

33. "Buatlah kemarahanmu begitu mahal sehingga tidak ada yang mampu membelinya, dan buatlah kebahagiaanmu begitu murah sehingga orang hampir bisa mendapatkannya dengan gratis."

34. "Tahan kata-katamu ketika kamu marah karena kadang-kadang kata-kata yang diucapkan dalam kemarahan meninggalkan bekas luka yang tidak pernah bisa disembuhkan."

35. "Hati yang dipenuhi amarah tidak memiliki tempat untuk cinta." - Joan Lunden

36. "Jangan buang waktumu dalam kemarahan, penyesalan, kekhawatiran, dan dendam. Hidup ini terlalu singkat untuk tidak bahagia." - Roy T Bennett

37. "Jangan pernah menanggapi orang yang marah dengan balasan berapi-api, bahkan jika dia layak mendapatkannya. Jangan biarkan amarahnya menjadi amarahmu." - Bohdi Sanders

38. "Jika kamu menendang batu karena marah, kamu akan melukai kakimu." - Pepatah Korea

39. "Jika kamu sabar dalam satu momen kemarahan, kamu akan terhindar dari 100 hari kesedihan." - Pepatah China

40. "Kemarahan adalah asam yang bisa lebih merusak kapal tempat ia disimpan daripada apa pun yang dituangkan." - Mark Twain

41. "Kemarahan adalah kependekan dari bahaya." - Eleanor Roosevelt

42. "Kemarahan adalah tanda bahwa sesuatu perlu diubah."

43. "Kemarahan hanyalah kemarahan. Itu tidak baik. Itu tidak buruk. Itu saja. Apa yang kamu lakukan dengannya adalah yang terpenting. Seperti yang lainnya. Kamu dapat menggunakannya untuk membangun atau menghancurkan. Kamu hanya harus membuat pilihan." - Jim Butcher

44. "Kemarahan, kebencian, dan kecemburuan tidak mengubah hati orang lain, itu hanya mengubah dirimu sendiri." - Shannon Alder

45. "Obat terbesar untuk kemarahan adalah penundaan." - Thomas Paine

46. "Saat marah, hitung sampai 10 sebelum kamu berbicara, jika sangat marah, hitung sampai 100." - Thomas Jefferson

47. "Tunda kemarahan hari ini hingga besok." - Pepatah Tagalog

48. "Untuk setiap menit kamu marah, kamu kehilangan ketenangan pikiran 60 detik." - Ralph Waldo Emerson

49. "Kemarahan diawali dengan kegilaan dan akan berakhir dengan penyesalan." – Ali bin Abi Thalib.

50. "Marah adalah sebuah perasaan yang membuat mulut kalian bereaksi lebih cepat daripada pikiran."