Brilio.net - Bus merupakan salah satu alternatif transportasi umum yang jadi favorit sebagian masyarakat Indonesia. Selain harga tiket yang relatif lebih murah, naik bus juga bisa lebih seru karena pelancong dapat menikmati pemandangan dengan suasana berbeda.

Tak jarang, bus juga melewati rute yang belum pernah didatangi sebelumnya, seperti tempat wisata yang jarang diketahui atau malah menjumpai kuliner memanjakan lidah di tempat istirahat. Namun di tengah pandemi Covid-19, persiapan ekstra harus dilakukan sebelum bepergian jarak jauh menggunakan bus agar tetap sehat dan selamat sampai tujuan.

Anthony Steven Hambali selaku Direktur Sumber Alam, melihat di tengah situasi pandemi masyarakat masih membutuhkan moda transportasi bus untuk bepergian jarak jauh. Untuk itu, sebagai salah satu agen online tiket bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), Sumber Alam berupaya mengakomodasi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. Mulai dari fasilitas penyaring udara di dalam armada bus, menerapkan protokol kesehatan, hingga kemudahan pembelian tiket secara online.

"Tak hanya itu, kami juga menyediakan pembayaran yang praktis dengan metode pembayaran digital serta harga tiket yang lebih hemat dengan promo cashback hingga 100% dengan pembayaran ShopeePay," pungkas Anthony.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, sebelum traveling naik bus, ada lima persiapan yang perlu diperhatikan agar kamu tidak perlu khawatir dan semakin enjoy sepanjang perjalanan. Yuk, simak informasinya di bawah ini seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (18/12).

1. Jangan asal pergi, cek dulu syarat dan lokasi tujuan.

persiapan traveling bus © 2021 berbagai sumber

foto: unsplash.com

Di tengah situasi pandemi, langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum bepergian naik bus adalah mencari tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi. Misalnya seperti harus menyertakan hasil antigen terbaru atau mengisi formulir online.

Hal ini untuk menghindari kejadian gagal pergi karena lupa membawa persyaratan yang diwajibkan. Tak kalah penting, kamu juga harus memeriksa situasi pandemi di daerah tujuan agar tetap terjaga dari virus Covid-19.

2. Pastikan kondisi tubuh fit.

persiapan traveling bus © 2021 berbagai sumber

foto: unsplash.com

Kalau kondisi daerah tujuan sudah aman, sekarang kamu perlu memastikan kondisi tubuh fit untuk bepergian. Jangan memaksakan pergi bila sedang sakit karena imun sedang rentan terserang penyakit.

Jika sudah fit, siapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk proteksi lebih maksimal, seperti hand sanitizer, masker cadangan, dan semprotan disinfektan. Dengan begitu, kamu akan tetap aman dan merasa nyaman sepanjang perjalanan.

3. Kemas barang bawaan menjadi praktis.

persiapan traveling bus © 2021 berbagai sumber

foto: unsplash.com

Bus memiliki bagasi yang terbatas, sehingga lebih baik membawa barang secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Buat catatan barang-barang yang harus dibawa terlebih dahulu agar bisa melihat mana yang penting untuk dibawa dan meminimalisir ketinggalan.

Setelah itu, kemas barang-barang bawaan dengan efektif agar tidak memakan banyak tempat sehingga kamu tidak kerepotan membawanya. Disarankan membagi barang bawaan menjadi satu tas besar dan satu tas kecil yang berisi barang-barang penting selama perjalanan, seperti obat-obatan, botol minum, dan dompet. Hal ini juga dapat memudahkanmu menjangkau barang yang dibutuhkan, serta ruang yang lebih lega saat duduk di bus.

4. Pilih bus yang sesuai dengan kebutuhan.

persiapan traveling bus © 2021 berbagai sumber

foto: Sumber Alam

Naik kendaraan umum saat bepergian berarti kita akan berada di suatu tempat yang cukup lama dengan orang lain. Oleh karena itu, selama pandemi disarankan untuk memilih bus dengan fasilitas yang lengkap dan terjaga kebersihannya.

Seperti Sumber Alam yang merupakan salah satu pencetus Physical Distancing Bus (PDB). Kini Sumber Alam kembali berinovasi dengan menghadirkan Bio Smart dan Safe Bus yang dilengkapi dengan HEPA filter serta UV-C light.

"Dengan teknologi tersebut, penumpang akan merasa lebih aman dan tidak pengap karena sirkulasi udara yang lebih lancar. Dalam bus tersebut juga terdapat sekat khusus untuk pengemudi sehingga menghindari kontak dengan penumpang," kata Anthony.

5. Beli tiket bus secara online.

persiapan traveling bus © 2021 berbagai sumber

foto: unsplash.com

Untuk menghindari kontak fisik dan antrean yang panjang, kamu bisa melakukan pemesanan tiket bus secara online. Cara ini juga akan memastikan kamu sudah mendapatkan tiket sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak promo menarik ketika membeli tiket secara online. Salah satunya promo dari Sumber Alam yang bekerja sama dengan ShopeePay.

Dalam kampanye ShopeePay Super Online Deals yang berlangsung hingga 21 Desember nanti, seluruh penumpang berkesempatan mendapat cashback hingga 100% jika membeli tiket di Sumber Alam dengan metode pembayaran ShopeePay.

Cara pembeliannya mudah, kamu hanya perlu membeli voucher cashback di fitur Deals Sekitarmu pada aplikasi Shopee. Lalu gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran untuk membeli tiket di sumberalam.id.

Jadi, apakah kamu sudah ada rencana liburan untuk melepas penat? Yuk, segera siapkan perjalanan sekarang dan jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan agar liburan tetap aman dan menyenangkan.

(brl/tin)

(brl/tin)