Brilio.net - Masa-masa serunya hidup di era 90-an memang ngangenin banget. Saat itu, anak-anak generasi 90-an belum terkontaminasi dengan smartphone. Permainan sehari-hari pun masih dilakukan di alam dengan alat yang sederhana. Kamu masih ingat permainan apa saja yang sering kamu mainkan bareng teman-temanmu dulu?

Di antara banyak permainan anak generasi 90-an, ternyata ada beberapa permainan hits yang dimainkan hanya dengan modal kertas dan pulpen. Ingat nggak? Nah, biar kamu bernostalgia dengan masa-masa 90-an, yuk lihat 5 permainan yang hanya butuh kertas dan pulpen seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (1/11):

1. SOS.

permainan kertas © 2016 brilio.net

foto: ysalma.com

Loading...

Kamu pasti nggak asing sama permainan ini kan? Dulu pas nunggu guru masuk kelas, sering banget tantangan sama teman sebangku buat banyak-banyakan poin dari permainan ini. Cara mainnya pun gampang. Cukup sediakan kertas sama pulpen. Kamu dan lawanmu hanya peru sebanyak mungkin merangkai huruf S-O-S dalam garis vertikal, horizontal, atau diagonal.

2. ABC 5 Dasar.

permainan kertas © 2016 brilio.net

foto: gogirlmagz.com

Kamu pas masih dudul di bangku sekolah sering main permainan ini kan? Paling enak sih buat ngisi jam kosong di sekolah. Biasanya ada yang main permainan itu hanya menentukan satu hal saja yang dibuat tebakan, misalnya nama kota, nama bunga, nama buah, nama artis, dan lain sebagainya. Tapi biar lebih seru dan sulit, biasanya bakal semakin banyak hal yang dibuat tebakan sekaligus. Lalu setelah itu akan ditotal poin yang didapatkan. Permainan ini punya sekarang sudah ada seri game gadgetnya lho!

3. Bola.

permainan kertas © 2016 brilio.net

foto: kaskus.co.id

Nah, kalau permainan ini paling sering dimainin sama anak cowok. Cara mainnya pun cukup unik. Kertas dibagi dua bagian seolah menjadi lapangan. Lalu kamu dan lawanmu akan penyusun pemain di arenamu. Buat menaklukkan lawan, kamu coret-coret dengan pulpen pada bagian lawan pemain yang pengen kamu matikan. Kalau pas dilipat menempel di pemain itu, kamu berarti berhasil.

4. Bingo.

permainan kertas © 2016 brilio.net

foto: alissanotes.wordpress.com

Permainan ini juga banyak yang suka zaman dulu. Kamu cukup buat 25 kotak dengan 5 baris dan 5 kolom. Isi angka itu dengan 1 sampai 25 secara acak. Pemain lalu mulai menyebutkan satu angka acak dari 1 sampai 25 untuk dicoret. Angka yang telah disebutkan tersebut harus dicoret satu per satu oleh para pemain. Jika salah satu dari pemain mendapatkan coretan dengan bentuk vertikal, horizontal, atau diagonal, pemain akan memperoleh bonus berupa 1 huruf yang apabila disusun dapat membentuk kata B.I.N.G.O. Pemain yang berhasil membentuk kata BINGO pertama kali itulah yang menjadi pemenangnya.

5. Main balapan coretan di kertas.

permainan kertas © 2016 brilio.net

foto: akkewcoa.pun.bz

Kamu sering melihat balapan Moto GP? Dulu anak-anak juga sering main Moto GP versi mereka sendiri. Masih ingat? Pertama, buat sirkuitnya. Sirkuit ini terserah mau bentuknya kayak gimana. setelah itu, suit untuk memulai siapa yang akan mencoret atau yang jalan duluan. Cara mencoretnya juga nggak sembarangan, tapi hanya menekan bagian atas pulpen dengan telunjuk, dan di arahkan ke depan. Pemain yang paling cepat sampai finish itu yang menang. Menarik kan?