Brilio.net - Sebuah lembaga survei World Happines Report mencatat bahwa rata-rata usia manusia mencapai 71 tahun. Hasil ini disimpulkan dari penelitian di 155 negara di dunia. Uniknya, negara-negara berikut ini memiliki harapan hidup di atas rata-rata.

Masyarakat negara mana saja yang memiliki umur di atas rata-rata? Berikut brilio.net kutip dari BBC, 5 negara yang penduduknya paling panjang umur.

1. Jepang.

Umur Panjang © 2017 brilio.net

Makanan yang sehat yang tidak dimasak dengan banyak minyak dan bumbu yang tinggi zat-zat berbahaya bagi tubuh merupakan salah satu faktor kenapa warga Jepang panjang usia.

Loading...

Selain itu, masyarakat negara ini membentuk banyak komunitas bagi para orang tua untuk dapat terus aktif dan bergerak seperti memancing, atau mendaki. Efeknya rata-rata masyarakat dapat hidup sampai pada umur 83 tahun.

2. Spanyol.

Umur Panjang © 2017 brilio.net

Spanyol juga terkenal dengan diet yang kaya akan minyak olive yang sehat, sayuran dan anggur. Lokasi tempat belanja atau fasilitas umum di Spanyol juga berdekatan sehingga masyarakatnya lebih memilih untuk berjalan kaki daripada menggunakan moda transportasi. Selain itu waktu istirahat masyarakat atau shift kerja biasanya antara 2 sampai 3 jam.

Alasan kenapa sebuah toko di sana bisa tutup sampai 3 jam untuk istirahat adalah karena menurut mereka, lebih baik mempunyai waktu yang cukup untuk makan siang, sekadar beristirahat dan menyediakan waktu untuk makanan di cerna sebelum lanjut bekerja. Dampaknya, kondisi tubuh masyarakatnya lebih fit hingga mampu menembus rata-rata umur 82,8 tahun.

3. Singapura.

Umur Panjang © 2017 brilio.net

Negara tetangga kita ini ternyata memiliki rata-rata umur masyarakat mencapai 83,1 tahun lho. Rahasianya? Kesehatan menjadi salah satu prioritas bukan hanya pemerintah namun juga masyarakat.

Adalah hal biasa melihat penduduk, tua dan muda berolahraga di pusat kebugaran ataupun di fasilitas umum. Bahkan baru-baru ini pemerintah mendirikan Therapeutic Garden, sebuah taman terapi yang membantu masyarakat untuk mengurangi stres dan menjaga kondisi tubuh orang tua. Patut dicontoh di Indonesia nih.

4. Swiss.

Umur Panjang © 2017 brilio.net

Sebagai salah satu negara terkaya di Eropa, tentu bukan hal yang mengherankan jika Swiss berhasil masuk daftar ini. Akses yang mudah pada pelayanan kesehatan berkualitas, tingkat keamanan yang tinggi serta kesejahteraan masyarakatnya menjadi faktor pendukung. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan konsumsi keju dan susu harian mereka juga menjadi salah satu faktornya.

Faktor lain? Lokasinya indah. Berada di tengah tempat wisata yang mudah dikunjungi, masyarakat dapat 'melarikan diri' sejenak dari pekerjaan beberapa jam dan kembali lagi dengan pikiran yang lebih jernih. Nggak mengherankah lah.

5. Korea Selatan.

Umur Panjang © 2017 brilio.net

Negara Idol K-Pop ini juga masuk daftar lho. Nggak tanggung-tanggung, rata-rata umur masyarakat di sana bisa mencapai 90 tahun, negara pertama yang berhasil menyentuh angka ini. Sama seperti Jepang, Korea Selatan memang terkenal dengan makanan fermentasinya yang dapat menurunkan kolesterol dan menaikkan imun tubuh.

Selain itu komunitas masyarakat juga dibentuk untuk membantu masyarakatnya. Misalnya Jimjilbang atau pemandian air panas umum. Di tempat ini masyarakat tua dan muda dapat bertemu, bersosialisasi, yang mampu mengurangi stres.

Gimana? Ternyata ada banyak cara yang bisa kita contoh untuk dapat hidup sehat dan meningkatkan rata-rata umur kita.