Brilio.net - Kurang dari 48 jam lagi perayaan tahun baru China segera tiba, kebahagian masyarakat Tionghoa dalam menyambut tahun baru Imlek pun mulai berasa. Hal yang selalu identik dengan Imlek adalah angpao atau yang dalam bahasa Mandarin akrab disebuat hong bao. Pemberian angpao ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Tionghoa.

Sebelum tahun baru tiba, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta unik perihal angpao seperti yang dilansir brilio.net dari The Finder, Sabtu (6/2).

BACA JUGA: Kamu belum eksis kalau belum coba 10 tren kuliner 2016 ini

1. Angpao memiliki makna mendalam.

5 Fakta yang harus kamu ketahui tentang angpao
Foto: bobo.kidnesia.com

Makna pemberian angpao saat perayaan tahun baru China adalah sebuah bentuk keberuntungan bagi umat manusia. Bukan hanya keberuntungan bagi yang menerima angpao, tapi juga menjadi keberuntungan bagi penerima angpaonya. Angpao menjadi simbolis kepedulian sesama manusia dan bentuk saling mengasihi.

2. Pemberian angpao tidak bisa sembarangan.

5 Fakta yang harus kamu ketahui tentang angpao
foto: www.vemale.com

Meskipun angpao adalah tradisi China, kamu yang bukan keturunan Tionghoa sebenarnya juga memberikan angpao kepada pegawai ataupun teman. Akan tetapi dalam pemberiannya, angpao memiliki aturan tersendiri. Pertama, angpao selalu diberikan dari orang tua kepada orang yang lebih muda dan tidak pernah sebaliknya. Pekerja atau staf biasanya mendapatkan angpao dari 'Hong Baos' yang dalam hal ini adalah bos atau majikan. Bagi yang telah menikah memberikan angpao kepada yang belum menikah. Sedangkan jika seseorang telah berusia 40 tahun dan belum menikah, maka orang tersebut tetap diwajibkan memberikan angpao karena dianggap telah dewasa. Angpao tidak hanya dipandang sebagai pemberian semata, melainkan angpao menjadi simbol tanggungjawab terhadap sesama.

3. Ada tata cara khusus untuk pemberian angpao.

5 Fakta yang harus kamu ketahui tentang angpao
foto: tzuchischool.com

Tahun baru China biasanya dirayakan selama 14 hari, sehingga waktu terbaik memberikan angpao adalah di hari itu. Selain itu, di dalam angpao baiknya diberikan tanda tangan dan kesan, sehingga si pemberi dan yang diberikan akan semakin akrab. Pemberian angpao jangan sampai dititipkan dan sebaiknya diberikan langsung bahkan jika angpao diberikan kepada bayi yang belum mengerti ada baiknya bayi tetap megang angpao tersebut sehingga keberuntungan langsung sampai ke tangan penerima dan pemberi.

Hindari untuk memberikan angpao dengan jumlah 4 karena hal itu berarti kematian dalam bahasa Mandarin dan usahakan jumlah uangnya berakhir dalam angka 8 yang berarti meningkatkan keberuntungan.

4. Jumlahnya nggak boleh sembarangan.

5 Fakta yang harus kamu ketahui tentang angpao
foto : commons.wikimedia.org

Kalau kamu ingin memberikan angpao kepada seseorang, maka ada baiknya kamu perhatikan dulu beberapa hal tentang jumlah uang dalam angpao. Untuk anak-anak biasanya jumlah angpao berkisar USD 2 atau sekitar Rp 17.000. Untuk teman dekat jumlahnya berkisar USD 10-USD 20 atau sekitar Rp 250.000. Sedangkan untuk pegawai ataupun asisten rumah tangga sebaiknya diberikan dnegan jumlah satu bulan gajinya.

5. Angpao selalu berwarna merah demi keberuntungan.

5 Fakta yang harus kamu ketahui tentang angpao
foto: www.etsy.com

Warna merat sarat akan keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa. Merah berarti keberuntungan, itulah mengapa selama ini angpao selalu berwarna merah. Selain warnanya, motif pada angpao pun biasanya tidak sembarangan dan disesuaikan dengan shio tahun tersebut, misalnya saja tahun ini adalah tahun baru monyet maka motif di angpaonya menggunakan gambar monyet.

Nah, siap untuk menyambut tahun baru China? Selamat tahun baru, selamat meraih segala keberuntungan, Gong Xi Fa Cai!