×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Bekas pabrik di Indonesia ini diubah jadi tempat wisata, keren abis

View Image

0

BRILIO » Wow

5 Bekas pabrik di Indonesia ini diubah jadi tempat wisata, keren abis

Penampilan bangunan bekas pabrik ini 180 derajat lebih indah.

09 / 08 / 2018

Brilio.net - Bangunan pabrik yang tak terpakai akan menjadi terbengkalai jika tak diperhatikan. Gedung tersebut hanya menjadi bangunan yang tak terurus seperti hidup segan mati tak mau.

Namun siapa sangka, sederet bekas pabrik di Indonesia justru menjadi serbuan banyak orang. Bangunan bekas pabrik ini berubah menjadi spot wisata baru.

Melalui proses revitalisasi bangunan, bekas pabrik berubah jadi spot seru dan menarik. Penampilan bangunan bekas pabrik ini 180 derajat lebih cantik. Tak sedikit anak muda yang menyebutnya sebagai spot Instagramable.

Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/8), berikut deretan bekas pabrik yang sekarang dikenal sebagai tempat wisata.

1. Rumah Atsiri, bekas pabrik yang Instagramable.

Loading...

bekas pabrik wisata © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@rumahatsiri & Instagram/@auliaanjarkusuma

Rumah Atsiri terbilang baru menjadi spot wisata. Sebelumnya, Rumah Atsiri merupakan pabrik penyulingan minyak atsiri. Lokasinya berada di Jalan Raya Solo-Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, ini memiliki penampilan yang berbeda dari bangunan lawasnya. Kini Rumah Atsiri sering jadi tujuan banyak orang untuk sekadar foto-foto atau liburan.

Rumah Atsiri memiliki beragam fasilitas mulai dari museum yang berisi mesin penyulingan peninggalan pabrik, resto, taman bermain, hingga taman bunga. Tak heran apabila Taman Atsiri langsung booming di media sosial karena punya lanskap yang instagramable.

2. Pabrik Gula Colomadu, tempat wisata sekaligus konser musisi ternama.

bekas pabrik wisata © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@galihnyb_

Sebelum Rumah Atsiri, muncul nama Pabrik Gula Colomadu. Berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Karanganyar, Jawa Tengah, popularitas pabrik gula ini telah banyak diketahui oleh orang. Setiap sudut dari bangunan pabrik ini memiliki pemandangan yang keren. Pengunjung bisa berfoto dengan mesin-mesin produksi. Pabrik Gula Colomadu juga menjadi tempat konser musisi dunia ternama yakni David Foster dan Anggun C Sasmi.

3. Pabrik Gula Purwodadi Magetan, disulap jadi agrowisata dan edukasi.

bekas pabrik wisata © 2018 brilio.net

foto: infomagetan.com

Bukan hanya Colomadu yang mengubah tampilan jadi lebih menarik. Pabrik Gula Purwodadi Magetan tak kalah cantik dengan mengusung konsep agrowisata dan edukasi. Banyak orang datang untuk mengetahui sejarah dari pabrik gula ini. Selain itu, pengunjung juga bisa mengabadikan momen di kereta api atau lokomotif.

4. Pabrik Gula Madukismo.

bekas pabrik wisata © 2018 brilio.net

foto: agnazgeograph.wordpress.com

Yogyakarta juga memiliki pabrik gula yang mengusung konsep agrowisata, yaitu Madukismo. Pabrik gula ini terletak di Tirtonimolo, Kasihan, Bantul. Pengunjung bisa menaiki kereta zaman dulu yang masih bisa beroperasi di kawasan pabrik. Bangunan tempo dulu begitu kental saat kamu mendatangi Madukismo.

5. Pabrik Gula Gembongan.

bekas pabrik wisata © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@gunturkurniawan_

Tak jauh dari Pabrik Gula Colomadu, ada pabrik serupa yang berubah jadi spot wisata kekinian. Bekas Pabrik Gula Gembongan kini dikenal dengan The Heritage Palace. Spot wisata ini menjadi salah satu wisata favorit di Solo. The Heritage Palace baru dibuka pada Juni lalu.

Bekas pabrik gula ini menyediakan beragam wahana menarik seperti museum 3 dimensi. Bangunan The Heritage Palace ini menyerupai bangunan di Eropa. Aksen klasik dan tempo dulu begitu kental dari bagian depan.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    100%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more