Brilio.net - Imam Al-Ghazali merupakan tokoh terkenal Islam. Dia memiliki nama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali at-Thusi as-Syafi'i. Sosoknya tak hanya dikenal sebagai ulama besar asal Iran, tapi juga sebagai filsuf, dokter, ahli hukum, dan psikolog. Tak heran jika Imam Ghazali adalah orang yang terkemuka hingga saat ini.

Menjadi tokoh besar, membuatnya jadi sosok yang inspiratif bagi banyak kalangan. Begitu juga dengan beragam kata-kata dan ucapan yang telah ia keluarkan. Karena kata-kata bijak bisa hadir dari mana saja. Bisa dari film, buku, idola, dan termasuk dari sosok terkenal seperti Imam Ghazali.  

Kata-kata quote dari Imam Ghazali sangat bijak dan penuh makna. Sangat cocok buat kamu yang sedang mencari motivasi dan semangat hidup. Kamu bisa membacanya kapan saja di waktu senggang. Jangan lupa juga bagikan kepada rekan-rekan lain melalui pesan atau status di media sosial.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (27/2), berikut 40 kata-kata quote Islami Imam Al-Ghazali yang penuh makna.


Kata-kata quote Islami Imam Ghazali paling mengena dan keren.

foto: Instagram/@quotes_sufisme



Setiap orang butuh semangat untuk kembali menjalani hidup. Di kala tak ada orang yang mau mendengarkan keluh kesahmu, kamu bisa mencarinya dari deretan kata-kata ini.

1. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam."
2. " Bersungguh – sungguhlah engkau dalam menuntut ilmu, jauhilah kemalasan dan kebosanan kerana jika tidak demikian engkau akan berada dalam bahaya kesesatan."
3. "Orang munafik mencari-cari kesalahan, sementara orang beriman mencari permintaan maaf."
4. "Hiduplah kamu bersama manusia sebagaimana pohon yang berbuah, mereka melemparinya dengan batu, tetapi ia membalasnya dengan buah."
5. "Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci."
6. "Belum pernah aku berurusan dengan sesuatu yang lebih sulit daripada jiwaku sendiri, yang terkadang membantuku, dan terkadang menentangku."
7. "Untuk kesehatan yang baik, kendalikan makananmu. Untuk jiwa yang baik, kendalikan dosa-dosamu, dan untuk keimanan yang baik, kirimkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW."
8. "Nafsu bisa membuat seorang Raja menjadi Budak. Sementara sabar bisa membuat seorang Budak menjadi Raja."
9. "Jiwa manusia itu seperti cermin yang memantulkan bayangannya. Kebajikan akan membuat jiwa itu bersinar, sementara keburukan akan membuatnya gelap."
10. "Sifat utama pemimpin ialah beradab dan mulia hati."
11. "Barangsiapa yang menghabiskan waktu berjam-jam lamanya untuk mengumpulkan harta karena takut miskin, maka dialah sebenarnya orang yang miskin."
12. "Ciri yang membedakan manusia dan hewan adalah ilmu. Manusia adalah manusia mulia yang mana ia menjadi mulia kerana ilmu, tanpa ilmu mustahil ada kekuatan."
13. "Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad."
14. "Kita tidak dapat mengakui bahawa setiap orang yang mengaku beragama itu pasti mempunyai segala sifat-sifat yang baik."
15. "Pati ilmu yang sebenar ialah mengetahui sedalam-dalamnya apa erti taat dan ibadat."
16. "Doakanlah temanmu, baik selagi hidup maupun sesudah dia meninggal dunia."
17. "Cinta hanyalah istilah belaka."
18. "Kata-kata lembut melunakkan hati yang lebih keras dari batu, kata-kata kasar mengeraskan hati yang lebih lembut dari sutra."
19. "Kebahagiaan adalah ketika seseorang mampu menguasai nafsunya, sementara kesengsaraan adalah ketika seseorang dikuasai oleh nafsunya."
20. "Barangsiapa mengeluhkan karakter buruk orang lain, berarti ia telah mengungkapkan keburukan karakternya sendiri."

2 dari 2 halaman



Kata-kata quote bijak dari Imam Ghazali, bikin harimu tambah bermakna.

foto: Instagram/@s.sukma.w



Sebuah untaian indah bisa kamu ambil dari ucapan Imam Ghazali. Cerna maknanya, ambil positifnya, terapkan pada diri sendiri.

21. "Seorang lelaki yang berakhlak buruk menzalimi dirinya sendiri."
22. "Barangsiapa yang memilih harta dan anak – anaknya daripada apa yang ada di sisi Allah, niscaya ia rugi dan tertipu dengan kerugian yang amat besar."
23. "Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan menambah ke segala hal."
24. "Yakinlah semata- mata dengan memiliki ilmu belum tentu lagi menjamin keselamatan di akhirat kelak."
25. "Lidah yang lepas dan hati yang tertutup dan penuh dengan kelalaian itu alamat kemalangan besar."
26. "Jadikan kematian itu hanya pada badan kerana tempat tinggalmu ialah liang kubur dan penghuni kubur sentiasa menanti kedatanganmu setiap masa."
27. "Jangan biarkan hati Anda mendapatkan kesenangan dengan pujian dari orang lain atau Anda akan sedih dengan kecaman mereka."
28. "Kebahagiaan terletak pada kemenangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan."
29. "Setengah tak percaya pada Tuhan di dunia ini disebabkan oleh orang-orang yang membuat tampilan jelek pada agamanya karena perilaku buruk dan kebodohan mereka."
30. "Carilah teman untuk menenangkan hati dan pikiran, maka perhatikanlah baik-baik tentang keselamatanmu dan kesejahteraannya."
31. "Berpikirlah selalu tentang nikmat nikmat dan keagunga-Nya."
32. "Bersikaplah sopan santun, ramah tamah dan merendah diri terhadap."
33. "Bersikaplah lemah lembut dan sopan santun dengan menundukkan kepala."
34. "Cinta merupakan sumber kebahagiaan dan cinta terhadap Allah harus dipelihara dan dipupuk, suburkan dengan shalat serta ibadah yang lainnya."
35. "Korupsi agama berasal dari mengubahnya ke kata-kata belaka dan penampilan."
36. "Jangan berteman dengan teman yang hanya ada ketika sehat atau kaya, kerana teman seperti itu sungguh berbahaya sekali bagi kamu di belakang hari."
37. "Jika melihat orang jahat, jangan anggap kita lebih mulia kerana mungkin satu hari nanti dia akan insaf dan bertaubat atas kesalahannya."
38. "Pilih kawan yang berakal jangan pilih kawan yang bodoh kerana akan menjadi musuh dan menyakitkan hati."
39. "Pengetahuan tanpa tindakan adalah sia-sia, dan tindakan tanpa pengetahuan adalah kegilaan."
40. "Maafkanlah temanmu yang sedang berbuat kesalahan dan jangan sekali-sekali mencelanya."