×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Jalur pendakian gunung di Indonesia dikenal paling ekstrem

View Image

0

BRILIO » Wow

4 Jalur pendakian gunung di Indonesia dikenal paling ekstrem

Ilustrasi: unsplash

Mengetahui medan lokasi pendakian jadi pengetahuan yang wajib dimiliki para pendaki.

09 / 07 / 2019 21:30

Brilio.net - Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi laut juga pegunungan, termasuk gunung berapi aktif. Tentunya keindahan alam tersebut menjadi kelebihan tersendiri bagi penjelajah alam. Pasalnya, tak hanya memiliki kawasan yang indah saja, Indonesia juga memiliki jalur penjelajahan yang menakjubkan.

Dari sejumlah gunung yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya mempunyai jalur pendakian yang ekstrem. Pendaki akan sedikit dibuat kewalahan karena harus melewati jalanan terjal dan melewati jurang-jurang untuk bisa mencapai puncak gunung.

Gunung mana saja yang dikenal memiliki jalur pendakian ekstrem di Indonesia? Berikut ini beberapa gunung di Indonesia yang punya jalur ekstrem dilansir brilio.net dari merdeka.com, Selasa (9/7).

1. Gunung Raung.

Instagram/@tryanha © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@tryanha

Salah satu gunung yang memiliki jalur pendakian ekstrem adalah Gunung Raung. Lokasinya berada di Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Jika ingin mencapai puncak, pendaki harus melewati jurang yang dalam dan tebing curam. Tak hanya itu, pendaki juga harus menyebrang dari tebing satu ke tebing lainnya. Yang membuat jantung pendaki deg-degan saat mendaki tebing dengan seutas tali hanya untuk mencapai puncak.

Bagi pemula ini akan sangat menakutkan dan tentunya dibutuhkan kehati-hatian ekstra.  Namun bagi yang senang dengan petualangan, hal itu menjadi sebuah tantangan yang perlu ditaklukkan.

2. Gunung Cartenz Pyramid.

Instagram/@aguseven © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@aguseven

Gunung Cartenz Pyramid juga memiliki jalur pendakian yang cukup ekstrem. Gunung ini dikenal ekstrem lantaran dipenuhi batuan tebing terjal. Cuaca di pegunungan juga cukup ekstrem. Saking ekstremnya, beberapa pendaki menjadi korban dalam pendakian Cartenz. Oleh sebab itu, jika berencana mendaki puncak Cartenz di Papua harus melakukan berbagai persiapan yang matang.

3. Gunung Arjuno.

Instagram/@rickycungkring90  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@rickycungkring90

Gunung Arjuno di Malang, Jawa Timur menjadi salah satu gunung yang memiliki jalur pendakian cukup ekstrem. Hal ini dikarenakan Gunung Arjuno terdapat banyak jurang atau tebing curam, tapi terdapat di hutan Lali Jiwo. Hutan ini dikelilingi pohon pinus dan cemara yang sangat besar.

Banyak kabar yang beredar bahwa Gunung Arjuno kerap membuat para pendaki tersesat. Yang paling mengejutkan bikin pendaki lupa dengan segalanya, bahkan diri sendiri. Jalur itu, bagian paling ekstrem menjadi daya tarik Gunung Arjuno.

4. Gunung Leuser.

Instagram/@rickycungkring90  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@muhammadxianhan

Tak jauh berbeda dengan Gunung Arjuno, Gunung Leuser juga memiliki jalur pendakian ekstrem. Gunung Leuser terletak di Aceh dengan hamparan hutan yang masih alami. Hutan tersebut masih menjadi habitat bagi binatang-binatang buas. Perlu kewaspadaan agar terhindar dari binatang buas saat mendaki.

Sama dengan melewati jurang dalam, bertemu binatang buat juga bikin jantung berdebar. Oleh karena itu hutan ini salah satu sisi ekstrem Gunung Leuser.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more