Brilio.net - Munculnya pandemi corona, memaksa masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan new normal. Menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan jadi rutinitas yang wajib dilakukan dalam keseharian.

Masker sebagai barang penting pada masa new normal mulai dimodifikasi menjadi beragam jenis menyesuaikan keinginan setiap kalangan. Bahkan kini masker sudah dianggap sebagai penunjang fashion harian.

Namun, saat mengenakan masker juga banyak yang harus perhatikan. Pasalnya bila salah penggunaan, bisa menimbulkan jerawat pada wajah.

Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of American Academy of Dermatology, dilaporkan setidaknya 83 persen pekerja kesehatan di Hubei, China, menderita masalah kulit pada wajah akibat memakai masker terlalu lama dan terlalu ketat.

Dilansir brillio.net dari New York Times, seorang dermatologis Amerika Serikat bernama Dr. Whitney Bowe, mengatakan masker dapat memperburuk masalah pada wajah yang sebenarnya sudah ada. Ada beberapa tips untuk mencegah jerawat saat menggunakan masker dalam keseharian new normal.

Loading...

1. Memilih bahan masker yang benar

Asisten profesor dermatologi di Sekolah Kedokteran Lewis Katz di Universitas Temple, Dr. Candrice Heath, memganjurkan menggunakan masker wajah yang terbuat 100 persen terbuat dari katun agar kulit bisa bernapas. Kamu juga harus menyiapkan masker cadangan untuk setidaknya mengganti jika sudah lama digunakan.

"Kamu perlu memperlakukannya seperti pakaian dalam dan sering-sering mencucinya," ujarnya dilansir brilio.net dari New York Times, Jumat (19/6).

2. Tetap lakukan perawatan wajah

Saat menggunakan masker kamu wajib menggunakan skin care untuk melindungi kulit wajah namun tidak berlebihan. Cukup menggunakan pembersih wajah seperti sabun yang lembut, serta pelembab yang bebas pewangi.

3. Hindari penggunaan makeup

Jika Wajah kamu berkeringat saat pakai masker, disarankan untuk tidak menggunakan make up. Cukup gunakan pelembab dan tabir surya. Jika tetap kamu lakukan, akan timbul jerawat yang nantinya terasa tidak nyaman di kulit wajah.