Brilio.net - Bernostalgia dengan masa lalu memang menyenangkan. Tak terkecuali dengan melihat foto-foto Indonesia di era penjajahan Belanda. Kota Semarang adalah salah satu saksi bisu yang menyimpan banyak cerita di masa itu.

Kebanyakan foto zaman penjajahan diunggah tanpa warna alias hitam putih saja.Berikut ini brilio.net rangkum dari akun Semarang Tempo Dulu, Selasa (9/2), 20 foto hitam-putih yang diwarnai ulang menggunakan perangkat lunak, agar gambar bisa lebih bercerita, dijamin nggak bakal bosan melihatnya.


1. Gedung Samarang-Joana Stoomtrammaatschappij (S.J.S.).


Gedung ini masih berdiri kokoh walaupun ada bagian yang mulai lapuk karena banjir besar dan sebagian besar gedung lain yang ada di depo SJS hancur tak berbekas.

SJS adalah perusahaan kereta api swasta yang melayani transportasi kereta api jalur Semarang-Demak-Kudus-Pati-Juana PP. Depo kereta ini berada di Semarang Timur, sedangkan kantor administrasinya di jl MH Thamrin yang sekarang jadi Kantor PT KAI.

2. Kantor S.J.S


Kantor SJS sekarang menjadi kantor Kadaop IV PT KAI Semarang

3. Pasar Johar in 1938


Pasar Johar merupakan pasar legendaris di Semarang. Sayangnya pasar yang menjadi sentra ekonomo Semarang ini nyaris ludes terbakar pada 9 Mei 2015 lalu.

4. Pasukan Belanda

Prajurit Belanda berpose di depan pasar Johar ditahun 1947. Lihatlah pakaian anak-anak era tersebut.

5. Gedung Mega Eltra


Gedung Mega Eltra begitu disebutkan, dibangun sekitar tahun 1897. Penghuni gedung ini dulunya NV. Lindeteves yang menyediakan kelistrikan di wilayah pelabuhan Semarang. Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini dikenal dengan nama Semarang Kikei Sesaku Syo.

Mega Eltra adalah perusahaan Belanda di bidang listrik, mesin, dan peralatan teknik. Perusahaan ini eksis sejak tahun 1930, dikenal dengan nama Electro Import NV . Mega Eltra merupakan anak perusahaan Jacobson Vanden Berg & Co, sebuah perusahaan Belanda yang pada zamannya dikenal dalam kelompok perusahaan “The Big Five”.

6. Pemakaman Tionghoa


Gerbang pemakaman Tionghoa sangat kental dengan nuansa Tiongkok

7. Laskar Pemuda


Laskar Muda yang melakukan pengejaran terhadap pengikut Partai Komunis Indonesia di lereng Merapi, November 1965.

8. Gedung Angakatan Darat


Gedung Angkatan Darat Diponegoro sekarang menjadi Museum Mandala Bakti Semarang. Museum yang terletak di bundaran Tugu Muda ini pada zaman Hindia Belanda sempat menjadi gedung Pengadilan Rakyat.

2 dari 2 halaman


9. Pasar Johar


Aktivitas kehidupan pasar Johar zaman dulu.

10. Penjual minuman keliling


Penjual minuman keliling ditahun 1926-1932 dengan cara dipanggul serta pedagangnya yang selalu bertopi.

11.  Dolanan zaman dulu


Dolanan zaman Dulu, sekarang sudah hilang, selain lingkungan yang tidak mendukung juga gadget yang begitu besar pengaruhnya.

12. Rumah rakyat Indonesia


Rumah tinggal di daerah Widoardjo Semarang tahun 1900 -1940.

13. Kereta zaman dulu


Persimpangan Mangkang yang dilalui oleh kereta milik SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij ) tahun 1898-1900.

14. Wilayah perbatasan


Jenderal Kruls melakukan inspeksi ke Garis Demarkasi, yaitu garis pemisah yang ditentukan dalam perundingan gencatan senjata oleh pihak yang berperan di kawasan Semarang. Sejak 10 Februari 1946 telah terjadi perundingan antara Indonesia-Belanda.

15. Pelukis payung


Rakyat Indonesia yang menjadi pelukis payung tradisional pada tahun 1945.