Brilio.net - Kamu pasti sering mendengar pepatah, "Roda selalu berputar". Pepatah ini diartikan sebagai hidup yang selalu berubah. Kadangkala, hidupmu akan di atas yang artinya serba berkecukupan, namun ada kalanya hidupmu berada di bawah yang artinya serba kekurangan.

Karena roda kehidupan selalu berputar, sering kali seseorang merasa putus asa. Terutama ketika ia merasa tak kunjung mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Sebagai manusia, perasaan sedih saat menghadapi kondisi susah tentu sangat wajar.

Namun, sedih berkepanjangan juga tak baik bagi kesehatan mental. Bukan menyelesaikan masalah, justru kamu bisa tambah stres dengan kondisi yang sedang kamu alami.

Dengan begitu, kamu harus memahami arti roda kehidupan. Supaya hidupmu tidak terlalu jatuh ketika roda kehidupanmu bergerak ke bawah, maka kamu harus menjaga agar tetap berada di tengah. Yang artinya, tidak berada di atas namun tidak berada di bawah juga, seimbang.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah untuk menyeimbangkan kehidupan, kamu perlu mensyukuri setiap nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan padamu. Kata-kata bijak roda kehidupan membantumu mengingat apa saja yang perlu disyukuri, dan apa saja yang tak perlu disesali. Kamu harus tangguh menghadapi cobaan hidup yang datang silih berganti. Berikut kata-kata bijak roda kehidupan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (14/10)

1. "Hidup ini seperti roda pedati, kadang di atas, kadang di bawah."

2. "Hidup seperti roda yang berputar. Ada kalanya kita di atas. Saat kita berada di posisi atas, kita memang bisa melakukan apa saja sesuka hati. Tapi kita harus ingat, di lain waktu bisa jadi kita berada di bawah. Posisi bawah itu pasti tidak enak, apalagi untuk orang-orang sombong. Itulah sebabnya, kita harus selalu berbuat baik agar posisi kita selalu baik di dunia ini."

3. "Waktu seperti roda yang permukaannya kasar, menggelinding di tempat yang juga tak rata. Terasa lambat dan tak menyenangkan, namun tahu-tahu, sudah terlewat begitu saja."

4. "Tapi inilah ibukota. Dan di sinilah roda-roda penggerak terbesar berputar, termasuk perusahaan market leader tempatnya berkarier."

5. "Kehidupan itu seperti roda yang berputar."

6. "Ternyata memang benar, dunia ini seperti roda yang berputar.kadang ada di atas, kadang di bawah."

7. "Kata orang hidup itu berputar seperti roda kendaraan. Kadang di atas, kadang di bawah. Kadang malah macet atau patah as-nya. Maknanya, konon tiada yang abadi dalam hidup. Bisa saja yang hari ini berlimpah ruah harta atau berbahagia, keesokan harinya jatuh miskin atau menderita. Yang sekarang sehat mungkin besok sakit. Yang sekarang hidup, sedetik kemudian bisa saja nanti."

8. "Kita harus tetap kuat dalam menjalani kehidupan. Sebesar apa pun hal yang menyakitkan menimpa kita. Seberapa pun kehilangan mencoba membunuh semangat kita. Hidup itu seperti roda, selalu berputar dan nggak pernah diam di satu titik aja. Akan ada yang pergi lalu datang mengganti. Ada masa kita bisa tertawa, dan kemudian menangis. Hidup tetap berjalan."

9. "Hidup macam roda yang tak pernah berhenti berputar."

10. "Tak peduli bagaimana kerasnya kehidupanmu di masa lalu, kamu selalu bisa memulainya lagi." -Buddha.

11. "Sepuluh persen dari hidup ini adalah tentang apa yang terjadi pada dirimu. Dan 90 persen sisanya adalah tentang bagaimana caramu bereaksi terhadapnya." -Charles R. Swindoll.

12. "Dia yang mampu menguasai orang lain memang kuat. Tapi dia yang mampu menguasai dirinya sendiri, itulah yang lebih dahsyat." -Lao Tzu.

13. "Sebelum bisa berteman dengan orang lain, pertama-tama kau harus bisa berteman dengan dirimu sendiri." -Stephen Richards.

14. "Rahasia untuk menjadi terdepan adalah dengan memulainya." -Mark Twain.

15. "Jangan lelah mencoba. Tidak ada jaminan kesuksesan, tetapi memilih untuk tidak mencoba adalah jaminan kegagalan."

16. "Jangan katakan tidak mungkin tapi katakan bagaimana caranya."

17. "Menunggu tidak selalu tepat, harus berani wujudkan mimpi.

18. "Buka dirimu pada ketakutan terdalammu. Setelah itu, rasa takutmu tidak akan memiliki kekuatan." - Jim Morrison

19. "Jika kamu tidak menyerah, kamu masih memiliki kesempatan. Menyerah adalah kegagalan terbesar."

20. "Jangan berduka, apapun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaluddin Rumi

21. "Setiap perjalanan akan ada ujian yang memiliki dua pilihan, terus berjalan dan berhasil atau berhenti dan gagal."

22. "Apapun kejutan yang hidup bawa, tetaplah percaya bahwa kelak seluruh duka terganti oleh suka. Seluruh air mata akan terganti dengan tawa."

23. "Bumi itu bulat. Beth percaya, roda memang berputar. Dan pada akhirnya setiap manusia menuai apa yang mereka tabur."

24. "Hidup itu memang bagai roda yang berputar. Satu saat berada di bawah, kemudian akan berputar ke bawah."

25. "Seperti marmut yang tidak tahu kapan harus berhenti berlari di roda yang berputar." - Raditya Dika

26. "Roda kehidupan dunia berputar, mewarnai nasib manusia." - Rhoma Irama

27. "Jika kita ibaratkan, maka peradaban manusia persis seperti roda. Terus berputar. Naik-turun. Mengikuti siklusnya." - Tere Liye

28. "Siapa saja yang menggunakan tangannya untuk menghentikan roda sejarah, jari-jemarinya akan hancur." - Lech Walesa

29. "Sakit adalah sakit. Rusak adalah rusak. Ketakutan adalah ketidakmampuan terbesar. Dan akan melumpuhkan Anda lebih dari Anda berada di kursi roda." - Nick Vujicic

30. "Kelemahan dari keartisan saya adalah saya tidak bisa pergi ke mana pun di dunia tanpa dikenali. Tidak cukup bagi saya untuk memakai kacamata hitam dan wig. Kursi roda memberi saya kesempatan." - Stephen Hawking

Kata-kata bijak roda kehidupan penuh makna.

Kata-kata bijak roda kehidupan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

31. "Semua kehidupan adalah eksperimen. Makin banyak eksperimen yang kamu buat, makin baik." - Ralph Waldo Emerson

32. "Teman baik, buku bagus, dan hati nurani yang mengantuk: inilah kehidupan yang ideal." - Mark Twain

33. "Beri nilai dari usahanya, jangan dari hasilnya. Baru kita bisa menilai kehidupan." - Albert Einstein

34. "Kadang-kadang langit bisa kelihatan seperti lembar kosong. Padahal sebenarnya tidak. Bintang kamu tetap di sana. Bumi hanya sedang berputar." - Dee Lestari

35. "Sukses adalah wujud kesempurnaan hidup." - Dee Lestari

36. "Hidup itu sangat sederhana, tapi kami bersikeras untuk membuatnya menjadi rumit." - Confusius

37. "Hidup adalah sepuluh persen yang terjadi padamu dan sembilan puluh persen bagaimana kamu menanggapinya.”- Lou Holtz

38. "Tak ada batasan dalam hidup, kecuali yang kau buat sendiri." - Les Brown

39. "Orang yang tak pernah membuat kesalahan adalah orang yang tidak pernah berbuat apa-apa." - Norman Edwin

40. "Tindakan adalah kunci dasar untuk semua kesuksesan."

41. "Segala yang dapat kamu bayangkan adalah nyata." - Pablo Picasso

42. "Angkat dagumu nak. Kamu lebih terhormat dari siapapun yang mengatakan kebohongan." - Alice Walker

43. "Jangan cemas tentang penilaian manusia, sungguh Allah begitu mengetahui apa yang ada di hatimu, bahkan satu langkah yang kau gunakan untuk menuju taat kepadanya."

44. "Jangan lemah, hidup sedang mengajarimu bagaimana bertahan dengan baik. Ketika kamu jatuh, bangunlah untuk memegang impianmu kembali. Ketika kamu ragu, kuatkan doamu karena saat itu hanya rasa percaya kepada Tuhan yang mampu menghilangkan ragumu terhadap apa yang kamu ragukan itu."

45. "Bersikap dewasa artinya mau belajar, tidak meninggikan ego, mampu bertanggung jawab atas tindakannya sendiri, serta peduli terhadap orang lain dan lingkungan."

46. "Jika kamu tidak dapat melakukan hal-hal besar, lakukanlah hal-hal kecil dengan cara yang hebat."

47. "Hari-harimu yang panjang, mungkin tak selalu seperti yang kamu harapkan. Memang, akan ada waktu dimana ranting patah, untuk kemudian tumbuh kembali."

48. "Dalam hidup memang tidak selalu mendapatkan apa yang diinginkan, tapi pasti dalam hidup akan merasakan apa yang diinterpretasikan."

49. "Diri adalah cerminan hidup. Semakin keras bola yang dilempar ke dinding, akan semakin keras pantulannya ke wajah, begitu sebaliknya, semakin pelan dan lembut bola yang dilempar maka makin lembut pula pantulan bolanya."

50. "Tidak ada perjuangan tanpa rasa sakit, tapi percayalah sakitnya sementara dan bahagia akan terasa selamanya."

51. "Ciri optimis dan pesimis kalau optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan, dan pesimis selalu melihat kesulitan dalam setiap kesempatan."

52. "Kesenangan hilang, - pergi ke mana roda pemintal hilang, dan kuda pengangkut, dan kereta lambat, dan penjaja, yang membawa barang murah ke pintu pada sore yang cerah." - George Eliot

53. "Roda kehidupan memang berputar dengan aneh, membawa manusia masuk ke banyak skenario yang satu sama lain tampak bertentangan." - Clio Freya

54. "Roda yang berderit paling keras adalah yang mendapat pelumas." - Josh Billings

55. "Sangat menghangatkan hati melihat pakaian saya dipasang pada orang-orang di kursi roda dan orang-orang yang membutuhkan dukungan fisik." - Betsey Johnson

56. "Tidak ada bayangan perlindungan yang bisa didapat dengan berlindung di balik spekulasi visioner yang sempit, atau dengan bersembunyi di balik roda gerobak teori pasifik." - Madame Chiang Kai Shek

57. "Turunkan jendela dan biarkan angin bertiup ke belakang rambut Anda. Saat malam semakin terbuka, kedua jalur ini akan membawa kita kemana saja. Kita punya satu kesempatan terakhir untuk mewujudkannya, untuk menukar sayap ini dengan beberapa roda. Naik ke belakang, surga menunggu di rel." - Bruce Springsteen

58. "Tapi, pikiran itu satu hal, sementara perbuatan adalah hal lain, dan pikiran tentang perbuatan adalah hal lainnya lagi. Roda sebab-akibat tidak berputar di antara mereka." - Friedrich Nietzsche

59. "Terkadang kita diuji bukan untuk menunjukkan kelemahan kita, tetapi untuk menemukan kekuatan kita."

60. "Jangan takut kalau hidupmu akan berakhir; takutlah kalau hidupmu tak pernah dimulai." - Grace Hansen

Kata-kata bijak roda kehidupan tentang cinta.

Kata-kata bijak roda kehidupan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

61. "Suatu hal yang sia-sia jika menyesali masa lalu, sebaiknya sesalilah apa yang tak akan mampu kamu lakukan di masa depan."

62. "Ketika kamu berada pada titik yang sangat rapuh, maka mintalah kekuatan hanya pada-Nya."

63. "Jangan pernah merasa sepi tau bahkan sendiri, karena sejatinya kita tidak benar-benar sendiri. Masih ada Tuhan yang menemani kita."

64. "Suatu hal yang patut menjadi kebanggaan adalah ketika seseorang memutuskan untuk menjadi dirinya sendiri."

65. "Agar masa depanmu lebih baik maka berusahalah mulai dari sekarang."

66. "Jangan pernah berusaha untuk memperbaiki apa yang membuatmu menyesal di masa lalu untuk diulang kembali, jangan menghadap ke belakang agar hidupmu tak patah."

67. "Cinta ialah sebuah pupuk yang dapat menyuburkan segala rasa tandus pada hati."

68. "Ketika aku menangis, janganlah bertanya apa yang sedang kutangisi. Cukup dekap aku di pelukanmu supaya aku dapat merasakan betapa besar cintamu padaku".

69. "Cinta mungkin terkadang membuatmu rapuh, tetapi berterima kasihlah kepadanya, karena cinta darinya bisa membuatmu lebih kuat dari sebelumnya."

70. "Janganlah pernah membuat seseorang menjadi jatuh cinta padamu, namun dirimu sendiri masih belum bisa memberikan hatimu padanya seutuhnya. Karena cinta sepihak itu sangat pedih."

71. "Hanya kepada ketulusan, kita akan mampu belajar makna dari sebuah keikhlasan dalam kehidupan."

72. "Ketulusan yang berasal dari dalam hati adalah sebuah permata yang bersinar dari dalam hatimu."

73. "Ketulusan cinta dan kasih sayang tidak dapat dilihat atau didengar, tetapi hanya bisa dirasakan dengan hati."

74. "Jatuh cinta adalah jatuh yang paling menghangatkan dalam hidup."

75. "Berbahagialah ketika kamu jatuh cinta. Karena di situlah kamu akan memberikan yang terbaik dalam hidupmu."

76. "Jika kamu mencintai dua orang dalam waktu yang sama, maka pilihlah orang kedua karena jika kamu benar-benar mencintai orang yang pertama, kamu tidak mungkin jatuh cinta pada orang kedua."

77. "Jika kamu mencintai seseorang, bebaskanlah mereka. Jika mereka kembali maka ia milikmu. Jika tidak, tinggalkanlah."

78. "Untuk bisa bahagia sendiri, kita harus membuat setidaknya satu orang bahagia."

79. "Kebahagiaan terbesar dalam hidup adalah keyakinan bahwa kita dicintai; dicintai untuk diri kita sendiri, atau lebih tepatnya, dicintai terlepas dari diri kita sendiri."

80. "Bukan kemewahan yang akan membuatmu bahagia. Tapi kesederhanaan yang akan membuatmu tampak istimewa."

Kata-kata bijak roda kehidupan bikin semangat.

Kata-kata bijak roda kehidupan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

81. "Orang yang benar-benar hebat adalah orang yang membuat setiap orang merasa hebat." - G. K. Chesterton

82. "Sukses adalah seberapa tinggi kamu bangkit kembali setelah kamu mencapai titik terendah." - General George Patton

83. "Jangan pernah menyerah! Kegagalan dan penolakan hanyalah langkah pertama menuju kesuksesan." - Jim Valvano

84. "Tidak apa-apa untuk merayakan kesuksesan, tetapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran dari kegagalan." - Bill Gates

85. "Penghargaan paling tinggi bagi seorang pekerja keras bukanlah apa yang dia peroleh dari pekerjaan itu, tapi seberapa berkembang ia dengan kerja kerasnya itu." - John Ruskin

86. "Kamu hanya hidup sekali, tetapi jika kamu melakukannya dengan benar, sekali saja sudah cukup." - Mae West

87. "Hidup tidak memiliki batasan, kecuali yang kamu buat." - Les Brown

88. "Waktu dan kondisi berubah begitu cepat sehingga kita harus menjaga tujuan kita agar terus fokus pada masa depan." - Walt Disney

89. "Pertama, berpikirlah. Yang kedua, percayalah. Yang ketiga, mimpikanlah. Lalu yang terakhir, tantanglah." - Walt Disney

90. "Jiwa yang bahagia adalah pelindung terbaik untuk dunia yang kejam." - Atticus

91. "Kalau kamu mau jadi bahagia, bahagialah." - Leo Tolstoy23.

92. "Kamu tidak akan pernah menjadi pecundang sampai kamu berhenti mencoba." - Mike Ditka

93. "Kamu tidak akan pernah bisa kehabisan kreativitas. Semakin kamu menggunakannya, semakin banyak yang kamu miliki." - Maya Angelou

94. "Meskipun kamu merasa sedih, jangan pernah putus asa. Dan meskipun kamu terjatuh, jangan pernah hancur." - Tablo

95. "Lebih indah hidup sederhana tapi apa adanya, daripada hidup mewah dengan hutang di mana-mana."

96. “Jika kehidupan membuat diri menangis, ingat ada ribuan kenangan indah yang membuat kita tersenyum.”

97. “Jangan mau menjadi katak yang hanya dalam tempurung, takut dan tidak mau menunjukkan dirinya.”

98. “Hilangkan egomu. Karena hidup tak hanya tentang kebahagiaanmu sendiri, namun tentang berbagi kebahagiaanmu bersama orang lain.”

99. “Uang memang tak menjamin kebahagian seseorang. Tapi kalau tak punya uang, kebahagiaanmu lebih tak terjamin lagi.”

100. “Masalah itu mendewasakan.”

101. "Sukses menjadikan kamu dikenal orang dan mendatangkan banyak teman, sedangkan kegagalan menjadikan kamu lebih bisa mengenal diri sendiri dan mengetahui siapa saja teman sejati kamu."

102. "Tidak ada rumus kecuali kamu harus berhasil. Harus sukses. Kalau kita gagal, kita siap bangkit lagi. Kalau kita patah, kita akan bangkit lagi."

103. "Sadarlah bahwa Tuhan mengujimu karena Dia percaya dirimu lebih kuat dari yang kau duga. Bangkit. Hidup tak akan menunggu."

104. "Di balik kegagalan terdapat dua keuntungan, yakni keuntungan untuk belajar menemukan cara lain dan keuntungan untuk memperkuat mental."

105. "Mampu menerima hasil perjuangan apa adanya adalah bijaksana, tetapi mau tetap bangkit dengan apa adanya kita hari ini adalah luar biasa."

(brl/pep)