Brilio.net - Melupakan masa lalu memang tidak mudah, tapi penting dilakukan untuk bisa maju. Ingatlah, bahwa masa lalu cuma bagian dari perjalanan hidupmu, bukan seluruhnya.

Setiap orang punya masa lalu yang mungkin menyakitkan atau penuh kesalahan. Terimalah bahwa kamu manusia yang berharga dan berhak bahagia meskipun punya masa lalu yang tidak sempurna.

Selain itu, fokuslah pada masa depan dan buatlah rencana untuk mencapai impianmu. Dengan fokus ke depan, kamu bisa membangun hidup yang lebih baik tanpa terbebani oleh masa lalu.

Terakhir, berdamailah dengan dirimu sendiri dan beri dirimu waktu untuk menyembuhkan luka-luka yang ada. Semua orang pantas mendapat kesempatan untuk memulai kembali dan hidup dengan bahagia.

Segala yang sudah berlalu biarlah berlalu. Kamu bisa menguatkan dirimu dengan kata-kata mutiara untuk melupakan masa lalu. Kata-kata ini adalah ungkapan atau nasihat bijak yang membantu kamu untuk melepaskan diri dari kenangan buruk atau pengalaman yang menyakitkan di masa lalu.

Kata-kata ini seringkali memberikan inspirasi dan motivasi untuk melangkah maju dan tidak terjebak dalam masa lalu yang menyedihkan. Mereka bisa berupa kutipan dari tokoh terkenal, pepatah, atau kata-kata penyemangat yang memberikan dorongan positif.

Nah, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (21/2), Ini dia 175 kata-kata mutiara untuk melupakan masa lalu, penuh inspirasi agar cepat move on

Kata-kata mutiara untuk melupakan masa lalu, penuh makna

1. "Tidak perlu berusaha untuk melupakan, kenangan punya cara sendiri untuk menghilang." - Mario Teguh

2. "Tidak mungkin untuk melepaskan masa lalumu yang menyedihkan. Tapi kamu punya pilihan untuk terus berbenah dan menjadi diri sendiri yang lebih baik di masa depan."

3. "Masa lalu itu adalah hal di mana kita bisa kembali atau hal di mana kita bisa melupakan."

4. "Melupakan adalah keterpaksaan yang harus dilakukan demi diri kita."

5. "Jika kita merelakan suatu kesalahan, kita otomatis memaafkan dan menetralisir nuansa kesalahan tersebut dalam ingatan."

6. "Semakin kamu berusaha melupakannya, semakin ia hadir dalam pikiranmu. Berhentilah meupakan, mulailah menerima kenyataan. Sudah saatnya kamu berdamai dengan takdir demi kebaikan hatimu."

7. "Jika kamu ingin terbang tinggi, lepaskan semua hal yang selama ini membebani. Maafkan semua orang, maafkan masa lalumu, kamu berhak bahagia hari ini dan terbanglah tinggi."

8. "Benar bahwa tak baik untuk terus melihat apa yang sudah kita tinggalkan di belakang sana. Tetapi bagiku, tidak baik juga untuk melupakan semua yang sudah mendewasakan kita di sepanjang perjalanan yang telah kita lalui." - Canola Meadow

9. "Kau harus tahu, lupa adalah lahan subur kenangan-kenangan. Biarkan ia mengalir seumpama sungai. Saatnya akan tiba, kau akan betul-betul lupa." - Aan Mansyur

10. "Kenapa selalu mengingat apa yang hilang, tapi tidak melihat apa yang ada. Kenapa meratapi apa yang tidak dimiliki, sedangkan kamu bisa mensyukuri apa yang kamu punya."

11. "Masa lalu itu adalah masa yang telah berlalu. Seperti namanya, telah lalu, maka ia pantasnya di belakang. Jangan menjadikannya di depan."

12. "Kalau kita jadikan masa lalu di depan, maka kita yang akan di belakang. Artinya, kalau kita terus hidup dalam masa lalu, mengingat kenangan lama, kita tidak akan bisa melangkah maju. Hidup kita terus terkurung dalam masa itu."

13. "Biarkan masa lalu di tempatnya, belakang. Biarkan di sana, jangan dikenang lagi. Segala apa pun yang terjadi dulu, maafkanlah. Lupakan semuanya."

14. "Sudah saatnya menjadi pribadi yang baru. Pribadi yang menatap gagah masa depan dan memaafkan masa lalu."

15. "Kaburnya ingatan adalah tarikan napas singkat dalam usaha untuk melupa."

16. "Saat memutuskan pergi, jangan menoleh ke belakang. Fokus ke depan supaya tidak tersandung dan jatuh pada lubang yang sama."

17. "Melupakan berarti mengingat tanpa merasa sakit lagi."

18. "Kenangan tercipta tanpa kebetulan. Kenangan tercipta tanpa paksaan. Kenangan itu muncul dengan sendirinya yang akan selalu diingat tentang perjalanan hidup yang akan menjadi pembelajaran."

19. "Berhentilah menangisi apa yang tidak kamu miliki, tapi tersenyumlah untuk apa yang kamu miliki."

20. "Hiduplah dengan penuh semangat, jangan biarkan masa lalu menjadi beban."21. "Biarkan masa depan menjadi dorongan untukmu. Setiap orang menempa takdirnya sendiri-sendiri."

22. "Menarilah bersama temanmu dan tertawalah bersama mereka karena adanya mereka bisa membantumu melupakan masa lalu."

23. "Setidaknya melupakan merupakan kebajikan yang bijak daripada mencoba untuk meluapkan."

24. "Salah satu orang yang berbahagia adalah yang bisa melupakan dan berdamai dengan masa lalunya."

25. "Jangan pernah mengungkit masa lalu orang lain karena kita tidak pernah tahu seberapa keras ia berjuang untuk lepas dari masa lalunya." - Umar bin Khattab

26. "Rasa sakit membuatmu lebih kuat, air matamu membuatmu lebih berani, dan pengalaman pahit membuatmu lebih bijak."

27. "Berterimakasihlah pada masa lalumu untuk masa depan yang lebih baik."

28. "Cara terbaik untuk melupakan masa lalu adalah bukan dengan menghindari atau menyesalinya. Namun dengan menerima dan memaafkannya."

29. "Aku tak akan melupakan masa lalu, sepahit, dan segetir apa pun itu. Dari masa lalulah seharusnya beajar agar semua hal yang dilakukan saat ini jauh lebih baik."

30. "Kamu tidak akan bisa kembali ke masa lalu dan memperbaiki pangkalnya. Tapi kamu bisa mulai berubah dari sekarang dan mengubah ujungnya." - CS Lewis

31. "Seiring kita mengekspresikan rasa syukur kita, kita tidak boleh melupakan bahwa apresiasi terbesar tidak tergambar lewat kata-kata, tapi hidup di dalamnya." - John F Kennedy

32. "Masa lalu bukan untuk diratapi terus, masa lalu ada untuk kita jadikan pelajaran berharga."

33. "Masa depan akan menjadi jelas manakala masa kini mulai ditata dengan baik."

34. "Masa lalu dapat dijadikan pelajaran manakala kita bisa selalu dalam kondisi tenang."

35. "Sebaik apapun masa lalumu, dia telah terkunci rapat dan pergi meninggalkanmu."

36. "Seburuk apapun masa lalumu, sesungguhnya saat ini kau adalah kanvas putih yang kosong."

37. "Masa lalu itu sakit, sedangkan bahagiamu ada di hari ini dan hari-hari kemudian. Mari kita menggapai bahagia."

38. "Anda tidak akan bisa melupakan masa lalu karena Anda harus ingat dulu apa yang harus Anda lupakan."

39. "Otak diciptakan untuk mengingat, bukan melupakan. Ciptakan kenangan baru untuk melupakan kenangan masa lalu."

40. "Bukan menyukai, tapi membutuhkan. Ada orang-orang yang kurasa memilih kesibukan untuk melupakan kesedihannya."

41. "Terkadang memang harus ada lembaran yang disobek, kita lepas dari buku. Lembaran yang dirasa lusuh dan tidak baik jika dibiarkan masih ada, hal tu agar buku kita tetap terlihat baik kembali."

42. "Dengan terus melangkah, cepat atau lambat, semua beban kenangan akan tertinggal di belakang." - Tere Liye