Brilio.net - Setiap orang tentu memiliki masa lalu, baik masa lalu yang indah maupun menyakitkan. Masa lalu ini bisa menjadi kenangan yang sangat membekas bagi seseorang dan sulit untuk dilupakan.

Jika kamu memiliki masa lalu yang indah, namun sudah tidak berada pada momen atau bersama orang yang mendampingimu saat itu, pasti kamu akan sulit melupakannya. Begitu pun pada masa lalu yang kelam, hal ini akan sangat membekas dalam ingatan, bahkan bisa terus muncul dalam mimpi atau keseharianmu.

Meskipun masa lalu sulit untuk dilupakan, kamu harus tetap fokus menjalani hidup di masa sekarang dan berusaha memperbaiki diri agar memiliki masa depan yang cerah. Supaya bisa lebih berdamai dengan masa lalu, kamu dapat membaca kata-kata mutiara untuk melupakan masa lalu.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/11), inilah kata-kata mutiara untuk melupakan masa lalu yang bisa menyembuhkan luka lama.

Kata-kata mutiara untuk melupakan masa lalu, penuh makna.

kata mutiara melupakan masa lalu © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@neni.nefarani

1. "Tidak perlu berusaha untuk melupakan, kenangan punya cara sendiri untuk menghilang." - Mario Teguh

2. "Tidak mungkin untuk melepaskan masa lalumu yang menyedihkan. Tapi kamu punya pilihan untuk terus berbenah dan menjadi diri sendiri yang lebih baik di masa depan."

3. "Masa lalu itu adalah hal di mana kita bisa kembali atau hal di mana kita bisa melupakan."

4. "Melupakan adalah keterpaksaan yang harus dilakukan demi diri kita."

5. "Jika kita merelakan suatu kesalahan, kita otomatis memaafkan dan menetralisir nuansa kesalahan tersebut dalam ingatan."

6. "Semakin kamu berusaha melupakannya, semakin ia hadir dalam pikiranmu. Berhentilah meupakan, mulailah menerima kenyataan. Sudah saatnya kamu berdamai dengan takdir demi kebaikan hatimu."

7. "Jika kamu ingin terbang tinggi, lepaskan semua hal yang selama ini membebani. Maafkan semua orang, maafkan masa lalumu, kamu berhak bahagia hari ini dan terbanglah tinggi."

8. "Benar bahwa tak baik untuk terus melihat apa yang sudah kita tinggalkan di belakang sana. Tetapi bagiku, tidak baik juga untuk melupakan semua yang sudah mendewasakan kita di sepanjang perjalanan yang telah kita lalui." - Canola Meadow

9. "Kau harus tahu, lupa adalah lahan subur kenangan-kenangan. Biarkan ia mengalir seumpama sungai. Saatnya akan tiba, kau akan betul-betul lupa." - Aan Mansyur

10. "Kenapa selalu mengingat apa yang hilang, tapi tidak melihat apa yang ada. Kenapa meratapi apa yang tidak dimiliki, sedangkan kamu bisa mensyukuri apa yang kamu punya."

11. "Masa lalu itu adalah masa yang telah berlalu. Seperti namanya, telah lalu, maka ia pantasnya di belakang. Jangan menjadikannya di depan."

12. "Kalau kita jadikan masa lalu di depan, maka kita yang akan di belakang. Artinya, kalau kita terus hidup dalam masa lalu, mengingat kenangan lama, kita tidak akan bisa melangkah maju. Hidup kita terus terkurung dalam masa itu."

13. "Biarkan masa lalu di tempatnya, belakang. Biarkan di sana, jangan dikenang lagi. Segala apa pun yang terjadi dulu, maafkanlah. Lupakan semuanya."

14. "Sudah saatnya menjadi pribadi yang baru. Pribadi yang menatap gagah masa depan dan memaafkan masa lalu."

15. "Kaburnya ingatan adalah tarikan napas singkat dalam usaha untuk melupa."

16. "Saat memutuskan pergi, jangan menoleh ke belakang. Fokus ke depan supaya tidak tersandung dan jatuh pada lubang yang sama."

17. "Melupakan berarti mengingat tanpa merasa sakit lagi."

18. "Kenangan tercipta tanpa kebetulan. Kenangan tercipta tanpa paksaan. Kenangan itu muncul dengan sendirinya yang akan selalu diingat tentang perjalanan hidup yang akan menjadi pembelajaran."

19. "Berhentilah menangisi apa yang tidak kamu miliki, tapi tersenyumlah untuk apa yang kamu miliki."

20. "Hiduplah dengan penuh semangat, jangan biarkan masa lalu menjadi beban."

21. "Biarkan masa depan menjadi dorongan untukmu. Setiap orang menempa takdirnya sendiri-sendiri."

22. "Menarilah bersama temanmu dan tertawalah bersama mereka karena adanya mereka bisa membantumu melupakan masa lalu."

23. "Setidaknya melupakan merupakan kebajikan yang bijak daripada mencoba untuk meluapkan."

24. "Salah satu orang yang berbahagia adalah yang bisa melupakan dan berdamai dengan masa lalunya."

25. "Jangan pernah mengungkit masa lalu orang lain karena kita tidak pernah tahu seberapa keras ia berjuang untuk lepas dari masa lalunya." - Umar bin Khattab

26. "Rasa sakit membuatmu lebih kuat, air matamu membuatmu lebih berani, dan pengalaman pahit membuatmu lebih bijak."

27. "Berterimakasihlah pada masa lalumu untuk masa depan yang lebih baik."

28. "Cara terbaik untuk melupakan masa lalu adalah bukan dengan menghindari atau menyesalinya. Namun dengan menerima dan memaafkannya."

29. "Aku tak akan melupakan masa lalu, sepahit, dan segetir apa pun itu. Dari masa lalulah seharusnya beajar agar semua hal yang dilakukan saat ini jauh lebih baik."

30. "Kamu tidak akan bisa kembali ke masa lalu dan memperbaiki pangkalnya. Tapi kamu bisa mulai berubah dari sekarang dan mengubah ujungnya." - CS Lewis

31. "Seiring kita mengekspresikan rasa syukur kita, kita tidak boleh melupakan bahwa apresiasi terbesar tidak tergambar lewat kata-kata, tapi hidup di dalamnya." - John F Kennedy

32. "Masa lalu bukan untuk diratapi terus, masa lalu ada untuk kita jadikan pelajaran berharga."

33. "Masa depan akan menjadi jelas manakala masa kini mulai ditata dengan baik."

34. "Masa lalu dapat dijadikan pelajaran manakala kita bisa selalu dalam kondisi tenang."

35. "Sebaik apa pun masa lalumu, dia telah terkunci rapat dan pergi meninggalkanmu."

36. "Seburuk apa pun masa lalumu, sesungguhnya saat ini kau adalah kanvas putih yang kosong."

37. "Masa lalu itu sakit, sedangkan bahagiamu ada di hari ini dan hari-hari kemudian. Mari kita menggapai bahagia."

38. "Anda tidak akan bisa melupakan masa lalu karena Anda harus ingat dulu apa yang harus Anda lupakan."

39. "Otak diciptakan untuk mengingat, bukan melupakan. Ciptakan kenangan baru untuk melupakan kenangan masa lalu."

40. "Bukan menyukai, tapi membutuhkan. Ada orang-orang yang kurasa memilih kesibukan untuk melupakan kesedihannya."

41. "Terkadang memang harus ada lembaran yang disobek, kita lepas dari buku. Lembaran yang dirasa lusuh dan tidak baik jika dibiarkan masih ada, hal tu agar buku kita tetap terlihat baik kembali."

42. "Dengan terus melangkah, cepat atau lambat, semua beban kenangan akan tertinggal di belakang." - Tere Liye

Kata-kata mutiara untuk melupakan masa lalu tentang cinta.

kata mutiara melupakan masa lalu © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@coretanfana_

43. "Perjalanan ke masa lalu selalu menciptakan perasaan yang sendu." - Teddy W. Kusuma

44. "Cinta itu sulit ditebak. Saat patah hati, kamu mengira hati sangat terluka dan akan sulit sembuh. Tapi, saat belajar melepaskan dan merelakan masa lalu, tiba-tiba muncul yang lain yang mampu menyembuhkan luka-lukamu." - Arumi E.

45. "Masa lalu yang menyedihkan memang tak harus diingat, dikenang kalau hal ini bisa menjadi boomerang untuk cinta di masa depan." - Eidelweis Almira

46. "Lima detik tak sengaja menatap mata itu lagi. Menarikku pada lorong waktu masa lalu. Saat pertama retina kita saling bertemu. Tak menyalahkan kamu sama sekali." - Prilly Latuconsina

47. "Aku adalah ganjil yang kau genapkan. Kau adalah teka-teki yang kulengkapi. Kita adalah dua masa lalu berbeda, dengan satu masa depan yang sama." - Fiersa Besari

48. "Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita." - Bacharuddin Jusuf Habibie

49. "Sakit saat mencintai kembali jauh lebih nikmat daripada luka atas masa lalu yang masih melekat. Melangkahlah, sudah saatnya berpindah." - Wira Nagara

50. "Kenang saja kita sekadar masa lalu. Kita yang pernah ingin bahagia, tetapi luka lebih cepat datangnya. Kita yang gagal menyatukan ingin. Sebab kamu lebih suka bermain." - Boy Candra

51. "Dulu kita selalu mengucap kata sayang di penghujung malam. Kini, kita tidak lebih dari dua orang asing yang merindukan masa lalu secara diam-diam." - Fiersa Besari

52. "Jika kau sulit melupakan sesuatu yang ingin kau lupakan, mungkin kau bisa berusaha menjauhi hal-hal yang bisa mengingatkan."

53. "Aku harus belajar melupakan orang yang telah melupakanku."

54. "Melupakan masa lalu selalu berakhir dengan cinta yang lebih bahagia."

55. "Kita mungkin tak tahu cara melupakan kenangan masa lalu, tapi kita harus tahu siapa yang harus diperjuangkan untuk masa depan."

56. "Karena satu-satunya yang bisa dilakukan orang patah hati cuma melupakan, jadi lupakanlah."

57. "Jangan mengharapkan dia yang sudah terlalu banyak menyakitimu. Kau sangat baik untuk disakiti, biarkan dia pergi karena kau sudah berusaha, tapi tak pernah dihargai."

58. "Menyakitkan rasanya ketika kamu harus berusaha melupakan seseorang yang bahkan tak pernah menjadi milikmu."

59. "Beri aku waktu untuk melupakan semua ini, semua yang telah kita lalui, semua kisah kita, dan semua harapan yang telah kita rancang."

60. "Kehadiranmu memang tidak banyak mengubah hidupku, tetapi kamu mampu mengubah sesuatu yang tidak bisa aku ubah sebelumnya, yaitu melupakan."

61. "Menjaga jarak untuk tidak mengetahui kabarnya lagi adalah jalan yang terbaik untuk melupakan seseorang."

62. "Berhentilah melupakan, mulailah menerima kenyataan. Sudah saatnya kamu berdamai dengan takdir demi kebaikan hatimu."

63. "Semakin kamu berusaha melupakannya, semakin ia hadir dalam pikiranmu."

64. "Kenapa harus dipikirkan jika hanya menambah rasa luka? Hidupmu kan tak selalu tentang dia."

65. "Yang jadi masalah hubungan bisa gagal karena salah satunya belum bisa berdamai dengan masa lalunya."

Kata-kata mutiara untuk melupakan masa lalu dari para tokoh.

kata mutiara melupakan masa lalu © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@perasssa

66. "Semua orang punya masa lalu, dan itu bukan urusan siapa pun. Urus saja masa lalu masing-masing." - Tere Liye

67. "Masa lalu hanya untuk dikenang atau diingat, dipelajari, bukan untuk dijalani, karena kamu akan berjalan di tempat." - Ariel Noah

68. "Mengungkit-ungkit masa lalu, hanya akan membuang waktu. - Boy Candra

69. "Berhenti menyalahkan masa lalu, cobalah untuk menerimanya dan memahami bahwa itu hanya buatmu lebih kuat dan dewasa." - Ariel Noah

70. "Anda tak akan pernah bisa merencanakan masa depan hanya dengan bercermin masa lalu. Intuisi dan keberanian justru sangat berperanan." - Edmund Burke

71. "Perubahan adalah hukum kehidupan. Dan mereka yang hanya mencari masa lalu atau masa kini tentunya akan kehilangan masa depan." - John F. Kennedy

72. "Kalau kita tidak merencanakan masa depan karena kita hidup pada zaman sekarang, maka kita akan tetap berada di masa lalu." - Abraham Lincoln

73. "Jika kamu melihatnya dengan positif, masa lalu tidak ada yang buruk. Yang ada hanya masa lalu yang indah dan pelajaran yang berharga." - Mario Teguh

74. "Mereka yang tak mampu mengingat masa lalu dikutuk untuk mengulangnya." - George Santayana

75. "Kita memiliki mesin waktu sendiri-sendiri. Sebagian membawa kita ke masa lalu yang disebut memori. Sebagian lain membawa kita ke masa depan yang disebut mimpi." - Jeremy Irons

76. "Sering kita terperangkap oleh penyesalan masa lalu dan mencemaskan masa yang akan datang. Sehingga tidak mensyukuri hari yang penuh berkah dan berkat, yaitu hari ini." - Andrie Wongso

77. "Saya lebih suka lamunan untuk masa akan datang daripada sejarah masa lalu." - Thomas Jefferson

78. "Yang paling jauh dari kita di dunia ini adalah masa lalu." - Abu Hamid Al Ghazali

79. "Anak muda memang minim pengalaman, karena itu ia tak tawarkan masa lalu. Anak muda menawarkan masa depan." - Anies Baswedan

80. "Ambil pelajaran dari masa lalu, tinggalkan kenangan buruknya. Jangan biarkan belenggu kesedihan menutupi jalanmu menuju masa depan. - Christian Andrianto

81. "Membenci dan mencemburui masa lalu adalah hal yang melelahkan. Kita takkan pernah bisa mengubahnya, kita hanya bisa belajar darinya." - Fiersa Besari

82. "Jangan menghukum masa depan dengan masa lalu. Karena kita selalu bisa memperbaiki situasi." - Tere Liye

83. "Kita tidak seharusnya resah terhadap masa lalu, begitu pula kita juga tidak boleh cemas akan masa depan. Manusia bijaksana hanya memikirkan masa kini." - Chanakya

84. "Jika kau ingin meminta maaf atas kesalahan yang kau lakukan di masa lalu, cukup dengan melakukan sesuatu yang benar di masa depan." - DJ Tek

85. "Kenapa kaca depan mobil sangat besar sementara kaca spion begitu kecil? Karena masa lalu tidak sepenting masa depan kita. Jadi sekarang, pandanglah ke depan dan majulah." - Kezia Evi Wiadji

86. "Belajarlah dari masa lalu, karena di sanalah Tuhan memberikan banyak contekan untuk ujian di masa depan." - Alit Susanto

87. "Kita menjadi bijak bukan oleh ingatan masa lalu kita, tetapi dengan tanggung jawab untuk masa depan kita." - George Bernard Shaw

88. "Masa lalu hanyalah pembuka jalan Anda menuju kejayaan." - William Shakespeare

89. "Dalam bahasa meditasi, masa lalu sudah lewat, masa depan belum datang, saat ini adalah satu-satunya hadiah yang tersedia." - Gede Prama

90. "Orang besar, Genghis Khan, hanya tahu cara menembak elang dengan panah. Masa lalu adalah masa lalu. Untuk melihat pahlawan sejati, lihatlah ke sekelilingmu." - Mao Zedong

91. "Jangan buang waktu, pikiran dan tenaga untuk peristiwa di masa lalu, yang menyakitkan dan pernah mematahkan kita. Peluk saja Allah dan mereka yang kita sayangi erat-erat. Bangkit dan gagah bersama Allah." - Helvy Tiana Rosa

92. "Jangan buang waktu, pikiran, dan tenaga kita untuk orang yang mengabaikan dan menyusahkan hidup kita." - Helvy Tiana Rosa

93. "Jarum jam seakan akan berputar ke kiri, lalu tiba tiba aku menangis, kemudian tertawa. Nyatanya ini cuma imajinasi. Masa masa itu tetap tak kembali." - Rohmatikal Maskur

94. "Kita enggak bisa melupakan masa lalu, yang bisa kita lakukan adalah mengikhlaskan masa lalu kita dengan orang lain." - Alit Susanto

95. "Hadapi masa lalu tanpa penyesalan. Hadapi hari ini dengan tegar dan percaya diri. Siapkan masa depan dengan rencana yang matang dan tanpa rasa khawatir." - Hary Tanoesoedibjo

96. "Berjalanlah ambil sisa tawamu yang tertinggal di masa lalu. Semua orang berhak bahagia, termasuk kamu." - Wira Nagara

97. "Terkadang arti kebahagiaan dapat terjadi karena kita melihat masa lalu dan membawanya ke masa depan untuk bercermin tentang kehidupan kita saat ini." - Agnes Davonar

98. "Jika kamu ingin bahagia, jangan biarkan masa lalu mengusikmu. Kamu boleh melihat ke belakang, namun jangan membawanya kembali." - Ariel Noah

99. "Jangan memikirkan masa lalu, jangan memimpikan masa depan, konsentrasikan pikiran pada saat sekarang." - Buddha

100. "Belajar dari masa lalu, hidup untuk hari ini, berharap untuk hari esok." - Albert Einstein

101. "Setiap orang suci memiliki masa lalu (yang belum tentu baik) dan setiap pendosa memiliki masa depan (yang bisa jadi jauh lebih baik)." - Oscar Wilde

(brl/red)