Brilio.net - Beberapa kemacetan terkadang disebabkan oleh banyaknya volume mobil di jalan raya. Apalagi jika tiap mobil hanya dipakai oleh satu orang, wah bikin penuh jalan saja. Ya kalau mobil kecil, kebanyakan mobil di jalanan berukuran besar. Kalau mobil dengan desain kecil, pasti nggak macet ya.

Nah di beberapa negara ternyata ada mobil berukuran kecil lho. Wah sepertinya bisa jadi solusi mengatasi kemacetan nih, bisa jadi pilihan mobil untuk orang-orang yang kerap nyetir sendirian. Seperti apa sih bentuk mobil kecil tersebut? Yuk intip foto-fotonya dilansir dari therichest.com (26/9).

 

1. Pasquali Riscio

mobil kecil © therichest.com


Mobil terbitan Italia ini mempunyai panjang 2,19 meter dan lebar 1,15 m. Mobil listrik beroda tiga ini mempunyai dua model guys, ada yang satu tempat duduk ada juga yang dua tempat duduk. Kalau membeli yang model satu tempat duduk, pengemudinya nggak butuh Surat Izin Mengemudi, lho.

 

2. Corbin Sparrow.

mobil kecil © therichest.com


Mobil beroda tiga ini juga cukup unik dan simpel. Corbin Sparrow memiliki panjang 2,4 meter dan lebar 1,2 meter. Bagaimana, ingin memiliki mobil elektrik buatan California ini?

 

3. Brütsch Mopetta

mobil kecil © therichest.com


Mobil buatan Jerman ini pertama muncul di publik pada tahun 1956. Mobil ini dipamerkan dalam acara International Bicycle and Motorcycle Exhibition. Dengan panjang 1,7 meter dan lebar 0.8 meter, mobil ini nampak imut dan klasik. Sayangnya mobil ini terakhir di produksi pada tahun 1958.

 

4. Mirai

mobil kecil © therichest.com


Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Okayama Sanyo di Jepang menciptakan mobil terpendek sedunia. Mobil rancangan para siswa ini memiliki tinggi 45,2 cm. Mobil ini dibuat pada tahun 2010. Untuk menjalankannya hanya perlu menggunakan listrik yang tersimpan dalam baterai.

 

5. Peel P50

mobil kecil © therichest.com


Mobil ini dibuat pada tahun 1962. Panjang mobil ini hanya 1,2 meter dengan lebar 1 meter. Bentuknya klasik ya.

 

6. The Tango T600

mobil kecil © therichest.com


Mobil eletrik ini mempunyai lebar 1,5 meter dan panjang 2 meter. Walaupun terlihat ramping ternyata mobil ini sangat berat yakni 1.508 kg. Mobil ini dibuat berat agar lajunya tidak terlalu kencang.

 

7. Coulson Car

mobil kecil © therichest.com


Mobil ini dibuat pada tahun 1957 . Dengan lebar kurang lebih setengan meter dan panjang 1,2 meter mobil ini menjadi mobil roda empat terkecil dalam catatan Rekor Muri Dunia. Mobil ini aman dikendarai di jalan raya karena dilengkapi pengamanan yang cukup seperti sabuk pengaman dan lain-lain.

 

8. Isetta

mobil kecil © therichest.com


Mobil ini diproduksi di Italia pada tahun 1953. Mobil ini memiliki banyak model, nah yang dalam gambar di atas sering dijuluki model mobil gelembung. Pada zamannya, mobil ini terkenal di seluruh Eropa dan di produksi oleh banyak pabrik mobil salah satunya BMW. Panjang mobil ini yakni 2,25 meter dengan lebar 1,3 meter.

 

9. Piaggio Vespa 400

mobil kecil © therichest.com


Mobil ini dijuluki sebagai "microcar". Vespa beroda empat ini tidak bisa berjalan cepat, laju maksimalnya hanya 55 meter/jam. Panjang mobil ini mencapai 2,8 meter dan lebar 1,27 meter.

 

10. Fuldamobil N

mobil kecil © therichest.com


Mobil buatan Jerman ini diciptakan selepas perang dunia ke-2. Saat itu Jerman sedang krisis ekonomi, maka tercetuslah ide membuat mobil mini agar hemat bahan produksi. Pada pembuatan pertama, panjang mobil ini diperkirakan 2,7 meter dengan lebar 1,4 meter. Tampak kuno tapi klasik ya.