Brilio.net - Buah pepaya banyak mengandung vitamin C yang sangat berguna untuk tubuh. Selain itu pepaya juga memiliki banyak nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin B1, B3, B5 serat hingga kalsium. Nggak hanya buahnya, daun pepaya rupanya juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Memang, rasa pahit akan langsung menyerang lidah kita begitu daun pepaya dikonsumsi. Tetapi, dibalik rasa pahitnya tersebut, daun pepaya mengandung beberapa senyawa aktif yang memiliki efek yang baik bagi tubuh, misalnya vitamin B1, A dan C. Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam di antaranya vitamin A, vitamin B1, 15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, dan banyak lainnya.

Sayang, masih sedikit orang yang tau khasiat daun pepaya. Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Daun yang berbentuk menyerupai tangan manusia ini memiliki banyak manfaat.

Berikut ulasannya seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, 10 manfaat daun pepaya untuk kesehatan, bisa mengobati demam berdarah, Selasa (27/10).

1. Mengobati demam berdarah.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Menurut penelitian, ekstrak daun pepaya meningkatkan trombosit pada pasien yang menderita demam berdarah. Ekstrak daun pepaya pun diklaim bisa mengurangi gejala penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes yang ditularkan ke dalam darah, seperti demam tinggi, ruam kulit dan penurunan jumlah trombosit. Penderita demam berdarah pun dapat meminum jamu rebusan daun pepaya. Rebus lebih kurang 5 lembar daun pepaya hingga masak lalu dinginkan sebelum diminum. Lakukan secara rutin hingga kondisi membaik.

2. Obat masalah kulit.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan vitamin C dan A dalam daun pepaya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menjadikan kulit lebih sehat bercahaya. Hal ini juga kerena daun pepaya diperkaya dengan sifat anti-inflamasi. Selain itu daun pepaya dapat mencegah kulit dari racun, memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti eksim, bintik-bintik, dan jerawat. Kamu dapat mengonsumsi daun dalam bentuk apapun, atau dapat mengoleskan daun pepaya yang di area yang bermasalah untuk menenangkan kulit yang teriritasi.

3. Mengobati nyeri haid.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat daun pepaya selanjutnya yakni diketahui dapat mengobati nyeri haid. Tak hanya menghilangkan rasa sakit tetapi juga meningkatkan aliran menstruasi, mengontrol gejala PMS, hormon keseimbangan, dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Meskipun memiliki rasa yang pahit, mengonsumsi daun pepaya dapat mengobati nyeri haid ketika datang bulan. Kamu bisa menggunakan satu daun pepaya, tambahkan beberapa asam Jawa dan garam, lalu tambahkan air ke campuran itu. Kemudian rebus dan biarkan mendidih. Resep ini telah terbukti khasiatnya untuk mengurangi rasa sakit haid.

4. Melancarkan pencernaan.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Enzim papain yang terdapat pada daun pepaya dapat melancarkan dan mencegah kamu terkena konstipasi maupun perut kembung. Beberapa pihak juga mengklaim daun pepaya dapat memperbaiki masalah pencernaan karena kandungan fiber di dalamnya. Ketika mengalami masalah pencernaan, segeralah konsumsi daun pepaya.

5. Nutrisi untuk rambut.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi daun pepaya adalah dapat menutrisi rambut agar lebih sehat. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun pepaya memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan rambut. Komponen alkaloid ini efektif menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepala. Jika sedang bermasalah dengan rambut, cobalah mengonsumsi daun pepaya.

6. ASI lancar bagi ibu menyusui.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Ada baiknya bagi ibu yang tengah menyusui mengganti suplemen dengan mengonsumsi daun pepaya untuk memperlancar produksi ASI-nya. Kamu dapat mengkonsumsinya dalam bentuk makanan rumahan agar pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa. Atau jika tahan dengan rasa pahitnya kamu dapat minum air rebusan daun pepaya tersebut.

7. Anti-kanker.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Diketahui terdapat kandungan bernama acetogenin dalam daun pepaya yang ampuh menangkal kanker. Senyawa ini dapat menurunkan risiko yang terkait dengan paru-paru, pankreas, dan kanker payudara. Sedangkan daun pepaya bersifat anti-inflamasi yang membantu meringankan peradangan dan efek buruk dari kemoterapi.

8. Menurunkan tingkat gula darah.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Bagi pasien yang memiliki masalah terkait diabetes, daun pepaya dapat menjadi salah satu solusinya. Daun pepaya dapat merangsang aktivitas insulin dalam tubuh, sehingga akan membantumu mengatur kadar gula darah dan kamu akan cenderung terhindar dari penyakit diabetes. Selain itu, daun pepaya juga bisa mengurangi kemungkinan komplikasi akibat diabetes seperti kerusakan ginjal. Serta dapat mengurangi stres oksidatif yang bisa menyebabkan diabetes.

9. Menguatkan daya tahan tubuh.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menguatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena daun pepaya mengandung phytonutrien. Kandungan tinggi phytonutrien dalam daun pepaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi, dan infeksi perut.

10. Menghambat peradangan pada luka.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Ketika kamu mengalami luka bakar pada bagian kulit tubuh, jika tidak segera diobati dengan cara yang tepat seringkali luka bakar akan mengalami peradangan seperti lebih terasa panas dan juga timbul luka. Nah, kandungan papain dan chymopapain yang terdapat pada daun pepaya bisa meredakannya. Cara mengambil manfaat daun pepaya yakni, kamu bisa meletakkan beberapa helai daun pepaya yang sudah dicuci dan ditumbuk pada luka bakar yang ada di kulitmu.