Brilio.net - Kesehatan tubuh menjadi aset yang sangat berharga. Apalagi saat ini semakin banyak ancaman berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja. Mulai dari virus, kuman, sampai penyakit-penyakit yang bisa timbul dari kebiasaan sehari-hari. Maka dari itu, selain menjaga kebersihan kamu juga perlu memperhatikan kebiasaan sehari-hari agar terlindung dari serangan penyakit. Salah satunya kamu mulai perlu memperhatikan asupan makanmu. Hayo kamu sudah memperhatikannya belum nih?

Harus diakui, makanan jadi salah satu pembangun mood terbaik. Selain menambah energi, makanan juga kerap jadi pelarian saat kamu merasa lelah atau perasaan sedang kalang kabut. Boleh-boleh saja, namun jangan sampai kebiasaan ini justru bisa menimbulkan permasalahan kesehatan. Salah satu permasalahan yang bisa timbul adalah kondisi pembuluh darah yang tidak sehat. Hal ini bisa disebabkan banyak faktor. Begitu juga dengan dampaknya, kamu bisa mengidap penyakit serius salah satunya penyakit jantung koroner.

Pembuluh darah menjadi salah satu bagian dari sistem peredaran darah yang mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Peran pembuluh darah sangat penting untuk kehidupan. Maka dari itu penting untukmu untuk menjaga pembuluh darah dari segala gangguan. Salah satu cara sederhana yang bisa kamu coba adalah dengan membiasakan mengonsumsi makan-makanan sehat lho.

Yaps, selain bisa memanjakan lidahmu, kamu juga bisa sekaligus membuat pembuluh darah menjadi lebih bersih. Yuk coba! Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Senin (26/10) dari berbagai sumber.

Loading...

1. Jeruk.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan kesegaran buah ini? Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Selain mencegah sariawan, buah jeruk juga bisa berperan sebagai antioksidan yang bisa menjaga kesehatan pembuluh darah. Konsumsi buah jeruk secara rutin agar kamu bisa merasakan manfaatnya dalam tubuh. Dengan begitu dapat mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah. Selain itu, buah jeruk juga memberikan dampak baik pada kesehatan kulit juga lho. Wajib banget dicoba!

-2. Semangka.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Buah semangka nggak hanya segar saat dikonsumsi. Buah berbiji hitam ini juga sangat baik dikonsumsi karena memiliki asam amino yang akan memproduksi nitrat dalam tubuh. Nitrat bisa membuat arteri menjadi rileks dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sedangkan asam amino akan membantu tubuh memproduksi nitric oxide, di mana bisa membantu untuk memperlebar pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Ada banyak cara untuk mengonsumsi buah semangka. Mulai dari menikmati langsung, diolah menjadi jus, atau disajikan menjadi semangkuk salad segar.

3. Alpukat.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Buah alpukat juga nggak kalah dalam memberikan manfaat. Pasalnya, si hijau cantik ini memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah. Di samping itu, di dalam alpukat juga ditemukan kandungan elektrolit dengan nama potasium yang bisa mencegah penyakit jantung dan pengapuran pada pembuluh darah. Senyawa tersebut bisa mencegah timbulnya hipertensi alias tekanan darah tinggi, serta menjaga kesehatan pembuluh darah. Dengan banyaknya manfaat dalam alpukat, tentu sangat sayang jika kamu lewatkan begitu saja.

4. Brokoli.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Buat kamu pecinta sayur akan sangat beruntung kalau rajin mengonsumsi brokoli. Sayuran ini juga bisa bermanfaat untuk membersihkan pembuluh darah. Brokoli mengandung vitamin K yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang serta menjaga kalsium supaya tidak merusak pembuluh darah. Selain mendapatkan vitamin, saat mengonsumsi brokoli kamu juga sekaligus memenuhi kebutuhan akan serat yang bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Menariknya, efek makan brokoli juga bisa mengurangi stres lho. Karena, kondisi stres bisa merobek dinding dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

5. Bayam.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Sedari kecil mungkin kamu kerap diminta untuk rajin mengonsumsi bayam oleh orangtua. Bukan tanpa alasan lho, sebab bayam memiliki kandungan kalium, folat, dan serat yang bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Dengan mengonsumsi satu porsi bayam per hari, kamu bisa mendapatkan efek menurunnya kadar homosistein, yaitu faktor yang menjadi penyebab penyakit jantung.

6. Asparagus.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com-

Dari jenis hijau-hijauan kamu juga bisa memilih asparagus sebagai opsi lainnya. Asparagus merupakan jenis sayuran yang sangat baik untuk membersihkan pembuluh darah. Banyak serat dan mineral penting yang bisa kamu temukan di dalam bahan makanan sehat ini. Kandungan dari asparagus akan bekerja di dalam pembuluh darah untuk mencegah penumpukan dan menangkal gumpalan plak. Sehingga nggak heran kalau asparagus dikatakan sebagai jenis sayuran yang sangat baik untuk membersihkan pembuluh darah. Kamu bisa mengolah dengan cara dikukus, bakar, panggang, atau dimakan mentah untuk menikmatinya.

7. Kacang-kacangan.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Jangan takut dengan kandungan lemak pada kacang-kacangan. Pasalnya, bahan makanan ini memiliki kandungan lemak tak jenuh. Selain itu, ada juga kandungan vitamin, serat, hingga antioksidan di dalamnya. Meski memiliki bentuk kecil, namun kacang-kacangan bisa menjadi sumber makanan yang membuat jantung dan pembuluh darah menjadi sehat. Beberapa jenis kacang yang bisa kamu olah diantaranya, kacang almond, kacang tanah, kedelai, dan kacang mede. Namun ingat, olah kacang-kacangan ini dengan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa mengolahnya dengan cara dikukus, dipanggang, atau direbus. Karena jika diolah dengan cara digoreng, maka berpotensi merusak manfaat sehatnya.

8. Kopi.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Kopi jadi salah satu minuman favorit banyak orang. Di balik rasa pahitnya, kopi mampu menjadi pembersih pembuluh darah lho. Terdapat kandungan antioksidan di dalam kopi yang bisa melindungi kesehatan jantung serta pembuluh darah jika dikonsumsi sebanyak dua cangkir sehari. Namun yang perlu diperhatikan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk mengonsumsi kopi dengan tidak diberi tambahan gula. Selain itu, jangan konsumsi kopi lebih dari dua cangkir per hari. Hal ini untuk mencegah timbulnya risiko hipertensi untuk beberapa orang.

9. Gandum utuh.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Gandum utuh dikenal memiliki kandungan serat tinggi di dalamnya. Unsur ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sumber gandum utuh seperti oatmeal atau roti gandum utuh, bisa menjadi salah satu pilihan sumber karbohidrat kompleks yang bagus. Memilih untuk mengonsumsi gandum utuh juga jadi pilihan yang tepat jika kamu ingin terhindar dari penyakit jantung.

10. Kunyit.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

foto: freepik.com

Sebagai salah satu rempah andalan, kunyit kerap dijadikan bahan obat-obatan tradisional. Kamu juga harus tahu, kunyit dapat mengurangi pengerasan pada pembuluh darah atau arteriosclerosis. Ada kandungan curcumin yang terdapat di dalam kunyit, yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan bisa mengurangi peradangan serta mengurangi timbunan lemak dalam arteri. Di samping itu, juga ada kandungan vitamin B6 yang bisa mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah.

11. Ikan.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang mudah untuk diolah. Selain mendapatkan rasa enaknya, kamu juga bisa sekaligus menikmati jenis lemak sehat yang memiliki sifat melindungi kesehatan pembuluh darah serta jantung. Salah satu yang terkenal yaitu kandungan omega-3. Yaps, omega-3 dikenal sebagai lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah, hingga membantu untuk menurunkan risiko serangan jantung. Kamu bisa mendapatkan manfaat baik ini dari beberapa jenis ikan seperti tuna, salmon, dan makerel.

12. Minyak zaitun.

Makanan penjaga kesehatan pembuluh darah © freepik.com

-

foto: freepik.com

Pasti kamu nggak asing deh dengan minyak yang satu ini. Manfaat baiknya untuk tubuh sudah dikenal banyak orang. Nggak hanya untuk kecantikan saja, minyak zaitun mampu membersihkan pembuluh darah. Minyak ini memiliki efek melindungi kesehatan pembuluh darah serta jantung. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolah minyak zaitun menjadi salad dressing atau minyak untuk menumis.