Brilio.net - Sholat subuh menjadi rangkaian ibadah sholat fardhu yang memiliki jumlah rakaat paling sedikit. Meski hanya 2 rakaat, namun godaan dalam menjalankan ibadah ini begitu besar. Nggak bisa dipungkiri rasa kantuk yang menyerang kerap menggoda iman saat akan melaksanakan sholat subuh. Padahal di dalam sholat subuh menyimpan banyak keistimewaan tersendiri untuk kehidupan. Keindahan yang tersimpan di dalam sholat subuh juga dijelaskan dalam Al-quran surat Al Isra ayat 78 yang berbunyi sebagai berikut:

"Aqimis-salaata lidulukisy-syamsi ilaa gasaqil-laili wa qur'aanal-fajr, inna qur'aanal-fajri kaana masy-hudaa"

Artinya:

"Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)."

Selain itu, melaksanakan sholat subuh juga memberikan banyak manfaat untuk kehidupan lho. Mungkin terkadang kamu nggak menyadari hal ini. Tapi jika dirasakan, ada banyak kebaikan dan keberkahan yang bisa kamu dapatkan. Nah agar lebih paham, simak yuk ulasan selengkapnya dalam brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (9/4) berikut ini.

Loading...

1. Dibebaskan dari orang munafik.

Keistimewaan sholat subuh © freepik.com

foto: freepik.com

Mendirikan sholat subuh nggak hanya menjalankan kewajiban sebagai umat muslim. Namun kamu harus tahu, ibadah ini juga menghindarkanmu dari sifat-sifat munafik. Hal ini termasuk juga menghindarkan dari bahaya dan penyakit dari sifat manusia munafik. Seperti halnya yang dijelaskan dalam hadits sebagai berikut:

“Tidak ada Shalat yang lebih berat (dilakukan) bagi orang munafik daripada sholat Subuh dan juga sholat Isya. Seandainya mereka mengetahui (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan kemudian membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

2. Disaksikan para malaikat.

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, sholat subuh menjadi salah satu momen beribadah yang disaksikan oleh para malaikat. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“­Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di sholat Subuh dan sholat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan juga kami mendatangi mereka dalam keadaan sholat.” (HR. Bukhari-Muslim)

3. Membuka peluang pahala haji atau umrah.

Ini dia salah satu keistimewaan dari sholat subuh yang nggak boleh kamu lewatkan. Dengan mendirikan ibadah ini kamu membuka kesempatan untuk mendapatkan pahala ibadah haji atau umrah. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan menjalankan sholat subuh dan melakukan dzikir hingga terbitnya matahari. Seperti keterangan dari Anasibn Malik Radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang bersabda:

“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

4. Mendapat kesempatan melaksanakan sholat sunah subuh.

Jangan lewatkan juga untuk melakukan sholat sunah subuh. Meski bersifat sunah, tapi kamu bisa meraih banyak kebaikan di dalamnya. Shalat sunat subuh dua rakaat ini memiliki kelebihan tersendiri yang telah disebutkan dalam hadits.

“Dua rakaat (shalat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim dari Ummul MukmininAisyah Radhiallahu ‘anha)

5. Terlindungi dari siksa api neraka.

Dengan melakukan sholat subuh secara sungguh-sungguh dan sempurna bisa melindungi dirimu dari siksa api neraka. Kebaikan itu seperti yang tertulis pada hadits berikut.

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).” (HR. Muslim)

6. Mendapat kemenangan melihat Allah SWT di hari akhir.

Keistimewaan sholat subuh © freepik.com

-

foto: freepik.com

Kebaikan luar biasa ini bisa kamu peroleh salah satunya dengan menunaikan ibadah sholat subuh. Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu berkata, “Kami pernah duduk bersama Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama tersebut, Maka, Nabi Muhammad bersabda, ‘Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak akan terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak untuk meninggalkan shalat sebelum terbitnya matahari dan juga sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (HR. Bukhari-Muslim)

7. Mendapat jaminan Allah SWT.

Bagi orang yang melaksanakan sholat subuh dengan sungguh-sungguh seperti halnya melaksanakan secara berjemaah, dia akan berada dalam jaminan dan perlindungan dari Allah SWT. Sehingga bagi orang yang berani mencelakakannya terancam dengan azab yang pedih, sebab dia telah melanggar perlindungan yang Allah berikan kepada orang tadi, dalam haditsnya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian mereka akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim, dari Jundubibn Abdillah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu)

8. Mendapatkan pahala sholat malam sepenuh waktu.

Selanjutnya, bagi seseorang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah, ia akan mendapatkan ganjaran pahala sholat malam sepenuh waktu. Dari hadits Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu dijelaskan,

"Barang siapa yang melakukan shalat isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang telah melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melaksanakan shalat malam sepanjang waktu malam itu."

9. Mendapatkan cahaya di hari kiamat.

Petunjuk dan penerangan di hari akhir menjadi dambaan umat muslim. Maka untuk meraih pencahayaan sempurna itu, kamu bisa memupuk melalui ibadah sholat subuh di masjid. Bagi manusia-manusia yang menuju masjid untuk melaksanakan shalat, akan mendapatkan ganjaran cahaya yang sempurna di hari kiamat nanti.

10. Meraih berkah Allah SWT.

Dalam hidup tentu keberkahan menjadi hal yang diidamkan umat manusia. Tak lengkap pula jika mendapatkan rezeki namun tanpa limpahan keberkahan dari Allah SWT. Maka dengan melakukan sholat subuh, terutama secara berjamaah dapat mendekatkan diri dengan limpahan berkah Allah SWT.