Brilio.net - Karya fotografi merupakan salah satu bentuk seni populer saat ini. Sebagai seni, fotografi terus berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan, karya seni fotografi kini diperjualbelikan dengan harga yang tak murah.

Tak kalah dengan karya seni lain seperti halnya lukisan, karya berupa foto juga bisa memiliki nilai jual tinggi. Biasanya, foto bernilai jual tinggi memiliki suatu keistimewaan walaupun apabila dilihat secara sepintas seperti biasa saja.

Foto-foto dari para fotografer di berbagai negara bahkan bisa laku terjual dengan harga mencapai miliaran rupiah. Penasaran seperti apa wujudnya? Dihimpun brilio.net dari therichest.com, Minggu (22/9), yuk lihat 10 foto yang dijual mahal sampai miliaran rupiah berikut ini.

1. The Pond Moonlight.

foto dijual mahal istimewa

Loading...

Pada tahun 2006, foto berjudul "Pond Moonlight" pernah menjadi foto termahal yang pernah dijual. Seorang kolektor bernama Howard Gilman membelinya seharga USD 2,9 juta atau sekitar Rp 40,8 miliar.

Foto ini memperlihatkan cahaya bulan yang menerangi sebuah kolam di malam hari. Foto itu diambil pada tahun 1904 oleh Edward Steichen sebagai salah satu foto berwarna pertama yang dipotret menggunakan kamera.

2. Perempuan berdiri di pinggir jalan.

foto dijual mahal istimewa

Foto hitam putih yang memperlihatkan seorang perempuan berdiri di pinggir jalan yang sepi ini dijual dengan harga USD 2,965 juta atau setara dengan Rp 41,8 miliar. Foto karya Cindy Sherman itu diambil antar tahun 1977 dan 1980.

3. Cowboy.

foto dijual mahal istimewa

Foto berjudul "Cowboy" atau berarti koboi karya Richard Prince dijual dengan harga USD 3,75 juta atau sekitar Rp 52,9 miliar. Richard Prince merupakan fotografer yang terkenal dengan foto-foto yang digunakan dalam produk Marlboro yang ikonik dengan foto koboi.

4. 99 Cent II Diptychon.

foto dijual mahal istimewa

Sepintas, foto ini seperti foto biasa yang memperlihatkan keadaan sebuah toko. Namun siapa sangka, foto ini terjual dengan harga USD 3,3 juta atau Rp 46,5 miliar pada tahun 2007. Foto ini dibuat oleh seniman Jerman bernama Andreas Gursky. Usut punya usut, ia mengubah warna foto tersebut secara digital.

5. Dead Troops Talk.

foto dijual mahal istimewa

Foto berjudul "Dead Troops Talk" karya Jeff Walls memperlihatkan seorang pria yang tengah memandangi foto sekelompok tentara di Afghanistan lewat sebuah foto. Foto itu dijual pada tahun 2011 dengan harga USD 3,6 juta atau sekitar Rp 50,7 miliar.

6. To Her Majesty.

foto dijual mahal istimewa

Foto berjudul "To Her Majesty" merupakan foto termahal yang diambil oleh Gilbert & George. Foto ini dijual lewa lelang pada tahun 2008 seharga USD 3,7 juta atau Rp 52,2 miliar. Foto ini terbilang unik karena menggabungkan kolase 37 foto menjadi sebuah foto.

7. Spiritual America.

foto dijual mahal istimewa

Pada tahun 2014, foto berjudul "Spiritual America" terjual dengan harga USD 3,9 juta atau Rp 55,02 miliar di New York. Foto ini merupakan hasil reproduksi dari foto kontroversial yang diambil pata tahun 1981, memperlihatkan seorang perempuan 10 tahun bernama Brooke Shields telanjang di sebuah bathub. Richard Prince, sang fotografer membeli hak cipta foto tersebut pada tahun 1992 .

8. Foto remaja tergeletak di lantai.

foto dijual mahal istimewa

Foto yang memperlihatkan seorang remaja tergeletak di lantai karya Cindy Sherman ini pernah menjadi foto termahal di dunia. Pada tahun 2011, foto ini terjual seharga USD 3,9 juta atau Rp 55,02 miliar di New York. Foto yang terkesan biasa saja itu dianggap memiliki nilai seni yang tinggi.

9. Rhine II.

foto dijual mahal istimewa

Foto berjudul "Rhine II" terjual lewat lelang pada tahun 2011 dengan harga USD 4,3 juta atau sekitar Rp 60,66 miliar. Andreas Gursky mengambil foto itu pada tahun 1999 di sebuah tepian sungai. Ia kemudian mengedit foto itu dengan menghilangkan beberapa objek sehingga foto terlihat seperti lukisan.

10. Phantom.

foto dijual mahal istimewa

Inilah foto termahal di dunia saat ini. Foto berjudul "Phantom" karya fotografer Australia Peter Lik. Foto yang terjual tahun 2014 itu laku dengan harga fantastis yakni USD 6,5 juta atau setara Rp 91,7 miliar. Foto "Phantom" yang merupakan foto hitam putih itu memperlihatkan panorama alam yang diambil di Arizona Antelope Canyon, Amerika Serikat.