Brilio.net - Di era globalisasi sekarang ini, berbagai macam bahasa telah terdaftar dalam kurikulum sekolah kita. Bahasa Inggris sudah pasti masuk. Tapi entah mengapa bagi sebagian orang, bahasa ini sangat sulit dimengerti walaupun telah dipelajari sejak zaman SD. Padahal menurut Fluentu.com, bahasa ini termasuk bahasa paling mudah di dunia. Kalau bahasa Inggris saja sudah dianggap sulit, bahasa-bahasa berikut ini dijamin bikin tepar.

Dilansir dari ListAmaze, bahasa telah muncul sejak ratusan ribu tahun lalu dengan berbagai macam evolusi sana sini. Sejalan dengan berjalannya waktu, ada yang tetap bertahan, ada yang punah.

Bahasa-bahasa ini bisa berakhir demikian karena beberapa faktor, terlalu sulit untuk digunakan, tidak teridentifikasi, atau hanya menghilang secara misterius.

Apa saja bahasa-bahasa misterius ini? Berikut brilio.net kumpulkan 10 bahasa kuno di dunia dilansir dari ListAmaze.

1. Bahasa Iberia. 

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net


Seperti namanya, bahasa ini diperkirakan muncul di lingkungan masyarakat Semenanjung Iberia sekitar abad ke 7 dan 1 sebelum masehi (SM). Bahasa ini masuk dalam catatan sejarah Roma dan Yunani lho. Sayangnya, karena cuma beberapa penggalan yang ditemukan, para ahli masih sulit untuk mengidentifikasi bahasa ini.

 

2. Bahasa Epi-Olmec.

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net

Bahasa yang mirip dengan bahasa suku Maya ini diperkirakan digunakan pada tahun 500 SM sampai tahun 500 Masehi (M). Bahasa ini rencananya akan diteliti pada tahun 1993 lalu lho, namun karena kurangnya peninggalan manuskrip tentang bahasa ini, penelitian tersebut ditunda. Sampai sekarang bahasa ini masih misterius.

 

3. Bahasa Elamite.

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net

Itu bukan wafer ya. Itu adalah potongan bahasa yang dulu banget digunakan di Iran. Bahasa ini disebut sebagai 'bahasa terisolasi' karena tidak ada sejarah sama sekali dengan bahasa lain. Ada beberapa manuskrip yang telah dicoba untuk diterjemahkan namun tidak berhasil karena hasil terjemahannya tidak masuk akal.

 

4. Bahasa kuno Rapa Nui.

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net

Bahasa asli dari Pulau Paskah ini juga belum ditemukan kejelasannya. Sampai saat ini, asal usul, rumpun, budaya, dan arti dari bahasa ini masih tidak diketahui.

 

5. Bahasa orang Minoa, Crete.

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net

Bahasa ini diduga berawal dari peradaban Minoa. Sama seperti peradabannya, bahasa ini juga belum memiliki titik terang. Salah satu bahasa yang ditemukan 1000 tahun setelah peradaban ini, Eteocretan, diduga memiliki hubungan bahasa dengan bahasa masyarakat peradaban Minoa. Uniknya bahasa Eteocretan ini mempunyai penulisan yang mirip dengan bahasa Yunani.

 

6. Bahasa kuno ZhangZhung.

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net

Salah satu bahasa kuno dari Asia nih. Bahasa yang dulu digunakan oleh masyarakat Tibet ini dipercaya sebagai bahasa kuno ZhangZhung. Namun, karena terbatasnya dokumen yang ditemukan, keberadaan bahasa ini masih dianggap kontroversial.

 

7. Bahasa Nam.

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net

Satu lagi bahasa kuno dari Tibet. Sama seperti bahasa bahasa kuno ZhangZhung, dokumen yang ditemukan hanyalah beberapa surat dan manuskrip. Menerjemahkan bahasa ini masih menjadi hal yang mustahil. Wah, Tibet mempunyai banyak bahasa misterius ya.

 

8. Bahasa Picene Utara.

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net

Bahasa yang digunakan pada milenium pertama sebelum masehi ini dulunya dipakai di negara yang sekarang dikenal dengan nama Italia. Walaupun bahasa ini dapat ditulis menggunakan simbol yang sudah dipelajari oleh para ahli, namun ketika di terjemahkan, bahasa ini tidak memiliki arti apa-apa. Para peneliti belum berhasil memecahkan bahasa ini.

 

9. Bahasa Harappan.

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net

Bahasa ini dulunya telah digunakan sejak zaman perunggunya peradaban Harappan di negara yang sekarang dikenal sebagai India. Saking misteriusnya bahasa ini, para peneliti berkelakar bahwa hanya mesin waktu yang dapat memecahkan misteri ini. Rumit banget pasti.

 

10. Bahasa Sidetic.

Bahasa Kuno © 2017 brilio.net

Ini bahasa yang paling sedikit penemuannya. Penemuan yang ditemukan hanya dalam bentuk koin kuno yang berasal dari masa peradaban bangsa Side, sekitar abad ke 2 SM. Dengan penemuan yang terlalu sedikit ini, memecahkan kode bahasa kuno ini menjadi mustahil.

Buat sebagian orang, bahasa-bahasa diatas merupakan mimpi buruk, namun bagi peminat bahasa, ini merupakan tambang emas yang tersembunyi.

Kenapa? Karena mengetahui bahasa suatu bangsa secara tidak langsung, kita juga mampu memahami budaya, lingkungan, masyarakat, dan gaya hidup mereka. Dengan mampu memecahkan bahasa-bahasa misterius, para ahli mampu untuk memahami peradaban yang telah lama hilang.