Brilio.net - Selama sepekan ini Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi Jepang. Di sana, ia mengunjungi perusahaan-perusahaan serta pabrik yang ada di beberapa kota di Jepang. Selain itu ia juga menyempatkan untuk bertemu dengan para pekerja Indonesia yang bekerja di Negeri Sakura.

Saat kunjungannya di Tokyo, ia secara tidak sengaja bertemu dengan salah seorang warga Jepang yang kebetulan mengantarnya. Pada video yang diunggah oleh akun Facebook resmi Ganjar, pria tersebut memperkenalkan diri dengan nama Naohiro Katsumata.

Tapi bukannya memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jepang, pria tersebut malah berbicara ke kamera dengan menggunakan bahasa Jawa halus. Kemampuan berbahasa Jawa Naohiro tersebut tentu membuat Ganjar salut. Ia pun mengacungkan jempolnya ke kamera.

"Selamat siang, nama saya Naohiro Katsumata. Monggo," ucapnya dalam bahasa Jawa halus yang kemudian disusul dengan tawa dari Ganjar Pranowo.

Loading...

Usut punya usut, pria yang akrab disapa sebagai Mas No ini merupakan alumni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) jurusan Sastra Jawa Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia juga ternyata sudah lama tinggal di Jogja, menurut salah satu sumber ia sudah menimba ilmu di Jogja sejak tahun 2000-an.

Naohiro juga sempat bersekolah SMA dan lulus dari SMA 6 Yogyakarta. Ia juga disebutkan pernah berkarier di dunia musik bersama band parodi asal Jogja bernama Sastromoeni.

Aksi Naohiro yang lancar berbahasa Jawa pun mendapat perhatian dari warganet. Banyak dari mereka yang salut, ketika banyak anak-anak muda yang menomorduakan bahasa daerah ternyata orang asing malah punya kemampuan yang lebih mahir.

"Banyak orang2 Indonesia yang ingin belajar bahasa Jepang dan kebudayaanya,, tetapi di Jepang sana jga banyak yang ingin mempelajari bahasa infonesia dan budayanya. Luar biasa," ungkap akun Toto Chan.

"btw, mas nao itu emang orang indonesia..dia kakak angkatan saya di sma 6, dulu di fib ugm jg masuk jd gitarisnya band sastromoeni, band parodi yg kalo manggung jg pake bahasa jawa," ujar akun Arief Rahman Hakim.

"Best moment ya pak ganjar. Apalagi pas nyuruh 'We ngomongo jowo saiki' Ya ngerti juga mas no," tulis akun Anie Septyana.