Brilio.net - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan penggantian nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati yang terletak di Majalengka. Ia mengusulkan mengganti nama bandara tersebut dengan nama mendiang Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie.

Lewat akun Instagram pribadinya, Kamis (19/9), pria yang akrab disapa Emil itu kemudian meminta pendapat masyarakat khususnya masyarakat Jawa Barat terkait wacana tersebut. Dalam postingannya, ia mengunggah kolase foto Bandara Kertajati dan foto BJ Habibie yang tengah memegang pesawat dari kertas.

"Apakah netizen setuju khususnya yang warga Jawa Barat setuju jika Bandara Internasional Kertajati didedikasikan menjadi Bandara Internasional BJ Habibie?" tulis Ridwan Kamil dalam keterangan caption.

Menurutnya, penggantian nama tersebut merupakan bentuk dedikasi terhadap mendiang BJ Habibie atas jasa-jasanya. Seperti diketahui, semasa hidupnya, BJ Habibie memiliki banyak jasa di industri penerbangan Tanah Air. Di sisi lain, sosok BJ Habibie banyak menghabiskan masa mudanya di Kota Bandung, Jawa Barat.

Loading...

Wacana yang dilontarkan Ridwan Kamil itu kemudian langsung mendapat banyak respons dari warganet. Lewat kolom komentar, sebagian besar warganet menyatakan setuju dengan rencana pemerintah untuk mengganti nama Bandara Kertajati menjadi Bandara BJ Habibie.

"Satuju pisan kang...," tulis @irfanhakim75.

"sangat setuju bapak gubernur," ujar @matt_drajatreal.

"Pak Habibie tokoh nasional. Presiden RI. Pembawa teknologi Indonesia ke panggung dunia. Pak Habibie identik dg kedirgantaraan. .. Walau pak Habibie lahir di Pare-pare , tp beliau sekolah, kuliah, kerja, dan tinggal di #Jabar. .. bila diabadikan utk nama bandara internasional @infobijb Kertajati, #SetujuSekali," imbuh @maznonot.