Brilio.net - Kabar duka datang dari pemimpin Majelis Az-Zikra, Ustaz Muhammad Arifin Ilham meninggal dunia di Rumah Sakit Penang Malaysia, Rabu (22/5) malam, saat menjalani masa pengobatan. Seperti yang diketahui Ustaz Arifin Ilham beberapa kali dirawat karena menderita penyakit kanker kelenjar getah bening.

Kepergiannya ini tentu memberikan duka mendalam bagi keluarga dan kerabat dekatnya. Ustaz Arifin Ilham dikenal sebagai sosok yang sangat tegar, ia bahkan tak pernah menunjukkan rasa sakitnya.

"Tak pernah menampakkan sakitnya. Jadi selalu gembira, terutama pada umat. Beliau selalu menyampaikan adab dalam beribadah dan mengamalkan surat-surat rutin seperti biasa," ujar Ketua Yayasan Az-Zikra, Khotib Kholil di kediaman almarhum, Majelis Az-Zikra Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/) dini hari seperti dikutip Antara.

Menurut Kholil, di masa-masa terakhirnya, Ustaz Arifin Ilham bahkan sempat menyampaikan beberapa wasiat, salah satunya yaitu mengenai permintaan tempat disalatkan dan dimakamkannya ketika Pimpinan Majelis Az-Zikra itu meninggal dunia.

Istri dan anak-anaknya tampak terpukul dan sangat sedih tentunya. Sosok yang selama ini menemani mereka kita telah berpulang selama-lamanya ke pangkuan sang Illahi.

Loading...

Segenap keluargapun memberikan ucapan harunya untuk Ustaz Arifin Ilham. Berikut ucapan haru dari keluarga yang dilansri brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/5).

1. Yuni Djamaluddin.

Ungkapan haru keluarga Ustadz Arifin Ilham istimewa

foto: Instagram/@yuni_syahla_aceh

Seperti yang diketahui bahwa Yuni Djamaluddin merupakan istri pertama dari Ustaz Arifin Ilham. Selama sang suami dirawat ia tampak tak pernah absen untuk menemani. Bahkan ia pun sempat menguggah video haru ketika sedang memeluk sang suami.

Kini ia hanya bisa mengikhlaskan kepergian sang suami untuk menghadap sang Illahi. "Ya Allah kami semua sudah ikhlas ya Allah, takdir engkau yang terbaik ya Allah," tulis Yuni Djamaluddin.

2. Umi Akhtar.

Ungkapan haru keluarga Ustadz Arifin Ilham istimewa

foto: Instagram/@umi_akhtar

Istri ketiga Ustaz Arifin Ilham juga turut menunjukkan kesedihannya, meski sudah ikhlas dengan kepergian sang suami, tentunya rasa duka sedang meliputinya saat ini. "Khusnul Khatimah Insha Allah," ujar Umi Akhtar.

3. Muhammad Alvin Faiz.

Anak pertama Ustaz Arifin dan Yuni Djamaluddin, Muhammad Alvin Faiz merupakan sosok yang selalu menemani sang ayah. Ia juga yang kerap memberikan informasi mengenai kondisi sang ayah.

Ketika sang ayah sudah tiada, Alvin hanya bisa ikhlas dan mendoakan yang terbaik untuk sang ayah. Ia mengunggah goresan tangan terakhir sang ayah. "'Bismillah berjumpa dengan Allah' - Tulisan terakhir Abi @kh_m_arifin_ilham sebelum wafat. Surga InsyaAllah, kami menjadi saksi bagaimana istiqomahnya abi selama ini. insyaAllah kembali bertemu di surga ya rabb, aamiin," tulis Alvin.

4. Ameer Azzikra.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Tulisan terakhir Abi . . " Bismillah bertemu Allah " . . nanti kalau abi udah di surga trus ameer gk ada abi cari ameer ya abi...

Sebuah kiriman dibagikan oleh boss madu (@ameer_azzikra) pada

Sama halnya dengan sang kakak, ia juga ikhlas dan mendoakan yang terbaik untuk sang ayah. Ameer Azzikra merupakan anak kedua dari pernikahan pertama Ustaz Arifin Ilham dengan Yuni Djamaluddin.

Mengenang sang ayah, ia juga mengunggah hal yang sama dengan sang kakak. "Tulisan terakhir Abi "Bismillah bertemu Allah" nanti kalau abi udah di surga trus ameer gk ada abi cari ameer ya abi," tulis Ameer.

5. Larissa Chou.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

innalillahiwainnailaihirojiun selamat jalan Abi sayang terima kasih atas semua kebaikan dan kasih sayang abi selama ini.. terima kasih atas bimbingan dan nasehat abi selama ini.. Allah sayang sama Abi.. Abi sekarang ga perlu kesakitan dan batuk2 lagi.. Abi bisa istirahat.. wafat di bulan baik ini masya Allah sungguh anugrah terbesar dalam hidup rissa bisa mengenal dekat Abi dan menjadi bagian dari keluarga selamat jalan.... sampai ketemu di surga ya bi, insya Allah Abi selalu memanggil rissa setiap bertemu dengan sebutan “ mantu ku “ sambil tersenyum lebar selalu mengingatkan tentang akhirat tak pernah lupa bahkan sangat menyayangi rissa sejak awal memilih rissa sebagai menantu terima kasih atas kasih sayang abi, yang menyayangi rissa dunia dan akhirat kami sekeluarga berusaha ikhlas ya Allah Allah yang menghidupkan dan akan kembali juga kepada Allah kami semua akan sangat merindukan Abi..... @kh_m_arifin_ilham

Sebuah kiriman dibagikan oleh Larissa Chou (@larissachou) pada

Sebagai menantu, yakni istri dari Alvin, Larissa juga sangat terpukul atas kepergian sang mertua. Namun tak ada yang bisa dilakukannya kecuali mendoakan serta mengikhlaskan kepergian sang ayah. Baginya, Ustaz Arifin Ilham merupakan sosok mertua yang sangat baik.

"Innalillahiwainnailaihirojiun

selamat jalan Abi sayang

terima kasih atas semua kebaikan dan kasih sayang abi selama ini..

terima kasih atas bimbingan dan nasehat abi selama ini.. Allah sayang sama Abi," tulis Larissa.