Brilio.net - Seorang petani berusia 60 tahun bernama Xi Tiangen berhasil memperoleh simpati netizen di China atas pengorbanan dan kerja kerasnya menjadi untuk menghidupi keluarganya. Sebab, Xi menjadi tulang punggung keluarganya selama lebih dari 40 tahun lebih meskipun tanpa memiliki kaki.

 Xi © 2017 Dahebao.cn

Awalnya, setelah kehilangan kakinya dalam kecelakaan mengerikan di usia 19 tahun, Xi mulai menggunakan tangannya untuk menunjang kehidupannya dan bekerja di lahan milik keluarga di Provinsi Henan Tengah, China. Tapi hidup makin berat bagi Xi saat di tahun 1986, ayahnya meninggal dunia. Ia harus menghidupi sang ibu dan saudaranya yang mengalami gangguan mental.

 Xi © 2017 Dahebao.cn

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

 Xi © 2017 Dahebao.cn

Dilansir brilio.net dari Shanghaiist, Senin (1/5, nggak hanya mencari nafkah sebagai petani, Xi juga mencuci baju dan memasak makanan untuk keduanya. Ia terus bertanggung jawab atas hidup mereka hingga ibunya meninggal di tahun 2006 disusul sang adik yang meninggal pada tahun 2015 lalu.

 Xi © 2017 Dahebao.cn

Xi kemudian tinggal di rumah sepupunya dan melanjutkan pekerjaannya sebagai petani di lahan milik keluarganya. Meski ia belakangan menderita penyakit pada tulang jari tangannya yang bengkok permanen, ia tetap semangat menjalani hidupnya. Penyakit tersebut diakibatkan karena jari-jarinya tersebut digunakan kerja terlalu keras selama bertahun-tahun.

(brl/fen)